Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

kesalahan orang tua dalam mendidik anakBagi Anda yang memiliki anak berusia 3-5 tahun, pernahkah merasa si kecil membuat kesabaran Anda habis? Anda tidak sendiri. Menurut pakar pendidikan anak, anak-anak berusia pra sekolah memang sedang dalam tahap bermain-main dengan kemampuannya yang di satu sisi sudah bisa mandiri, namun di sisi lain tetap butuh perhatian dan cinta. Pada usia ini adalah usia paling aktif yang tidak jarang bisa membuat frustasi orang tua. Bahkan, tidak sedikit orang tua yang melakukan kesalahan dalam mendidik anak mereka. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak antara lain:

Tidak konsisten

Sesuatu yang dilakukan dengan rutin, ini membuat anak merasa lebih nyaman dan aman. Mereka pun jadi lebih bersikap manis dan tenang karena tahu apa yang akan terjadi. Usahakan lakukan segala sesuatunya sesuai rutinitas yang sudah dibuat. Melakukan hal itu secara konsisten memang sulit, apalagi jika dalam mengasuh anak Anda dibantu oleh orang lain (babysitter atau orangtua). Namun minta semua orang untuk ikut berperan serta dalam membuat rutinitas ini.

Terlalu banyak membantu anak

Beberapa orangtua akan langsung membantu si kecil saat tidak bisa melakukan sesuatu. Sebelum melakukannya, Anda harus paham bahwa dengan menolong anak misalnya memakai baju atau memasang puzzle saat bermain, bisa membuat anak berpikir dia tidak bisa melakukannya sendiri atau dengan kata lain anak tidak mandiri. Hal ini akan membuat anak kehilangan kepercayaan diri. Jadi, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah mengajarkan anak untuk berusaha sendiri agar anak terlatih untuk hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Fokus pada hal negatif

Orangtua akan mudah terpancing emosinya ketika melihat anak melakukan hal-hal negatif dan tidak terlalu peduli atau bahkan ingat akan hal positif yang dilakukan anak. Mulailah memperhatikan hal-hal positif yang anak lakukan dan berikan mereka hadiah jika berperilaku baik. Hadiah tersebut tidak harus berupa barang. Cukup dengan pujian atau memberikan mereka pelukan dan cium.

Terlalu banyak bicara

Terlalu banyak bicara pada balita bisa jadi salah satu cara untuk membuatnya menurut dan memahami sesuatu. Namun cara itu tidak tepat dilakukan saat mereka marah atau menunjukkan sikap memberontak, karena mereka belum bisa berfikir logis dan belum bisa mencerna apa yang kita katakan.

Saat Anda meminta anak melakukan sesuatu, jangan mendiskusikannya atau membuat kontak mata. Kalau anak tidak mau mematuhinya, berikan peringatan atau hitung sampai tiga. Jika anak masih menolak, berikan time-out atau segera berikan ‘hukuman’, tanpa Anda harus menjelaskan.lupa mengajaknya bermain

Lupa mengajak bermain

Bermain merupakan salah satu hal yang bisa membuat anak berkembang. Dengan bermain, otak anak bisa berkembang sangat baik. Namun, masih banyak orangtua yang merasa perlu untuk membanjiri anak mereka dengan program-program pendidikan. Padahal belum tentu cara itu disukai anak. Biarkan anak punya waktu bermain yang cukup. Anak-anak usia pra sekolah mendefinisikan bermain sebagai melakukan apa yang mereka memang ingin lakukan.

Sumber gambar :
1. http://www.bintanganmum.com/assets/contents/article/large/kesalahan-orang-tua-dalam-mendidik-72.jpg
2. http://assets.kompas.com/data/photo/2009/12/09/1331188620X310.jpg

Komentar