Kenali 7 Tanda Bahaya Kehamilan

 Tanda Bahaya  KehamilanIbu hamil sering mengalami keluhan-keluhan sakit yang kadang membuatnya merasa cemas. Ibu hamil kadang tidak tahu apakah gejala sakit tersebut tergolong berbahaya atau tidak berbahaya bagi janinnya. Bagaimana cara membedakan antara gejala yang membutuhkan perhatian medis segera dengan yang tidak berbahaya. Ketika timbul tanda-tanda yang tidak biasa yang membuat Anda ragu, telepon atau kunjungi dokter. Ada beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan. Berikut adalah tujuh tanda yang berpotensi menimbulkan komplikasi serius selama kehamilan.

Tanda 1 : Pendarahan pada trimester berapapun

Pendarahan bisa berarti banyak hal. Pendarahan parah disertai sakit perut yang amat sangat dan juga kram seperti sedang menstruasi, atau terasa akan pingsan dan semuanya terjadi pada trimester pertama, itu bisa menjadi pertanda hamil di luar kandungan,” kata Peter Bernstein, MD, profesor obgin klinis di Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Medical Center di Bronx.

Hamil di luar kandungan terjadi jika telur yang telah dibuahi tertanam di tempat lain, kecuali di dalam rahim. Hamil di luar kandungan dapat mengancam jiwa calon ibu. Pendarahan hebat disertai kram juga bisa menjadi tanda keguguran pada trimester pertama atau awal trimester kedua. Dengan kata lain, pendarahan pada fase apa pun selama kehamilan adalah berbahaya. Jangan tunda untuk segera ke dokter jika terjadi pendarahan saat Anda hamil.

Tanda 2 : Mual dan muntah yang parah

Mual dan muntah parah sampai Anda tidak dapat menahan makanan apa pun di dalam perut tergolong situasi yang berbahaya. “Jika Anda tidak dapat makan atau minum apa pun, dehidrasi mengancam,” kata Bernstein. Anda juga terancam kekurangan gizi yang bisa menyebabkan kelahiran cacat sampai lahir prematur. Karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter jika mual dan muntah parah berlanjut.

Ada obat yang aman yang dapat dikonsumsi untuk mengendalikannya. Mungkin juga dokter akan menganjurkan perubahan pola makan, sehingga Anda dapat menemukan makanan yang tidak menyebabkan mual dan muntah.

Tanda 3 : Aktivitas janin menurun secara nyata

Apa artinya jika calon bayi, yang biasanya sangat giat bergerak, tiba-tiba tampak seperti kekurangan energi? “Jika bayi dalam kandungan tidak aktif bergerak seperti biasanya, bisa jadi janin tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi dari plasenta,” ungkap Bernstein. Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Bernstein menyarankan agar Anda minum atau makan sesuatu yang dingin dan kemudian tidur dalam posisi miring, tunggu apakah janin akan bergerak.

Jumlah tendangan juga dapat dijadikan indicator. Tidak ada patokan untuk itu, tetapi 10 atau lebih tendangan dalam waktu dua jam adalah jumlah yang normal. Kalau kurang dari itu, segeralah menghubungi dokter. Dokter memiliki alat-alat yang cocok untuk melihat apakah janin dalam kondisi normal, bergerak, dan tumbuh sesuai usia kandungan.

Tanda 4 : Kontraksi dini pada trimester ketiga

Kontraksi bisa menjadi pertanda kelahiran sebelum waktunya. Sayangnya, banyak calon ibu yang terkecoh antara tanda kelahiran yang sesungguhnya dengan tanda kelahiran yang “palsu” (false labor). False labor disebut sebagai kontraksi Braxton-Hicks. Kontraksi jenis itu sama sekali tidak dapat diprediksi, tidak beritme dan intensitasnya tidak meningkat. Biasanya akan menghilang dalam waktu satu jam atau ketika Anda minum. Sementara itu kontraksi  tanda kelahiran yang sesungguhnya berinterval 10 menit atau kurang dan intensitasnya semakin meningkat.

Yang paling penting adalah jangan main-main dengan keselamatan jabang bayi.  Jika Anda mengalami kontraksi pada trimester ketiga, jangan buang waktu.  Segeralah temui dokter.  Bila bayi masih terlalu masih muda untuk dilahirkan, dokter memiliki alat penunda kelahiran.

Tanda 5 : Air ketuban pecah

Anda sedang berjalan ke dapur dan merasa ada air dalarn jumlah banyak mengaliri kedua kaki. Bisa jadi itu karena air ketuban yang pecah. Atau bisa kandung kemih. Jika tidak yakin apakah air tersebut air ketuban atau urin, cobalah untuk ke kamar mandi dan buang air kecil. Jika cairan terus mengalir, berarti itu air ketuban. Anda harus segera ke dokter atau rumah sakit.

Tanda 6 : Sakit kepala yang terus-menerus, sakit perut, gangguan penglihatan, dan pembengkakan selama trimester ketiga

Semua gejala itu bisa menjadi tanda terjadinya preeklampsia. Itu adalah sebuah kondisi yang serius yang terjadi selama kehamilan dan bisa berbahaya. Preeklampsia ditandai dengan tingginya tekanan darah dan adanya protein di dalam urin yang biasanya terjadi setelah pekan ke-20 kehamilan.

