Kesehatan

Khasiat Habbatussauda untuk Mengobati Diabetes Mellitus

habbatussaudaDiabetes Mellitus termasuk penyakit yang perlu diwaspadai, karena penyakit diabetes menjadi penyakit dengan jumlah pasien terbesar pada sejumlah negara. Menurut data WHO, jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia menempati urutan ke-4 di dunia. Pada tahun 2006 diperkirakan di Indonesia terdapat sekitar 14 juta pengidap Diabetes Mellitus.

Penyakit ini muncul akibat tubuh tidak mampu mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darah. Hal ini disebabkan kelenjar pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah memadai, dimana insulin ini berfungsi sebagai pengontrol kadar gula darah. Hormon insulin yang kurang memadai menyebabkan terjadi kelebihan gula yang bisa merusak pembuluh darah dan memunculkan komplikasi penyakit lain seperti jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, dan kerusakan sistem saraf.

Agar penyakit diabetes tidak semakin parah dan kadar gula darah kembali normal, Anda harus melakukan pengobatan secara rutin. Selain dengan menggunakan obat kimia, pengobatan diabetes mellitus juga bisa dengan menggunakan habbatussauda. Dengan mengkonsumsi habbatussauda, kadar gula darah penderita diabetes bisa diturunkan, karena memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Enzim ini berperan dalam metabolisme produksi glukosa dalam darah.

Mekanisme habbatussauda dalam mengobati diabetes mirip kinerja thiazolidinedione, salah satu bahan aktif obat yang kerap dikonsumsi pasien diabetes. Senyawa ini mampu memperbaiki sensitivitas insulin dengan mengaktifkan gen-gen tertentu yang berperan dalam sintesa lemak dan metabolisme karbohidrat. Beberapa studi menunjukkan, thiazolidinedione juga baik bagi jantung, mampu menurunkan darah, dan meningkatkan LDL (kolesterol baik).

minyak saudahBerdasarkan hasil sebuah penelitian, mekanisme penurunan gula darah diduga bukan disebabkan oleh meningkatnya jumlah insulin. Namun turunnya kadar gula darah disebabkan kemampuan habbatussauda menghambat aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Enzim ini berperan dalam metabolisme produksi glukosa dalam darah. Jika kerja enzim itu dihentikan, maka kadar glukosa darah pun turun. Penelitian lain pun menyimpulkan bahwa terjadi penurunan kadar gula darah secara bermakna pada 72,7 % dari penderita diabetes yang menerima ekstrak minyak Habbatussauda dengan dosis pemberian 2 x setengah sendok teh (2,5 ml) / hari dengan cara diminum selama sebulan.

Dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa habbatussauda dapat diindikasikan sebagai agen antidiabetik yang bisa digunakan sebagai mono therapy (terapi tunggal) maupun add on therapy (terapi tambahan), dan juga bisa dipakai sebagai bahan komplemen anti diabetik yang bisa digunakan bagi pasien penderita diabetes tipe 2.

Habbatussauda memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan salah satunya habbatussauda berkhasiat untuk mengobati Diabetes Mellitus. Selain mengkonsumsi habbatussauda, pola hidup yang sehat juga mendukung pengobatan tersebut. Produk habbatussauda untuk mengobati diabetes seperti, kapsul minyak habbatussauda innolife assauda, minyak habbatusssauda habasy, habbatussauda (nigella sativa) samawai herbal, minyak habbatussauda samawi herbal, saudah, dan minyak habbatussauda.

sumber gambar :
1. http://coklatkismisdoa.com/uploads/2011/07/habbatus-sauda.jpg
2. http://haifa-herbal.com/173-212-large/minyak-herbal-saudah.jpg