Daun sirih (dalam baneka manfaat daun sirihahasa jawa suruh) memiliki nama latin Piper betle L merupakan tanaman asli Indonesia yang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman kesehatan yang memiliki manfaat yang luar biasa. Di beberapa wilayah di Indonesia bahkan ada tradisi dimana seseorang mengunyah

Daun sirih merupakan tanaman rambat yang daunnya berwana hijau cerah dan bentuknya mirip jantung hati ^_^. Anda bisa menjumpai tanaman daun sirih tumbuh subur dipekarangan sebagai tanaman hias.

  • Kandungan Daun Sirih

Ada banyak zat yang baik untuk keseharan yang di kandung dalam minyak sirih terutama yang telah diolah dan diambil minyaknya. Minyak atsiri yang berasal dari dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

  • Manfaat Daun Sirih

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa ditemukan pada daun sirih. Namun, manfaat yang paling menonjol dari penggunaan daun sirih adalah sebagia berikut :

1. Daun Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.
Biasanya juga karena adanya manfaat ini digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan.

2. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

3. Selain itu daun sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

4. Biasanya untuk obat mimisan, dengan cara digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang
hidung.

5. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya.

Berikut ini beberapa ramuan dari sirih.

1. Hilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi :
1 lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah , ditahan bebearapa menit dalam mulut , lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih.Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

2. Pembengkakan gusi/mulut :
Ambil daun sirih 5-6 lembar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari.

3. Perdarahan geraham
Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini. Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkat saring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1 jam 1 kali. Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

4. Menghilangkan bau badan
Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum

5. Untuk menghilangkan bau pada ketiak :
Ambil  1 lembar daun sirih beri kapur sedikit,lantas diremas-remas,lumatannya dioleskan pada ketiak,agar baunya hilang.

6. Obat batuk :
Daun sirih 5 lembar Cengkeh, kapulaga, kemukus, masing-masing 11 biji
Kayumanis 1 jari tangan

Cara membuat:
Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½
gelas Angkat dan saring

Aturan minum :
Anak umur 1 – 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak umur 4 – 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak umur 6 – 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari

7. Obat bronchitis,
Sebanyak 7 lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas.

8. Obat luka bakar
Daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar.

9.Mimisan
Daun agak muda 1 lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah.

10. Bisul
Daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti 2 kali.

11. Mengatasi mata gatal dan merah
5-6 lembar daun direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas cuci mata. Sehari 3 kali sampai sembuh.

12. Untuk koreng dan gatal-gatal
Sebanyak 20 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci.

13. Menghentikan pendarahan gusi
Daun 4 lembar direbus dengan 2 gelas air, dipakai untuk kumur.

14. Obat sariawan
Daun sirih segar sebanyak 1-2 lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.

15. Obat jerawat,
7 sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan 2 gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan 2-3 kali.

16. Keputihan :
Untuk mencegah atau mengatasi keputihan,mengurang gatal-gatal pada vagina gunakan rebusan daun sirih buat cebok. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit, tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih.

17. Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan
Beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.