Keluhan Ibu Hamil Pada Kehamilan Trimeter Pertama

keluhan ibu hamilMasa kehamilan pada umumnya dijalani oleh ibu hamil selama 9 bulan atau 38 hingga 40 minggu dengan mengalami banyak hal yang tidak dialami ketika dalam keadaan tidak hamil. Dari berbagai macam keluhan ibu hamil yang dialami oleh ibu hamil terkadang ada keluhan ibu hamil yang dirasakan cukup berat. Hal ini berjalan secara beriringan dengan proses perubahan yang terjadi pada ibu hamil.

Keluhan ibu hamil di masa kehamilan pada dasarnya merupakan sesuatu yang normal dan fisiologis seiring dengan terjadinya perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan tersebut bisa terjadi pada perubahan fisik serta perubahan psikologi bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Dan ibu hamil yang sedang menjalani masa kehamilan harus lebih bijak dalam menyikapi segala keluhan selama masa kehamilan kerlangsung.

Keluhan yang dialami oleh setiap ibu hamil tidak semuanya sama dan tiap timesternya juga akan berbeda. Berikut ini adalah keluhan ibu hamil pada trimester pertama.

1. Jerawat di dada

Pada masa kehamilan, hormone-hormon ibu hamil juga ikut berubah. Salah satunya dengan munculnya jerawat. Jerawat pada umumnya muncul di wajah, namun untuk ibu hamil, jerawat juga akan muncul di bagian, leher, dada dan juga punggung.

2. Tumbuh rambut di mana-mana

Pada masa kehamilan, bukan hanya rambut di kepala yang akan tumbuh menjadi lebih lebat tetapi pada tangan, kaki, wajah, ketiak bahkan kemaluan.

3. Mata kering

Perubahan kadar hormon pada ibu hamil terkadang dapat menyebabkan terjadinya beberapa gangguan penglihatan, salah satunya gangguannya adalah berkurangnya cairan mata.

4. Keluarnya air liur

Keluarnya air liur pada  saat ibu hamil tertidur pulas sangat mungkin terjadi pada masa kehamilan, karena semua cairan tubuh akan meningkat termasuk juga ludah.

5. Payudara membesar, nyeri dan lunak

Keluhan ibu hamil ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga sesudah haid terlambat karena terjadi peningkatan hormon estrogen pada ibu hamil.

6. Keringat bercucuran

Pada masa kehamilan, ibu hamil akan merasa sering kegerahan atau kepanasan sehingga keringat akan banyak keluar. Hal ini karena terjadinya peningkatan aliran darah dan metabolisme.

7. Basah pada daerah kewanitaan

Selain air liur yang meningkat, jumlah cairan yang juga banyak meningkat adalah cairan pada daerah kewanitaan. Namun ibu hamil tidak perlu khawatir dan cemas selamakeluarnya cairan pada daerah kewanitaan masih dalam batas kewajaran.

8. Jantung berdebar

Jantung berdebar yang terjadi pada ibu hamil di masa kehamilan disebabkan karena jantung mendapatkan beban yang bertambah dan sirkulasi darah yang meningkat.

9. Hidung tersumbat

Ibu hamil pada trimester pertama juga ada sekitar 30 % yang mengalami hidung tersumbat. Situasi ini biasa disebut dengan rhinitis kehamilan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa keluhan ibu hamil yang dialami saat masa kehamilan trimester pertama. Semoga dapat bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://statik.tempo.co/data/2011/08/03/id_86480/86480_620.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar