Kenali Gejala Tumor Jinak Pada Payudara

kenali gejala tumor pada payudaraTumor payudara jinak tentu akan menjadi momok bagi para wanita karena kita tahu bahwa payudara adalah salah satu bagian dari  kecantikan pada seorang wanita. Namun apa jadinya jika bagian payudara terserang tumor, mungkin bisa berbahaya atau juga tidak. Tumor payudara adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi wanita dan bisa menyebabkan kematian.

Tumor Payudara Jinak tidak mematikan dan tumor jenis ini sering disebut dengan FAM (Fibroadenomamammae). Tumor jenis ini biasanya berbentuk benjolan pada bagian payudara, dimana berisi gumpalan lemak yang terbungkus/dilindungi oleh sesuatu yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini tergolong jinak/tidak berbahaya dan juga tidak menyerang/menyebar ke anggota tubuh yang lainnya.

Namun meskipun Tumor Payudara ini tidak berbahaya, tumor ini sering kali menyerang wanita yang berusia antara 16 – 30 tahun dan tentunya kejadian ini juga cukup mengganggu dan meresahkan para penderitanya. Lalu bagaimanakah cara mengenali bahwa tumor payudara yang menyerang anda adalah Tumor Payudara Jinak?

Beberapa dokter spesialis bedah tumor mengungkapkan bahwa Tumor Payudara yang tidak berbahaya, kemungkinan besar akan menyerang para wanita yang berusia 40 tahun ke atas yang belum pernah melahirkan. Ini dikarenakan wanita yang belum pernah melahirkan, kadar estrogennya belum pernah menurun.

Kemudian beberapa ciri tumor payudara yang tidak berbahaya ini dapat dikenali dari adanya benjolan yang terasa nyeri pada ketiak, kemudian adanya cairan yang keluar dari puting payudara, bagian payudara akan terasa nyeri sampai ke punggung sampai pada bagian puting payudara yang masuk (mengendur) hingga ke dalam. Namun ada kalanya ciri diatas ini kembali normal saat siklus PMS (Pra Menstruasi Sindrom) berakhir.

Nah karena itulah para ahli bedah Tumor sangat menganjurkan pada para wanita untuk melakukan pengecekan payudara sendiri dengan cara meraba payudara bergerak memutar mengelilingi daerah puting payudara dan dilakukan searah dengan jarum jam. Coba perhatikan apakah ada bentuk perubahan pada payudara seperti benjolan yang keras atau terasa nyeri saat dipegang, kemudian bentuk yang tidak semestinya, atau mungkin juga kulit dan puting yang mengkerut. Jika anda menemukan tanda yang aneh pada payudara anda dan curiga adanya tumor payudara jinak, maka segeralah  ke dokter.

sumber gambar : http://centricprojects.org/uploads/2014/07/Breast-Cancer-Care-500x380.jpg
  •  
  •  
  •  
  •  

61 Komentar

  1. Selamat malam,
    Ibu saya berusia 48 tahun, di bagian dada sekitar payudara kiri atas dekat tulang dada terdapat benjolan keras dan bentuknya tidak bulat/ tidak beraturan (tidak berbentuk) terkadang terasa nyeri (sperti saat haid) lalu membesar atau mengecil (saat stress atau saat tertentu atau saat akan menstruasi). Payudara ibu saya tidak keriput atau kasar, tidak muncul lesung, puting tidak masuk kedalam, tidak bersisik, tidak keluar cairan. Benjolannya tidak bergerak dan hanya di dada atau sekitar payudara kiri atas dekat tulang dada itu saja dan keras. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    1. selamat siang mba azaria,
      benjolan yang ada di payudara ibunda anda bisa di sebut fam,dan bisa di baca artikel penyebab timbulnya fam http://pondokibu.com/penyebab-benjolan-di-payudara-fam.html.
      sebaiknya di periksakan ke dokter bedah atau ke dokter penyakit dalam untuk seberapa besar bahayanya benjolan tersebut,bisa juga di atasi dengan menghindari makanan yang mengandung MSG, pengawet, ayam, daging, dan minuman bersoda, berwarna teh dan kopi,perbanyak lah buah dan sayur yang diolah tanpa MSG dan pengawet ditambah dengan minum rebusan daun sirsak atau kapsul daun sirsak karena untuk antioksidan dari sirsak atau daunnya sangatlah tinggi bila memang tidak ada buah atau pohonnya bisa konsumsi kapsul daun sirsak yang bisa didapat di pondokibu.com hub no cs kami di no telp/sms/wa 0813.2887.3888
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  2. Malem dok. . .
    Saya seorang ibu rumahtangga usia saya 26th pada th 2013 kemarin saya melahirkan, pada bulan pertama saya menyusui dg normal tapi pada bulan kedua ketika anak saya minta asi trus saya kasih yang sebelah kanan dia tidak mau dan sellu menangis, akhirnya payudara sebelah kanan tidak saya minumkan sampai anak saya sapih, sekitar berapa bulan terakhir di dalam payudara bagian kanan ada benjolan yang tidak beraturan rasanya nyeri, panas tp benjolan itu tdak kelihatan hanya kalo d pegag terasa keras, yang mau saya tanyakan apakah ada kemungkinan itu asi yang menggumpal dan menyebabkan peradangan trus timbul sbagai pnyakit?
    Trimakasih sebelumnya

    1. selamat siang mba kristi,
      bila di payudara kanan mba ada benjolan tsb mohon di cek langsung ke dokter bedah saja biar terlihat minta di USG apakah ada kelainan atau tidak,karena hal seperti itu harus detail di cek nya tidak bisa secara awam orang menganalisanya mba,semoga bisa membantu informasi yang kita sampaikan terimakasih

  3. Malam dok…saya nia 26 tahun, saya masih single…hr ini saya pertama kalinya saya merasa ada yg aneh dibagian ketiak kanan saya dok…kalo saya himpitkan tangan ke ketiak ada rasa sakit n saat saya tekan dibagian ketiak emang ada rasa sakit dikit… saya mw tanya sebenarnya apa yg terjadi dgn sya dok, jujur saya agak takut… mohon penjelasannya dok…

    1. selamat pagi mba nia,
      untuk lebih jelasnya coba mba nia konsultasikan langsung ke dokter ahli bedah atau spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan tindakan secara langsung bisa melalui rontgen/USG bila ada kelainan atau benjolan pada ketiak,sehingga bila memang nantinya ada gejala tumor payudara bisa diketahui lebih dini.
      semoga bisa membantu terimakasih

  4. Pagi dok, umur saya 30 tahun..Dan saya mempunyai 2 anak,saat ini saya aktif menyusui anak saya yg berumur 2 thn
    Yg saya ingin tanyakan,beberapa hari ini dibawah payudara saya terdapat benjolan tp saat ditekan tidak terasa nyeri Dan Bergerak Licin namun bagian ketiak beberapa bulan ini nyeri sampai kebahu…tindakan apa yg harus saya lakukan dok?terima kasih sebelumnya…

    1. Selamat Pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut sehingga segera mendapatkan perawatan secara tepat. Semoga bermanfaat.

  5. Pagi dok, sy seorang ibu berusia 26 thn memiliki 2 org ank.
    Anak ke2 saya umur 10 bulan dan sya masih menyusui, sdh 2 hari payudara sebelah kiri sya terasa bengkak dan d bagian atas agak bawah ketiak terasa ada benjolan kalau d pegang terasa nyeri tapi hari ini hari ke 3 sudah tidak bengkak lg dan masih ada terasa benjolan kira kira penyebabnya apa ya dok, mohon penjelasannya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi bunda. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  6. selamat malam dokter,
    sy wanita berusia 23 tahun, sejak th lalu di payudara bagian kanan saya terdapat bejolan sekelreng keras dan jika di pegang terasa sakit / nyeri, kemudian di bagian agak ketengah ada lagi benjolan tidak beraturan bentuknya, ckup besar dan sangat keras, namun tidak sakit. di bagian kulit luar maupun putingnya pun tdk mengalami perubahan bentuk / wrna apapun, th lalu msh tdk trlht bnjolannya dr luar, skrg sdh mulai trliht dan lbih sering nyeri, kadang smpai area perut, pnggung, ketiak, sprti dtusuk jarum. mohon penjelasnnya dokter, trmksh.

