Keajaiban Madu Untuk Bayi

Keajaiban Madu Untuk BayiAnda mungkin masih bimbang, dengan kadar pemberian madu pada bayi atau balita Anda. Beberapa pengunjung web ini sering menanyakan secara offline maupun online kepada kami tentang amannya memberikan madu pada bayi terutama bayi di bawah satu tahun.

Permasalahan pemberian madu untuk anak di bawah 1 tahun ini memang masih kontroversial. Menurut penelitian modern yang baru-baru ini dilakukan, madu asli (yang diambil langsung dari sarang lebah tanpa diolah lagi) ternyata mengandung kuman clostridium botulinum yang dibawa oleh kaki-kaki tawon. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi.

Penyakit jenis keracunan makanan ini akan mengganggu sistem saraf bayi dan bisa berakibat fatal. Bayi yang kurang dari 1 tahun masih membangun daya kekebalan tubuhnya. Pada bayi, bakteria baik di saluran cerna belum selengkap orang dewasa. Padahal, bakteria baik ini bisa mengatasi spora botulisme dan mencegahnya berkembang biak. Sehingga, secara otomatis tidak akan terjadi pembentukan zat beracun yang berbahaya tersebut. Tapi, kasus keracunan itu sendiri memang jarang terjadi karena tidak semua madu mengandung bakteri tersebut. Karena itu, tidak heran bila banyak orang tua memberikan madu pada bayinya tanpa pernah terjadi efek negatif apapun.

Nah, bagaimana menyikapinya?

Saya pribadi, dengan berbagai pengalaman seputar madu yang sungguh ajaib, percaya bahwa madu sangat aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan, meski ia bayi sekalipun. Karena khasiat madu sendiri telah disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya:

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Tidak ada pengecualian untuk bayi dalam tafsir ataupun hadits yang menjelaskannya. Jalan amannya, berikan untuk bayi dan balita hanya yang refined dan purified with no additive (sudah dibersihkan dan dimurnikan)- dr.Adi Tagor Sp.A dari RS Pondok Indah Jakarta. Dan karena madu itu bersifat panas, campurkan madu dengan air sebelum memberikannya pada bayi.

Sebuah kisah keajaiban madu yang mungkin perlu Anda tahu:

Seorang bayi mengalami cacat pada matanya saat lahir. Matanya itu menonjol keluar, ada semacam tumor pada matanya. Tentunya, karena usianya kurang dari 3 bulan, tidak bisa dilakukan operasi terhadapnya.

Lalu, sambil menunggu saatnya operasi, nenek si bayi dengan telaten memberikan madu untuk bayi tersebut. Setiap jam, madu dioleskan tipis-tipis di sekitar mata dan juga diminumkan setelah sebelumnya dicairkan dulu dengan air.

Anda tahu hasilnya? Mata bayi tersebut berangsur masuk, tidak lagi menonjol ke luar. Saat diperiksa secara medis, tumor yang tadinya ada ternyata sudah tidak ada lagi. Padahal, usia bayi itu kurang dari 3 bulan!

Cerita ini saya dapatkan dari ibu saya yang memang biasa menangani pengobatan secara herbal dan tradisional. Beliau pun menuturkan, saat saya bayi, beliau sering memberikan madu pada saya. Sehingga, pada saat itu saya memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan paling jarang sakit.

Jika Anda ragu, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan spesialis herbal, yang dapat memberikan Anda masukan-masukan untuk konsumsi madu ini.

Sumber gambar : http://madusekeluarga.com/uploads/2015/02/madu2.jpg

MENARIK DI LIHAT :

 

  •  
  •  
  •  
  •  
Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu asli al-shifa merupakan madu asli yang langsung diimpor dari Saudi Arabia. Madu asli al-shifa ....
Rp 100.000 Beli
Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Familly merupakan madu alami yang terbuat dari dari bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 35.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli

91 Komentar

  1. madu untuk menggemukan badan anak dan agar nafsu makannya naik utuk anak 1 tahun apa ya Bun?

    1. Selamat Pagi Bunda Putri,
      Untuk menggemukkan badan anak kami ada madu syifa nafsu makan, yang akan merangsang nafsu makan anak yang akan menaikkan berat badan anak,

  2. Assalamualaikum…
    Saya mau bertanya, anak saya berusia 8bulan 19 hari, kmaren demam tinggi, sidah sy bwa kbidan dn dberi obat.
    2 hari kmudian timbul bercak2 merah sperri campak,smentara anak sya blum mdapat vaksin campak,mohon bantuannya gmna cara mngatasinya, dan berapa takaran madu murni yg noleh dkonsumsi bayi saya,
    Trima kasih

    1. walaikumsalam,

      bunda azkha,bercak merahnya apakah hanya di mulut,telapak tangan dan kaki atau seluruh tubuh?bila hanya mulut dan telapak tangan dan kaki bebarti baby bunda terkena flu singapore,tetapi apabila terkena seluruh tubuh terkena campak.beri lah anak bunad obat penurun panas, bila terkena flu singapore perbanyak anak konsumsi asi atau minuman sufor/air putih dan makanan-makanan yang sehat secara rutin walau awalnya susah makan dengan begtu sedikit demi sedikit pasti akan pulih, karena flu singapore sendiri sampai sekarang belum ada obatnya jadi obatnya multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya anak.
      tetapi bila campak, penangannya hampir sama dengan flu siangapore.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimakasih

  3. Assalamu’alaikum…saya mau tanya,Anak saya berusia 5 bulan ..dia sedang batuk dan flu ..apakah boleh saya memberi madu ?
    dan adakah efek jika bayi mengkonsumsi madu murni ?
    terimakasih.

    1. walaikumsalam,
      madu yang ada di pondokibu.com min usia konsumsi 6 bulan bun,bila di bawah usia itu kami tidak menyarankan tetapi ada cara perbanyak asi saja dan cara herbal untuk mengobati si buah hati bisa dengan setiap 2 jam sekali olesi si kecil dengan minyak telon yang dicampur parutan bawang merah,dan di setiap pojokan kamar bisa diberi potongan bawang merah yang diganti setiap 2 hari sekali,karena bawa merah bisa membantu mengurangi banyak virus dan bakteri salahsatunya penyebab flu dan batuk demikian informasi yang kami sampaikan semoga bisa membantu bunda yati

    1. Selamat pagi Mama Nazwa, untuk madu itu biasanya boleh dikonsumsi bayi minimal usia 6bulan bun, tetapi sebelum memberikan madu boleh dikonsultasikan ke dokter anaknya dulu apakah sudah boleh diberikan madu atau belum karena dokter anak yang sudah tahu pasti gimana kondisi anak ibu karena kekebalan tubuh bayi biasanya berbeda bun. Silahkan untuk info selengkapnya bisa langsung menghubungi CS kami di 081328873888. Terimakasih.

  4. Mohon infonya… beby saya baru berusia 6 bulan jalan 7 bulan… merk madu yg paling baik untuk menggemukan badannya apa ya? Thanks

    1. Selamat pagi bunda. Untuk memperoleh banyaknya manfaat madu bagi tumbuh kembang anak sebaiknya berikan anak madu murni yang belum tercampur oleh bahan-bahan apapun sehingga hasilnya akan lebih maksimal bagi anak. Semoga bermanfaat.

  5. Assalamu’alaykum. mohon dibalas komentar ini ya.
    Trimakasih sebelumnya atas informasi dan tanggapannya.
    kemarin anak saya 9 bulan demam tinggi. lalu saya dan suami membawanya ke bidan. dan diberi obat penurun panas, antibiotik dan obat panas dalam berupa puyer. kami meminumkan obat penurun panas dan antibiotik saja, krna obat puyernya slalu dimuntahkan. sehari kemudian panasnya turun. suami menyuruhku untuk menghentikan menberi antibiotik, padahal bidan menyarankan untuk menghabiskan antibiotiknya walau panasnya sudah sembuh. tapi suami memaksa untuk menghentikan pemberian obat itu, krna kasihan pada bayi kami yg agak tidak suka minum obat itu. suami saya menyarankan memberikan madu saja yg lebih sedikit efek sampingnya dibanding obat kimia. namun kami masih bingung madu yg harus diberikan madu apa… sekarang stelah 2 hari anak saya malah terkena batuk dan pilek, apa itu karena menghentikan pemberian antibiotik? bahayakah jika kita tidak menghabiskan antibiotik dari dokter? lalu madu apakah yg bisa dan aman diberikan untuk bayi 9 bulan? jazakillah khayran.

    1. Waalaikumsalam bunda. Umumnya dokter akan meresepkan antibiotik dalam jangka waktu 3-7 hari, tergantung keparahan dan macam infeksinya. Pemberian antibiotik hanya diresepkan pada penyakit karena infeksi bakteri. Sebab fungsi dari antibiotik untuk membunuh bakteri. Namun jika obat antibiotik tidak dihabiskan, akan sangat berbahaya bagi ketahanan tubuh. Sedangkan madu yang paling bagus dan aman diberikan untuk bayi usia 9 bulan adalah madu murni yang tidak mengandung bahan campuran apapun. Jika batuk dan pilek pada anak tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan secara tepat. Semoga lekas sembuh.

    1. Selamat pagi. Pada prinsipnya madu boleh dicampur dengan madu, selama madu yang digunakan adalah madu murni. Namun, jika madu yang digunakan sudah ada tambahan bahan lain atau bukan madu murni maka sebaiknya diberikan selang waktu sebelum atau sesudah minum susu formula. Untuk mendapatkan madu murni, Anda bisa menghubungi CS kami di 081328873888. Terimakasih.

  6. Izin share ya anak saya susah makannya saya sudah coba kasi madu tapi dia tetap gak suka makan bahkan ngasi madu saja mesti paksa2 an. Ada tips gak biar anak suka konsumsi madu. Anak saya usia 14 bulan. Trims sblmnya

    1. Selamat pagi bunda. Tidak dianjurkan untuk memaksakan sesuatu yang tidak disukai anak termasuk untuk mengkonsumsi madu. Susah makan pada anak sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi. Terima kasih.

  7. Alhamdulillah karna ada madu kalo skit gk usah kuatir ,,jika demam tinggi ckup dngan minum madu,psti lngsung trun demam y..

  8. Boleh kah madu dicampur teh atau sufornya.

    Karna anak says muntah jika hanya dilarutkan diair putih…sebelumnya trimakasih until jwbannya

    1. Selamat pagi. Madu merupakan cairan kental yang berasal dari lebah dan memiliki rasa manis. Pada prinsipnya madu boleh dicampur dengan susu formula, selama madu yang digunakan adalah madu murni. Namun, jika madu yang digunakan sudah ada tambahan bahan lain atau bukan madu murni maka sebaiknya diberikan selang waktu sebelum atau sesudah minum minum susu formula. Terima kasih.

    1. Boleh bun, madu bisa dikonsumsi untuk bayi minimal 6 bln. Untuk dosis minumnya bisa dicek sesuai petunjuk yang ada dikemasan. Semoga bisa membantu. terimakasih.

  9. 2 Anak saya mulai 1 Minggu – sekarang 12 dan 8 tahun tidak putus saya berikan madu murni 100 % hasilnya, perkemangan fisik dan mental anak menggembirakan : cerdas dan tinggi badannya yg anak pertama putri, sudah mencapai 158 cm dan yg ke dua 8 th putri kelas II SD (cerdas ketinggian lebih dr teman2nya) yang sering saya keluhkan sering sembelit kedua2nya, malah anak yg pertama sekarang maag sembelit dan sejenisnya bagaimana cara mengatasinya apakah saya hentikan mengkonsumsi madu ?

    1. Selamat pagi, konsumsi madu untuk anak sangat bagus bunda.
      Namun jika ada kendala sembelit, sementara bunda bisa alihkan ke madu syifa kids mbelit.
      Jika ibu tertarik silahkan bunda bisa menghubungi Customer Service kami di nomor 081328873888. Semoga dapat membantu. Terimakasih

  10. alhamdulillah berkat madu daya tahan tubuh anak saya sgt luar biasa,padahal biasa nya tiap pergantian musim sll batuk pilek tp berkat cairan ajaib yg di hslkan dari lebah membuat jarang ketemu dokter…

  11. mks utk smua komen nya,saya langsung mantap utk bli madu syamil utk beby sy yb berumur 6 bln dan alhamdulillah batuk nya reda aminnnn….mks pondok ibu

  12. assalamualaikum.
    numpang share ya para bunda…
    anak saya usianya baru 20 hari..ap boleh diksh madu n dosisnya brp klo boleh…mksh buat share nya.
    wslm.

  13. Assalamu’alaikum, mau share jg hayfa bbrp minggu lalu batuk pilek, lendir dahaknya banyak.. Udah ke DSA Malah parah, sy ksh madu yg dicampur jeruk mania Alhamdulillaah sembuh.. Hayfa Ga suka minum madu dgn air putih, dia suka banget jeruk manis sy campur.. Skrg pun nafsu Makanya membaik. Tdnya sy ragu krn dpt info bayi dibwh 1 thn Ga naik diberi madu. Nyesel banget wktu 5bln sy berenti ksh madu alhasil batuk pilek Ga sembuh2 selama 3 bln, bolak balik DSA Ga ada perubahan smpe BB hayfa dibwh standard, kurus.. Kasian hayfa Udah Byk konsumsi obat kimia. Akhrnya sy nekat sy ksh madu,Alhamdulillaah It really works. Skrg2 klw hayfa sakit sy selalu cari info obat2 alami, ke dokter klw Udah sangat urgent

  14. Anakku umur 5 bln,batuk hampir 1 bln nggak sembuh2.uda bolak balik ke dokter ampe 2x.trus ada yg nyarani kasih madu,alhamdulillah nggak ampe seminggu batuknya sembuh..ampe skarang masih trus aku kasih madu..

  15. Alhmdulillah baca artikel ini, tdinya s4 mw berhenti ngsih madu krna dibilangin gk boleh diksih madu buat baby dbawah 6 bulan.mlh mreka ngomongin saya kok asal2an ngasih makan anak? Trnyta itu pmikiran orang2 barat.. alhmdulillah Allah mmbrikan ptunjuk untuk mmbca artikel ini..

  16. mau share neh..semoga ada yang bisa membantu amin..anak saya berusia 4 bulan..kata dokter anak saya mengalami katarak dari lahir..mau tanya kira2 kalau madu bisa diteteskan dimata ga ya?atau bagaimana cara pengobatannya..klo kata dokter harus dioperasi..tapi saya kok ga tega klo anak saya dioperasi…trimakasih

  17. Alief sejak lahir bibirnya sdh sy olesin madu arab al shifa, hingga skrg usianya 4 bln..alhamdulillah alief ga pernh sakit..bahkan lendir di tenggorokannya sdh hampir hilang..tidurnya pulas, bahkan tumbuh kembangnya normal meski tdk sy imunisasi..sekarang alief sdh pandai tengkurap dengan kepala tegak…kata ibu saya, alief bayi ajaib krn ga rewel sm sekali…alhamdulillah…!

    1. Alhamdulillah… terimakasih sharingnya BUnda :)
      Semoga bermanfaat untuk bunda-bunda lainnya…

  18. Pengalaman saya,,ketika aira blum saya kasih madu,,,ia susah selali tidurnya, juga ndak bisa nyenyak…setelah mempertimbangkan setelah umur 3 bulan kemudian saya berikan madu di campur dengan air mineral, kemudian saya ganti dengan air zam zam sampai sekarang. Alhamdulillah setelah itu sekarang aira umur mau 6 bulan, dia tidur bisa pulas, ndak kagetn, alhamdulliah belum pernah pilek, demam, atau batuk, makannya mudah juga…di Al Quran, hadist adalah benar, tak ada keraguan sedikitpun

    1. Merk madunya apa ya ,soalnya babyku skrg 5 bulan ,sejak usia 4 bulan mogok minum susu,mungkin banyak dahak

    2. Madu syamil itu kan mngandung propolis, habatusauda, apakah aman untuk bayi dibwh 1 thn?
      Mohon informasinya
      Trmksh

    3. selamat siang bunda

      Syamil Dates Honey aman bunda karena di dalam kemasan sudah ada aturan pakaui untuk anak 2 bulan – 1 tahun. terimakasih

  19. Anak saya dari mulai baru lahir sudah diberi madu. Saya kasih madu khusus. Waktu batuk saya kasih madu n kurang dari 1 minggu alhamdulillah sembuh. Daya tahan tubuhnya juga baik.

    1. saran bunda nafisah bisa di contoh oleh bunda2 yang lain. semoga ibu2 tak terpengaruh oleh propaganda madu yang membahayakan bayi dengan berbagai alasannya. karena secara ilmiah sdh terbukti. dan yang pasti merupakan thibbun nabawi

    2. Madu merk ap bun?
      Anak sy batuk sdh 1mggu ini,sdh minum obat tp msh btuk
      Usia anak sy 7bln

    3. kl utk batuk ad madu syifa kids flu dan batuk. bunda bs mncoba ini utk si kcl

    4. Apa bedanya madu syifa sama madu syamil,dua-duanya bisa kan untuk bayi 5 bulan

    5. Madu Syifa Kids Lebih Spesifik untuk penyakit-penyakit Tertentu bunda untuk Bayi 6 Bulan ke atas, Kalau syamil bisa untuk daya tahan untuk bayi usia 2 bulan ke atas . Terimakasih

    6. anak saya baru umur 6m tapi baru2 ini kalau beol koq agak cair, kondisi anaknya sih tidak begitu mengkhawatirkan. Dianya saya kasih madu syamil sejak umur 5m tapi sudah 1 mingguan ini terjadi kondisi seperti itu. Bagaimana ya???saya khawatir…

  20. Maha Benar Allah dengan segala firmanNYA…
    Terimakasih ummu atas penjelasannya, semoga ada artikel2 lain yang seperti ini, karna memang jelas
    “Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.”
    (QS. An-Nahl: 69) dan banyak lagi dalil2 yg menjelaskan tentang banyaknya manfaat madu, Jazakillah Khair…

    1. Anak sy batuk sampai dan tdk bisa mengeluarkan lendirnya.drpd di uap dia sy ksh madu gurah,malamnya semua lendir dr hidung dan mulut keluar semua.akrng setiap batpil saya gak perlu ke dokter.oiya dia juga setiap hari sy beri madu tetes tahnik.bisa untk bayi mulai dr 0 bulan

  21. jikalau madu itu sudah bukan madu asli,apa tidak masalah memberikan pada si bayi.thanks
    balas

  22. Dimana ya beli madu yang asli di jakarta? Saya takut madu yang beli palsu..mohon penjelasanya ya.. Thanks

  23. assalam.. Bayi saya 2 minggu depan bakal memasuki umur 4bulan.. Saya ingin menanyakan, boleh kah saya memberi madu + ASI kepada anak saya? Kerana dia sekarang mengalami selesma dan batuk.. Terima kasih..

  24. betul sekali.sama spt pemikiran saya.stlh sy brosing berbagai artikel,hany artikel inilah yg sesuai dg Al-Quran.yg lainnya smua menentang.itulah para org barat..selalu membodohi orang islam.jls2 di Al-quran sdh di jelaskan ttg manfaat madu.sy sndr pny pengalaman anak saya semenjak di dlm perut sdh sy beri madu,alhamdulillah dia jarang bgt sakit.lebih sehat dari anak yg di imunisasi,lbh cepat tumbuh kembangnya.dan sebenarny klo pngn tau org yahudi sendiri mengkonsumsi madu,malah dia sndr melarang org muslim minum madu.itulah pembodohan yahudi dan org barat

  25. terima kasih utk artikel ini, beberapa hari lagi saya akan masuk kantor, dan usia bayi saya baru 2 1/2 bulan, krn stok asi sy juga tidak byk, saya memutuskan utk memberikan bayi saya air tajin ditambah madu jika persediaan asi nya kurang selama sy bekerja.

    saya mau tanya, berapa sendok madu yang dibutuhkan/dibolehkan utk per 100 ml air (air tajin + air putih)

    keputusan ini kami ambil krn sy sgt khawatir memberikan susu formula kepada bayi saya krn berita bakteri yg terkandung dlm sufor tsb.

    terima kasiih sebelumnya untuk jawabannya…. :-)

  26. ass. terima kasih atas info dan komentar2nya, saya skr sdg memberikan madu u bayi saya yang berusia 7 bln karena sdg sakit batuk,pilek. mdh2n cepat sembuh dengan diberikannya madu…

  27. Pengobatan berdasarkan qur’an dan hadist sering bertentangan/ditentang oleh para ahli kedokteran dan kesehatan dunia karena iman mereka beda…….padahal ilmu kesehatan itu telah ada dan terbukti khasiatnya pada zaman rosullulah….kunpayakun…

  28. Saudaraku, pola pikir kita telah di “jajah” oleh negeri barat terutama Yahudi. Manfaat madu disebutkan dlm Qur’an jd jgn ragu lagi. Selain madu yg baik dikonsumsi adl susu kambing. Susu kambing ternyata lebih bagus drpd susu sapi. Bila punya uang lebih sebaiknya belilah logam mulia krn anti inflasi.

  29. Ikutan boleh y..
    anakku br 2 1/2 bulan sudah aku kasih madu hanya dioleskan diseputar bibirnya,karena tetangga bilang madu dikasih ke bayi sangat bagus untuk daya tahan tubuh.

    tapi teman kantor bilang madu itu masih ada bakteri jadi kalau diberikan ke bayi sangat berbahaya. jadi mana yang benar y???

  30. cucu sy umur hampir 3 bulan, karena ibunya kerja kadang stock asi tak cukup dan kalau lapar cucu saya mulai rewel. Pemberian asupan anak sampai umur 6 bulan, hanya asi, oleh karena itu untuk menutup kekurangan asi sy buat air tajin ditambah madu sedikit untuk rasa dan cucu saya mau. Sy masih penasaran boleh nggak dikasih madu, makanya saya buka web ini. Alhamdulillah dan semoga tumbuh baik dan sehat untuk cucu sy dengan asupan tambahan yg berupa madu.

  31. saya jg udah merasakan manfaat dr madu.sekarang bhima udah 10 bulan.dulu waktu masih usia 1 minggu kulit muka bintik2 merah banyak banget krn kena air susu saya,tp oleh neneknya di rawat dgn madu.madu 1 sdm di panaskan,setelah hangat2 di buat masker,alhamdulillah tdk membutuhkan waktu lama wajah bhima kecil jd halus dan bersinar lagi.waktu bayi jg sering saya minumin madu di cairkan dgn air hangat,sekarang daya tahan tubuhnya kuat sekali,hampir2 tdk pernah sakit,paling cm pilek 2 hari sembuh dengan dijemur kalo pagi,alhamdulillah bhimaku sehat….

  32. jadi tambah bingung deh.. saya abis kasih bayi saya madu dicampurkan dengan air karena batuknya ga sembuh2..

  33. assalamu’alaikum,,
    ummu,,
    qee 4bulan, batuk dan panas tinggi. atas saran kakak, saya kasih madu arab (asli) yg dicairkan dengan air. saya kasih kira2 0.8mili. dia kemudian berkeringat dingin. apa memang itu reaksinya ya?
    Baru pertama kali ini saya kasih,,
    trmksh sebelumny

  34. Anak saya umur 10 bulan. Kebetulan saya & suami mau mulai kasih anak kami madu, tapi kmrn saya coba kasih madu campur dengan susu koq malah muntah ya… Apa memang seprti itu reaksinya jika dicampur dengan susu? Ada info ga merk madu yang cocok untuk bayi. Terimakasih….

  35. Dosis madu yang baik untuk bayi bagaimana? Saya percaya dan yakin madu baik untuk bayi sekalipun.

  36. kalo menurut sy tdk masalah madu diberikan pada bayi. bukankah Rasulullah mengajarkan mentahnikbayi dgn madu. Anak sy sendiri waktu bayi mulai umur 7 bulan saya beri madu. Insyaallah tidak apa

  37. saya punya bayi 8 bln penyakit lendir di tenggorokan n angkal hidung yg susah keluar,..apa madu bs mengeluarkannya n berapa kali sehari n brp sendok teh ,..’
    makasih

