troli

Belanja, biasanya diidentikkan dengan perempuan. Memang, sebagian besar pengunjung yang datang ke mall-mall atau pusat-pusat perbelanjaan adalah perempuan. Para lelaki biasanya hanya menjadi pengiring atau penggembira saja. Walaupun, tidak menutup kemungkinan laki-laki juga ada yang senang berbelanja.

Nah, “efek” yang biasanya –bahkan pasti- muncul akibat berbelanja adalah uang menjadi berkurang. Sering kali terhambur begitu banyak, karena kita tak bisa mengerem keinginan untuk berbelanja. Jika Anda ingin uang Anda tetap utuh, maka jangan membelanjakannya. Namun, tentunya kita tak bisa begitu, bukan? Mau tak mau kita harus tetap berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Bagaimana caranya agar belanja tetap terkontrol?

Beli apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Sering kali kita membeli barang-barang yang sebenarnya belum atau bahkan tidak kita butuhkan. Ada keinginan-keinginan yang harus kita tahan, selama itu belum kita butuhkan.

Buatlah catatan belanja. Dengan membuat catatan belanja, Anda menjadi lebih terarah dan tidak asal ambil. Sering kali jika kita tidak membuat daftar belanja, kita melihat “barang bagus” dan langsung memasukkannya dalam keranjang belanja. Kebiasaan inilah yang kerap kali membuat dompet menjadi “bolong”.

Hindari kartu kredit. Lebih baik Anda membawa uang cash. Karena dengan adanya kartu kredit, Anda tidak akan bisa mengerem belanja Anda karena merasa uang selalu ada. Jika Anda hanya membawa uang cash, tentunya Anda akan berpikir beberapa kali untuk membeli barang-barang ekstra.

Pintar-pintarlah menawar. Saya banyak belajar dari ibu saya soal tawar-menawar barang saat belanja. Jangan malu, itu kata ibu saya. Jika kita bisa menawar dan mendapatkan barang dengan harga miring, kenapa tidak?

Jangan belanja mendadak kecuali jika benar-benar terpaksa. Dulu, saya sering sekali belanja mendadak, hanya karena malas cepat-cepat pulang dan ingin mengulur waktu. Akibatnya, pengeluaran menjadi banyak sekali. Kecuali Anda memang butuh untuk belanja mendadak (missal: ada tamu datang), hindarilah kebiasaan seperti ini.

Segera pulang jika Anda selesai berbelanja. Hindari kebiasaan mampir-mampir ke tempat lain, karena itu bisa saja membuat Anda harus mengeluarkan uang yang tidak perlu. Ini juga bisa menghindarkan Anda dari “mata-mata jahat” yang mengancam keamanan Anda.