    1. Selamat pagi. Dari ciri-ciri yang Anda sampaikan tersebut, beberapa diantaranya menunjukkan adanya gejala tumor payudara. Namun, tumor payudara sendiri dibagi menjadi 2 yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau biasa disebut kanker. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang benjolan pada payudara Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat diketahui lebih jelas penyebabnya dan mendapatkan perawatan secara tepat. Jangan tunda-tunda lagi, karena perawatan sejak dini akan lebih baik. Semoga lekas sembuh.

  7. assalamu.alaikum
    dok nama sya elsa. sya umur 16 thn. pyudra sya sblah kiri trdapat benjolan . sya tkut apakah itu kanker payudara atau bukan.. mohon pnjlasannya

    1. Waalaikumsalam. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut dan bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara sebaiknya Anda periksakan ke dokter. terima kasih.

  8. dok. sy sdang hamil 7 bulan dan di bawah ketiak ada benjolan. kalau diraba terasa sakit dan agak keras. apa artinya dok

    1. Selamat pagi. Benjolan pada payudara atau bagian bawah ketiak dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut apakah tumor atau bukan ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  9. dok.sy hana..usia 20 thun.sy ada keluhan dok.d payudara kiri sya ada benjolan..apkah itu tumor?selain operasi apa ada obat lain..mhon konfirmasinya dok

    1. Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  10. assalamualaikum, selamat pagi buk dokter. Nama saya nur aisyah umur saya 14 tahun, saya mau tanya buk dokter kalau anak dibawah umur kayak saya bisa nggak terkena kanker atau tumor payudara ? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak untuk jawaban ibu dokter.

    1. Waalaikumsalam. Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya. Kanker payudara kebanyakan menyerang usia diatas 40 tahun, akan tetapi untuk anda yang masih berusia dini antara 14 sampai 34 tahun juga tetap harus waspada. Karena kemungkinan itu terjadi pada Anda bukan hal yang tidak mungkin. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang segala perubahan yang terjadi pada payudara agar jika terjadi tumor atau kanker dapat segera terdeteksi sejak awal. Terima kasih.

  11. Slamat mlem dok…. sya Melisa umur 24th. Dok payudara kanan sya kok atasnya keras, klau di pegang rsanya nyeri dan klau sya mnyusui anak sya, putingnya terasa sakit dan nyeri. Pdhal sblumnya gk apa2, skrang usia anak sya 5bln. apa sebabnya mhon pnjelasanya dok…… terima ksih…

  12. salam dok..saya fani usia 25th.
    sudah beberapa hari ini ketiak sebelah kanan saya yang bagian dalam nya terasa sakit..Saya coba pegang pun jg terasa sakit dan jika tangan saya di turunkan kebawah..terasa sakit jg.
    sebelum itu..saya sudah pernah melakukan operasi di bagian ketiak itu..yang hasil lab nya mengatakan..adanya kelenjr keringat yang tersumbat..
    dan sekarang saya jg merasakan hal yg sama tp skrg saya tdk mrsakn adanya pembengkakan seperti yg terjdi dlu.
    apa itu indikasi adanya kanker getah bening/payudara dok?
    apa itu berbahaya dok?

    1. Selamat pagi. Jika Anda pernah mengalami hal yang sama sebelumnya bahkan pernah melakukan operasi, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui penyebabnya dengan jelas dan segera mendapatkan perawatan secara tepat. Terima kasih.

  13. Salam dok. Saya elsa usia 26 thn. bberapa wktu bbrapa wktu lalu saya punya masalah dengan payudara sebelah kanan dikarenakan ada benjolan diketiak sebelah kanan. Namun terkadang benjolannya hilang dan rasa sakitnya pun juga hilang. Tpi skrg bnjolan tidk ada lgi nmun payudara saya mulai sakit lgi di area dkt ketiak. Apakah itu dok? Mohon penjelasannya y dok

    1. Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  14. dok saya zuna wanita berusia 27 th. diatas payudara kiri saya terasa keras dan kadang terasa sesak napas dan payudara kiri terkadang juga nyeri. apa itu tumor atau apa ya dok? mohon penjelasanya dok. trimksih…

    1. Selamat sore. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika payudara terdapat benjolan keras dan terkadang membuat Anda sesak napas maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab jelasnya. Terima kasih.

  15. saya berusia 20th, saya ingin bertanya akhir akhir ini saya merasakan sesak tiba” dan sakit dibagian payudara saya terutama sebelah kiri saya merasa ada benjolan dipayudara saya.. saya sudah rontgen dan cek darah tapi tidak ada apa”.. bagaimana dok? apa itu trmasuk tumor payudara??

    1. Selamat pagi. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika benjolan pada payudara tersebut terkadang membuat Anda sesak maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab jelasnya. Terima kasih.

  16. malam dok . saya fany usia 17 tahun .akhir2 ini di payudarah sebelah kanan saya suka terasa nyeri di bagian kanan luar di malam hari dan suka menegang tidak seperti biasanya . apa itu gejalah kangker dok? terimakasih

    1. Selamat pagi. Nyeri pada payudara merupakan hal biasa yang sering dialami oleh wanita dan mereka mungkin akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Beberapa payudara pada wanita akan terasa nyeri ketika mereka sedang haid, sementara itu pada beberapa kasus lain wanita akan merasakan nyeri pada payudara pada keseluruhan siklus. Sehingga untuk mengetahui bahaya tidaknya rasa nyeri pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis penyebab nyeri tersebut. Terima kasih.

  17. Dok, saya wanita berusia 22 tahun. saya ada keluhan pada payudara saya. . . kedua payudara saya terdapat benjolan yang keras seperti batu. . . akhir-akhir ini sering terasa nyeri sampai ke punggung! kadang pula saya merasa sesak ! apakah saya terkena penyakit tumor / kanker panyudara ? mohon penjelasannya, , , Dok! terima kasih.

    1. Selamat Pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  18. saya febi umur 17 tahun, saya punya keluhan di payudara bagian kiri saya terdapat benjolah yang cukup besar dan rasanya sakit, sekarang ini benjolan tersebut sudah mulai berpindah tempat dan terjadi pembengkakan, apakah ini di sebut dengan tumor dok???/

    1. Selamat sore. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan.Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas.Untuk benjolan yang cukup besar, menyebabkan rasa sakit dan mengalami pembengkakan sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan secara tepat. Terima kasih.

  19. Saya jannah 19 tahun.. akhir-akhir ini saya merasa sesak nafas dan sakit pada payudara pada malam hari serta ada benjolan kecil di bawah payudaraku sebela kiri..
    saya belum periksa kedokter dok.. soalnya takut..
    apakah itu kanker payudara dok?

    1. Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Sehingga untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  20. Umur saya 21tahun .. Setahun yg lalu seya sempet di oprasi dokter mengatakan saya terkena FAM .. tapi akhir-akhir ini saya sering merasakan sakit yg belum di rasakan di sekitar payudara .. Emang sih saakit ya gk terus menerus tp kadang2 dan sakitnya ituh ke punggung ke tanganpun terasa lemes dan gk ada tenaganya terasa kesemutan .. Kenapa ituh ya dok ??

    1. Selamat pagi. Untuk mengetahui lebih jelas akan kondisi yang sedang Anda alami. Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kembali pada dokter ahli bedah atau dokter yang pernah menangani operasi Anda sebelumnya. Terima kasih

  21. Dok,umur saya 30 tahun,saya punya keluhan pada payudara saya sblh kanan dan mengeras bila d sentuh terasa sakit,saya punya keluhan tersebut 3bln yg lalu,saya pernah ke bidan trs d kasih obat dan sakit sm mengerasnya ilang dan kambuh lagi setelah bln berikutnya,apakah itu bisa d sebut gejala tumor payudara,makasih y dok

  22. Saya wanita berusia 22th,hampir 2th ini saya merasakan benjolan pd payudara saya sebelah kanan bagian bawah,benjolalan seperti biji salak dan keras,sering kali saya merasakan sakit,dan stlah saya prhatikan bentuk payudara kanan dgn kiri berbeda,lbh kecil sebelah kanan(trdpt benjolan) namun sampai saat ini blm prnh sy periksakan kedokter,alasannya krn saya takut,pertanyaan saya adalah apakah itu brbahaya,apakah itu salah 1 gejala tumor?mohon dijlskan,trimakasih.

  23. Umur saya 19 tahun, di payudara saya seblah kiri ada benjolan yg mengeras, besarnya sperti uang koin 500 yg perak itu, kalau d pgang rasanya nyeri bnget. ªpª kah ini tumor atau ªpª dok ? Benjolan ini sdah skitar 5 hari yg lalu, dan payudara saya kemerahan dan bengkak, smpai saat ini saya blum priksa k dokter, ada ªpª dngan payudara saya dok, mohon penjelasannya dok. Makasii

    1. Selamat siang.
      Benjolan yang kemerahan dan bengkak, itu lebih cenderung kepada terjadinya infeksi atau peradangan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca benjolan pada payudara. Semoga bermanfaat.

  24. Saya wanita berusia 27thun. Sy mengidap kista coklat yg kalo dtg bulan suka sakit’a smpe kadang membuat sya keluar msuk RS
    Kista sblah kiri sy 10.9 cm.
    Payudara sy tdk ada benjolan. Tapi puting seblah ‘a kiri sering skali gatal.. Apakah ada hubungan’a kista sy dengan kesehatan payudara sy. Dan apakah gatal di payudara sy berbahaya
    Makasih

  25. aku punya FAM di payudara sebelah kanan ,, tetapi kalau dipegang terasa sakit dan sepertinya semakin besar ,,
    apakah FAM aku ini ganas ??

  26. Saya berumur 19 thn saya sudah menjalani oprasi FAM tapi mengapa puting saya mengeluarkan sprti air dan mengkerut ke dalam dok apa kah tumor itu jadi kembali ?

    1. Dear sister

      U mslh tumor dan sejenisnya kita tdk bs merasa sdh aman jk sdh operasi. Kr ni kaitanya dg pola hidup n pola makan. Jd semestinya 2 hal itu yg sangat perlu untuk di perhatikan. Sangat byk yg harus adik perlu ketahui mengenai pola mkn. Tdk ckp rasanya sy jelaskan disini. Silahkan di baca bulu2 panduan pola makan sehat jg hidup sehat spt miracle of enzym. Atau food combining. Atau the miracle of microbe.

  27. Saya putri 18 th, saya terkena tumor payudara, bagaimana caranya saya agar tumor itu bisa ilang meskipun tidak dengan jalan operasi, bagaimana cara melakukan memijat payudara searha jarum jam itu ?

  28. Nama saya lizha.
    Umur saya 20 thun.
    Saya sering merasakan nyeri pada payudara saya.
    Dan pada payudara saya ada tonjolan2 kecil yang banyak.
    Saya pernah kosultasi kedokter 1 tahun yang lalu kata nya tonjolan pada payudara saya tidak beraturan dan itu akan mudah terserang kanker atau tumor kata dokter tersebut.
    Saya harus bagaimana dok??
    Akhir2 ini saya sering B̲ª̲ª̲n̲gë̲ê̲é̲† merasakan nyeri dan sakit dok.
    Itu membuat saya susah utk melakukan aktivitas saya dok.

  29. Nama saya azilacliquerz umur saya 19 tahun saya terkena
    Penyakit tumor jinak sebesar buah Telor ayam apakah ini berbahaya
    Buat saya ????
    Mohonn komentarrrrr ya

    1. Nama saya mega, saya berumur 19 tahun dan saya mengalami hal yg sama seperti azila.
      Apakah ada obat alam yg dpt menyembuhkan benjolan ini ??
      Mohon sarannya .

