Keluhan Ibu Hamil Ketika Masa Kehamilan

keluhan ibu hamilMasa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu bagi seorang wanita yang baru saja menikah. Masa kehamilan membuahkan suatu perasaan suka cita yang besar bagi pasangan suami istri, namun menjalani masa kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah terutama bagi ibu hamil yang baru pertama kali, karena masa kehamilan selalu diikuti dengan berbagai macam keluhan khususnya pada awal kehamilan.

Terjadinya perubahan bentuk badan ataupun perubahan hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi ibu hamil. Oleh sebab itu, seorang ibu hamil harus mempersiapkan mental dan fisik secara matang saat merencanakan kehamilan. Jika tidak siap, maka keluhan ibu hamil ketika masa kehamilan akan sangat mengganggu kesehatan dan pikiran ibu hamil.

Berikut ini adalah keluhan-keluhan yang terjadi pada ibu hamil yang perlu untuk diketahui sejak dini agar ibu hamil lebih siap dalam mengh adapi masa kehamilannya.

1. Pusing atau Sakit Kepala

Rasa pusing pada ibu hamil adalah salah satu keluhan yang terjadi pada masa kehamilan dimana terjadi perubahan pada hormon progesterone yang akan memicu pembuluh dinding pembuluh darah melebar. Hal inilah yang mengakibatka terjadinya penurunan tekanan darah ibu hamil sehingga  membuatnya merasa pusing. Namun keluhan ibu hamil ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Pusing pada masa kehamilan juga dapat diakibatkan karena anemia dan hipertensi, perksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

2. Mual Muntah (Morning Sickness)

50 sampai 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan muntah yang biasanya juga disertai dengan rasa pegal dan pusing sampai meriang.  Mual dan muntah pada ibu hamil disebabkan karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Dan kemungkinan besar hormon inilah yang menyebabkan muntah melalui rangsangan otot dari poros lambung.

3. Keputihan Pada Ibu Hamil

Peningkatan hormon selama masa kehamilan menyebabkan produksi cairan pada organ kewanitaan yang disebut dengan lokore. Cairan ini berwarna putih, encer dan tidak berbau. Keluarnya cairan ini pada masa kehamilan adalah hal yang normal selama tidak berlebihan, berbau, berubah warna dan menimbulkan rasa gatal. Penyebab keputihan pada ibu hamil karena berkembang biaknya jamur di daerah kewanitaan. Bila menimbulkan keluhan yang berlebihan segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

4. Kaki Bengkak

Kaki bengkak pada ibu hamil terjadi karena penekanan pembuluh darah balik yang diakibatkan oleh pembesaran rahim. Sehingga arus balik darah dari kaki menjadi tertekan dan mengakibatkan terjadinya pengelaran cairan dari pembuluh darah ke jaringan yang ada disekitarnya. Asalkan terjadinya pembengkakan ini tidak disertai dengan kenaikan tekanan darah maka keluhan ini masih dianggap normal.

5. Sembelit

Hormon progesterone pada masa kehamilan menyebabkan relaksasi usus, hal itu menyebabkn daya dorong usus terhadap sisa makanan akan menjadiberkurang. Sisa dari makanan akhirnya menumpuk dan menyebabkan sembelit. Hal lain yang dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil adalah kandungan zat besi yang terdapat pada tablet khusus yang dikonsumsi ibu hamil dan juga kebiasaan menahan buang air besar.

6. Rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggang

Keluhan ibu hamil ini umum terjadi karena kehamilan yang semakin membesar dan bertambahnya usia pada masa kehamilan membuat ligamentum penggantung rahim dan dinding rahim menjadi melar dan tertarik sehingga menyebabkan rasa nyeri. Bertambahnya berat badan pada bayi juga akan menekan otot perut serta otot punggung sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Itulah beberapa keluhan ibu hamil yang banyak dialami pada masa kehamilan trimester pertama. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda kaum wanita yang sedang menjalani masa kehamilannya. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.denoordoostpolder.nl/files/2013/08/zwanger-522x391.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar