Ini Manfaat Dan Cara Membaca hasil USG

Pengertian, manfaat dan cara membaca hasil USG

Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan istilah USG seringkali disalah artikan sebagai pemeriksaan yang hanya dilakukan oleh ibu hamil. Padahal penggunaan USG sendiri diperuntukkan memberikan gambaran mengenai struktur, ukuran hingga detail otot, tendon dan organ-oran lainnya. Sehingga bukan hanya bayi dalam kandungan yang dapat diperiksa menggunakan USG. Orang-orang yang mengalami gangguan seperti pada jantungnya juga dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG ini.

Manfaat USG

Pada pemeriksaan ibu hamil  dengan USG memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah :

  • Mampu memperkirakan usia kehamilan
  • Mampu melihat posisi bayi termasuk melihat kemungkinan adanya cacat bawaan yang dialami janin sejak dalam kandungan ibu
  • Mendeteksi janin kembar
  • Mendeteksi detak jantung janin
  • Menilai jumlah ideal air ketuban yang seharusnya dimiliki oleh ibu hamil
  • Melihat kondisi plasenta terutama jika terjadi kemungkinan pengapuran hingga rusak sehingga mengganggu perkembangan janin
  • Memeriksa aktifitas janin sehingga termasuk pernapasan hingga aliran darah ke otak dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Metode pemeriksaan USG

Metode pemeriksaan menggunakan USG dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah pemeriksaan secara perabdominal atau pemeriksaan melalui perut. Untuk pemeriksaan melalui perut ini hanya dilakukan pada usia kehamilan yang cukup besar yakni mencapai 12 minggu minimal. Ukuran janin yang lebih besar membuat USG memerlukan probe yang lebih besar. Untuk pemeriksaan ini biasanya perut ibu hamil akan diolesi semacam gel yang nantinya di atasnya akan digerakkan alat atau transduser.

Metode pemeriksaan lainnya adalah menggunakan cara pervaginal atau melalui vagina. Pemeriksaan ini hanya dilakukan pada usia kandungan kurang dari 12 minggu. Melalui pemeriksaan ini akan dapat diketahui usia kehamilan. Selain itu informasi mengenai ukuran janin, lokasi hingga denyut jantung bayi juga dapat diketahui. Kondisi uterus dan organ-organ ibu lainnya juga dapat diketahui.

Cara Membaca hasil USG

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan sebagian besar orang ketika melakukan pemeriksaan medis adalah tidak menanyakan detail hasil pemeriksaan kepada dokter. Sehingga dokter yang melakukan pemeriksaan pun enggan memberikan informasi secara detail mengingat pasien tidak menanyakannya. Hal yang sama juga terjadi pada ibu hamil yang melakukan pemeriksaan USG. Berikut ini beberapa istilah dalam hasil USG untuk membantu Anda memahami lebih detail mengenai hasil pemeriksaan Anda.

  • EDD atau Estimated Delivery Date adalah tanggal perkiraan terjadinya persalinan berdasarkan penghitungan waktu terjadinya menstruasi.
  • GA atau Gestational Age merupakan perkiraan mengenai usia kehamilan. Penghitungan ini dilakukan atas dasar pengamatan pada panjang lengan hingga diameter kepala.
  • FHR atau Fetal Heart Rate adalah informasi mengenai frekuensi detak jantung janin. Melalui informasi ini ibu dapat mengetahui apakah detak jantung janinnya normal atau tidak.
  • GS atau Gestational Sac adalah ukuran kantung kehamilan (bulatan hitam). Umumnya ada pada trimester pertama pemeriksaan USG.
  • CRL yang merupakan singkatan dari Crown Rump Length adalah ukuran antara bagian paling atas kepala hingga bagian paling bawah (ekor) janin.
  • FW atau Fetal weight merupakan ukuran berat dari sang janin.
  • AC atau Abdominal Circumferencial adalah Ukuran lingkaran dari perut janin. Bila mengkombinasikannya dengan BPD maka bisa memperkirakan berat janin juga.

Demikian sekilas pembahasan mengenai manfaat dan cara membaca hasil USG. Semoga bermanfaat.

sumber gambar : https://intanintanintan.files.wordpress.com/2013/01/unyil-15w1d1.jpg

PRODUK MENARIK :

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Rp 100.000 Beli
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Rp 450.000 Beli

Komentar