    2. Terimakasi telah mengunjungi pondokibu.com

      Untuk mbak Mega dan penanya yang lain, pada intinya jika terjadi sesuatu dalam tubuh yang terasa sakit/ nyeri atau mengalami penambahan ukuran/ bentuk benjolan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.
      Karena penanganan dini, akan memudahkan proses penyembuhan.

      Tetap semangat yaa :)

  30. saya berusia 23thn,,,
    di dalam payudara saya ada benjolan yang mengeras seperti batu,,
    sempat di priksa tahun 2009 dan katanya tumor jinak tapi sampe sekarang belum di priksa lagi,
    sekarang malah sering sakit sampe sesak napas,,
    apakah ini bisa jadi tumor ganas ?
    Mohon penjelasannya,,,Terima Kasih

  31. saya wanita berusia 22th, sudah hampir 3 minggu saya merasa ada benjolan di payudara saya sebelah kanan atas. awal nya hanya benjolan biasa tp akhir2 ini jika benjolan itu dipegang terasa nyeri. apakah itu berbahaya dan dpt dikatakan kanker/tumor??

  32. Sy wanita berusia 20thn,payudara saya sering nyeri dan dan ada perubahan bentuk sprti mengecil sbelah dan puting terbelah dok,saat saya raba payudara saya itu mengeras dok,bila ditekan akan terasa nyeri dan sakit,apa itu berbahaya dok?saya takut memeriksanya dok,selain pnanganan dokter di tmpat saya lelet mlah trkesan cuek,dan saya takut jika itu bnar2 kangker payudara

  33. saya merasakan ada benjolan pada payudara sejak setahun yang lalu.memang sudah di periksa dan menurut dokter kemungkinan tumor jinak.tapi hingga saat ini saya belum memeriksakan kembali.
    jika hasilnya memang ada tumor pada payudara saya,apa itu berbahaya?apa harus segera dilakukan pengangkatan tumor tersebut?mohon penjelasannya.
    terimakasih

    1. mbak dian : kalau saat ini mbak enggan untuk pengangkatan tumor, coba lakukan beberapa perbaikan :
      1. perbaiki pola makan hindari semua makanan olahan yang dikemas2 di swalayan2
      2. perhatikan cara makan buah yang baik. perhatikan cara makan dengan pola food combining. info food combining ada di website ini. silahkan di search di pencarian
      3. olahraga teratur
      4. mulai lakukan puasa rutin senin kamis, atau 3 hari setiap bulannya
      5. tenangkan pikiran, hindari stress dll.
      6. berdoa tentunya
      7. perbanyak minum air yang baik. bisa dengan air zam-zam sambil berdoa dengan sungguh2 di air zam2 tersebut. ataupun air mineral biasa yang anda yakin tidak banyak residu di sana.bisa juga dengan air alkali seperti air kangen by enagic.
      8. bisa dibantu dengan rutin konsumsi propolis dan habbatussauda untuk mencegah tumbuhnya kanker, bahkan membantu mematikan sel kanker
      9. madu dan sari kurma untuk nutrisi tubuh seimbang dan stamina

  34. Sy wanita berusia 25 thn,pd usia 22 sy mnjalani operasi FAM.tp skrg msh sering nyeri bekas operasinya,apakah ada kmungkìnan FAM itu muncul lg? Sedangkan stiap sy cek dan meraba payudara saya tdk ada bedanya dngn yg normal.Mohon djelaskan.Terima kasih

    1. FAM pada wanita tu terjadi tentu tdk dtg begitu saja. Mesti ada pemicunya. Baik iu lingkungan maupun makanan. 90%penyebab kesehatan tubuh adalah makanan. Oleh karena agar tak berulang lalkukam perbaikan pola makan dan pola hidu kita. Lbih bagus juga kita ruin melakukan bekam dan puasa. SmG bermanfaat

Komentar