Kenali Jenis-Jenis Batu Ginjal

kenali batu ginjalBatu ginjal didalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah gumpalan kecil dan keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri perdarahan penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal, umumnya batu ginjal disebabkan karena kurang minum air putih atau dehidrasi.

Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen, namun pengobatan rasa sakit dan banyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari merupakan bagian dari pengobatan yang sering dibutuhkan.

Gejala batu ginjal yang pada umumnya terjadi seperti:

  1. Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  2. Nyeri menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  3. Nyeri pada saat buang air kecil
  4. Urin berwarna pink, merah atau cokelat
  5. Mual dan muntah
  6. Sering buang air kecil
  7. Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Batu yang berasal dari hasil penyaringan dari zat-zat yang terbuang dari dalam tubuh oleh ginjal yang tidak dapat dikeluarkan bersama air seni sehingga dapat mengendap di kandung kemih, di piramid ginjal dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal di dalam ginjal dan batu di saluran kemih. Pembentukan batu ini terjadi karena adanya peningkatan kadar asam urat, kalsium oksalat dan zat-zat lain sebagai pemicu terbentuknya batu seperti mukoprotein, berkurangnya kadar zat inhibitor (pencegah terbentuknya batu), misalnya sitrat atau adanya infeksi.

Bentuk dan jenis batu bervariasi tergantung dimana batu tersebut terbentuk dan bahan pembentukan dari batu itu sendiri, misalnya kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat, batu sistin yang terjadi akibat faktor genetik, batu magnesium amonium fosfat (struvit), batu matrix, santin. Begitu pula bentuk dan warna batu, ada yang hitam, coklat, putih, halus, kasar/tajam sehingga dapat melukai saluran kencing. Jenis batu ginjal berdasarkan sumber pembentuknya antara lain:

1. Batu kalsium

Jenis batu ginjal ini terbentuk dari kalsium oksalat yang tinggi pada saluran kemih. Kadar oksalat yang tinggi dalam air kemih yang menyokong terbentuknya batu kalsium merupakan akibat dari mengkonsumsi makanan yang kaya oksalat seperti bayam, coklat, kacang-kacangan, merica, dan teh. Selain itu, riwayat operasi saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme juga menjadi faktor pemicu batu ginjal kalsium.

2. Batu struviteKapsul Ekstrak Tempuyung

Batu struvite terbentuk karena adanya infeksi saluran kemih. Pada infeksi ini akan berkembang bakteri yang dapat memicu tumbuhnya kristal batu. Batu struvite dapat berkembang dengan cepat dan menjadi cukup besar.

3. Batu uric acid

Batu ini terbentuk karena kekurangan air pada tubuh dan banyaknya konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, serta yang memiliki encok. Faktor genetik tertentu dan kelainan pada jaringan penghasil darah juga dapat membuat Anda cenderung mengalami batu uric acid atau kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari normal untuk waktu yang lama.

4. Batu cystine

Dari beberapa kasus batu ginjal, jenis batu ginjal crystine ini tergolong paling sedikit. Batu ini terbentuk disebabkan oleh faktor keturunan yang memproduksi asam amino dalam jumlah tinggi. Pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino (cystinuria) tertentu dalam jumlah banyak.

Kenali jenis-jenis batu ginjal yang bisa menyerang Anda. Dengan mengetahui jenis-jenis batu ginjal tersebut, Anda bisa tahu apa saja yang menjadi penyebabnya sehingga Anda bisa mengurangi resiko tersebut. Pencegahan bisa Anda lakukan dengan melakukan pola hidup sehat seperti merubah gaya hidup dengan cukup mengkonsumsi air setiap hari, makan lebih sedikit makanan yang kaya oxalate serta konsumsi makanan rendah garam dan protein hewani. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal untuk mengatasi masalah batu ginjal Anda seperti herba kumis kucing dan kapsul ekstrak tempuyung.

sumber gambar:
1. http://herminahospitalgroup.com/assets/img/product/5027f6bfcba2f5a5728b964ac342a3a69f6e6067.jpg
2. http://husadaherba.files.wordpress.com/2012/01/tempuyung.jpg

Komentar