Kesehatan

Kebiasaan Buruk Yang Dilakukan Selama Puasa

makan berlebihan ketika berbukaPuasa ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. Puasa yang dijalankan selama satu bulan juga bisa menjadi waktu yang baik untuk membuat sistem pencernaan makin sehat. Sayangnya, ada banyak kebiasaan makan yang buruk terjadi selama puasa ramadhan. Akibatnya, tubuh bukannya sehat, malah terasa tidak nyaman.

Kebiasaan buruk yang dilakukan selama puasa seperti:

Melewatkan waktu sahur

Banyak orang melewatkan waktu sahur karena malas bangun, capek dan malas memasak. Padahal sahur adalah termasuk salah satu sunnah puasa, dimana pada waktu sahur adalah saat yang tepat untuk mengisi tubuh dengan energi, termasuk mengkonsumsi cairan.

Banyak makan saat berbuka

Karena menahan makan selama seharian, terkadang kita lupa untuk menahan nafsu makan kita. Saat berbuka puasa terkadang kita melahap semua makanan enak yang disajikan di meja makan hingga perut terasa penuh. Kebiasaan ini sangat buruk, karena selama seharian, sistem pencernaan sedang beristirahat, sehingga mengkonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan membuat kerja pencernaan lambat dan berat.

Makanlah sedikit-sedikit dan kunyah perlahan. Otak perlu waktu sekitar 7 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang. Makan secukupnya sesuai kebutuhan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak akan membuat pencernaan kita bekerja lebih lama menyerap makanan tersebut. Makanan berlemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kelebihan kolesterol jahat ini bisa menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah atau aterosperosis atau terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Sedikit mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah sama pentingnya seperti mengkonsumsi sayuran saat berpuasa. Buah mengandung banyak vitamin, serat, dan cairan yang baik untuk tubuh. Jika kita hanya mengkonsumsi sedikit buah dan sayur, akan memberikan efek yang tidak baik buat badan kita. Organ pencernaan kita membutuhkan banyak serat untuk bekerja dengan baik. Tidak heran jika banyak yang mengalami masalah susah BAB ketika puasa.

Konsumsi gula meningkat

konsumsi gula berlebih

Saat berbuka puasa, memang kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Saat baru berbuka, banyak orang langsung menikmati takjil manis. Hal tersebut diperbolehkan, asal jumlahnya tidak berlebihan. Semangkuk kecil kolak pisang sudah cukup, tidak perlu sampai memakai ukuran mangkuk bakso. Konsumsi gula berlebih setelah puasa tidak baik, karena gula dalam darah bisa naik drastis.

Kurang minum

Tubuh kita membutuhkan cairan  8 gelas setiap hari. Saat puasa pun kita harus tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh kita, agar badan tetap fit dan siap menjalankan ibadah selanjutnya.

Ingat, yang berlebih-lebihan itu tidak baik. Pastikan puasa menjadi ajang untuk semakin giat beribadah dan semakin sehat.

Sumber gambar :
1. http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/makan-berlebihan-bisa-picu-kegemukan-_130328092504-704.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-L6QGewMkg3g/T0juaUOoW8I/AAAAAAAAF80/PphD7SYH4XE/s400/gula+berlebih.jpg