  38. Mw sharing pngalaman sy y..
    Wkt sy hmil, suami sy mnganjurkn konsumsi madu stiap hr 1 sendok sblm tdr. (Klo kbnykn, tkt brpngruh. Krn madu itu panas kt suami sy). Sjk hamil muda, sy&suami hrs bolak-blk kluar kota bwt anter sy kuliah pke spda motor. Wlopun smw kluarg tdk mmprblhkn (kcuali suami), krn khwtir dg kndungn sy yg msh rentan. Tp alhmdu4JJ kndungn sy g prnh brmslh. Stiap usg, kondisi janin sllu baik. Pdhl sy tdk konsumsi susu hmil&vit smpe kndungan usia 5 bln. Kmudian stlh ank sy lahir. Hny 3 bln, sy bs mmbri asi pd ank sy. Stlhny, ank sy g lg mw asi. Awlny smpt waswas, tp suami myakinkn bhw ank kmi akn baik2 sja. Alhmdu4JJ lg, mgkn krn dlm kndungn imunitasny sdh trbntuk krn madu tsb. Jg sjk br lhr, sy srg mneteskn madu&air zamzam d mulutny. Ank sy sgt jrg skit. Plg btuk pilek, 3hr sdh smbuh sndiri klo srg mghirup oksigen wkt subuh. Dr 4x imunisasi, hny sx dy demam. (ank sy 6bln). Bkn brrti sy mnghimbau pr ibu tuk g ksh asi k babyny. Tp yg ingn sy tknkn, madu aman utk bayi ato balita. Asl dosisny d ssuaikn dg usia&kmmpuan pncernaan ny..

  39. ass, anak saya sudah berumur 4 bulan, semenjak dia umur masuk 3 bulan saya memberikannya madu yang dicampur dengan susu, tapi setiap hari dia berkeringat terus terutama pada bagian kepalanya banyak sekali keringatnya.apakah itu pengaruh karena minum madu tersebut?
    terus sibayiku juga mengalami pilek sejak lahir, apa itu bisa disembuhkan dengan madu dan bagaimana cara pemakaiannya?

  40. Dikeluarga saya ada keturunan ‘sinus’. Apakah madu bisa mencegah anak saya yang baru 2 bulan biar tidak terkena sinus?
    trus dosisnya seberapa ??

  41. Anak saya usia 10 bulan, tidak minum ASI, saya sangat ingin memberikan madu. Sebaiknaya jam berapa saya memberikannya, jelaskan teknis2nya, juga takarannya. sesudah makan atau sebelum makan?
    trimakasih

  42. aku mau bagi pengalaman mengenai pemberian madu pada bayi. bayi aku skg 7 bln, baru2 ini dia kena flu dan batuk, aku ngga bawa dia ke dokter krn baru bln lalu dia ke dokter krn batuk juga, aku ngga mau dia keseringan berobat ke dokter, akhirnnya saya coba beri dia madu di campur jeruk nipis dikit aja. eh…ngga tgu beberpa hari aja flu sama batuk nya hilang seketika, ternyata batuk besar kasiat nya ya… sampe skg tiap pagi aku kasi dia madu

    1. salsabila: silahkan umm..sebarkan yg byk ya…biar dpt faedahnya jg…amiin

  43. Setuju sekali….

    Untuk informasi lebih jauh mengenai madu, khasiat dan manfaatnya serta produk-produknya, silahkan berkunjung ke www.griyamadusehat.com.
    Terdapat juga cara-cara menguji madu asli, dimana salah satu cirinya adalah bila madu dimasukkan ke wadah air, digoyang2 akan muncul gambar menyerupai sarang lebah.
    Semoga bermanfaat.

    www.griyamadusehat.com

  44. betul madu memang banyak manfaatnya.anak saya batuk terus sape bosen ke dokter,sekarang saya kasi madu alhamdulilah belum kena lagi.

  45. Alhamdulillah terjawab sudah kearaguan ini, masalahnya untuk anakku yang ke 3. laki-laki, sedang mengalami batuk kering dan sedikit susah tidur. Semoga menjadi referensi kembali (Madu)

  46. setuju sekali…..
    Memang untuk kalangan pengobatan cara barat pasti menetang cara2 rosululloh s.a.w karena itulah objective mereka.

    1. Madu yang asli dmana ya belinya d jakarta..? Saya takut madu yang saya beli palsu..mohon di informasikan ya.. Makasi

Komentar