Hubungi dokter segera dan periksakan tensi Anda. Perawatan prakelahiran dapat mengatasi preeklampsia secara dini.

Tanda 7 : Gejala flu

Pada musim flu, ibu hamil biasanya akan dengan mudah tertular flu dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Itu disebabkan kehamilan memberi stres tambahan terhadap sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, ibu hamil berisiko tinggi untuk terkena komplikasi serius dari flu.

Gejala flu termasuk demam, batuk-batuk, tenggorokan nyeri, hidung berlendir, bersin-bersin, mual, muntah, dan diare. Jika Anda tidak hamil dan mengalami gejala flu, sebisa mungkin hindarkan diri dari ibu hamil agar mereka tidak tertular.

Sebagai tambahan, jika ibu hamil mengalami demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, itu tanda ada infeksi. Sekali lagi, jangan tunda untuk pergi ke dokter jika itu terjadi.

MENARIK UNTUK DILIHAT :

sumber gambar : http://aleyzious.files.wordpress.com/2010/06/poster-tanda-bahaya-kehamilan.jpg
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Rp 100.000 Beli
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Rp 450.000 Beli
Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Familly merupakan madu alami yang terbuat dari dari bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 35.000 Beli

11 Komentar

  1. sya mau tanya,usia kndungan sya 32minggu,tapi perut suka mengencang dan kluar kputihan bwah prut trasa berat apakah it prtanda prsalinan n normal gk s gjala seperti it,trimksih.

    1. bila keluar keputihan dan suka perut mengencang bunda kecapekan karena biasanya usia kandungan sdh mulai masuk umur 7,8,9 bln semakin berat beban di bawa bunda karena baby yg di kandung semakin berat badannya bertambah,diusahakan untuk banyak istirahat tetapi tidak bermalas-malasan.semua tanda-tanda tersebut normal bila keputihan juga tidak gatal dan berbau.bila masih ragu disarankan langsung konsultasi ke dokter kandungan untuk di cek kondisi fisiknya secara langsung terimakasih

  2. Bu saya hamil udah 2 bulan, tpi saya jarang makan apa itu tdak membahaayakan baby nya di dlam

    1. Selamat pagi bunda. Pada awal kehamilan, calon ibu pasti akan merasakan mual yang luar biasa. Selain membuat calon ibu malas melakukan aktifitas, kondisi ini ternyata juga mempengaruhi selera makan sang ibu. Meski sulit untuk menelan makan, usahakan agar ibu hamil tetap makan, walaupun sedikit. Sebab janin di dalam perut membutuhkan asupan nutrisi. Terlebih lagi, pada masa 8 minggu pertama kehamilan, otak janin mulai bertumbuh, dan proses ini membutuhkan dukungan nutrisi yang baik. Jadi, sebaiknya bunda tetap mengkonsumsi makanan sehat agar nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan tetap terpenuhi dan kesehatan bayi tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

  3. Bu saya hamil baru 5 Minggu saya pendarahan trus tp perut saya tidak sakit, sya miya solusi dari iubu

    1. Selamat pagi bunda. Pendarahan yang terjadi pada masa kehamilan tidak bisa dianggap remeh, ini menunjukkan adanya gangguan pada kandungan bunda. Ada beberapa klasifikasi terkait dengan pendarahan tersebut. Jika pendarahan yang terjadi dalam jumlah banyak sebaiknya segera ke dokter untuk mengetahui penyebab jelasnya. Bunda juga dapat membaca artikel mengatasi flek pendarahan saat hamil.

  4. bu saya hamil 7 bulan,, saya mau tanya kemarin tiba-tiba setelah saya habis mandi keluar darah pi kok tidak tersa sakit,, apak itu bhaya dan apa penyebab terjadi keluar darah itu.. maksih

    1. Sgr diperikskan ke dokter kandungan saja bund u menetahui lbh jelas darah berasal dr mana. Keluar darah tdk mesti sakkit.
      Smg sehat selalu

  5. istri saya habis keguguran bu.trs pendarah di sertai muntah trus menerus sampai sekarang bu.cara pengobatan yg alami bagaimana bu.terima kasih sabelumnya

  6. Dokter yang baik.
    Saya seorang ibu dengan 2 anak,sekarang ini saya lagi hamil 7 bulan,yang ingin saya tanyakan,saya sekarang ini sedang kena flu dan batuk,badannya sakit-sakit semua,,,,tapi saya tidak demam,yang ingin saya tanyakan bahaya tidak dengan janin dalam kandungan saya?mohon dikasih infonya yah dok,,,,???

    1. maaf ibu Ricca…kami bukan dokter bu…silahkan konsultasikan ke dokternya bu.. smg itu hanya flu batuk biasa yg sedang mewabah di musim hujan ini. kl memang demikian adanya pebanyak minum, buah dan sayur, istirahat yang cukup.
      bisa juga dengan konsumsi madu dan propolis. sering berjemur di oagi hari jika ada matahri bersinar. smg bermanfaat

Komentar