gigi bayi 2Tidak banyak anak yang memiliki gigi sempurna. Dalam arti, giginya bagus, tidak keropos dan berlubang. Kebanyakan anak-anak belum memperhatikan kesehatan giginya atau karena orangtuanya kurang telaten dalam memperhatikan kesehatan giginya.

Karbohidrat yang dicerna oleh mulut mengandung zat gula. Nah, pada zat gula inilah bakteri meragi dalam mulut dan menghasilkan asam yang dapat membuat gigi keropos. Pada balita, gigi keropos juga dapat disebabkan oleh plak yang menumpuk pada gigi karena adanya sisa susu yang menempel di gigi. Kekeroposan ini diperparah lagi dengan anak-anak yang gemar makan cokelat dan permen tapi lalai menggosok gigi.

Sebagai orangtua, Anda harus telaten dalam memperhatikan kesehatan gigi dan gusi anak-anak Anda. Setiap habis makan, baik itu makanan biasa maupun yang manis-manis, upayakan mereka untuk segera menggosok gigi atau berkumur. Pada bayi dan batita, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi air untuk menggosok giginya dengan lembut. Bawalah anak untuk periksa gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Kekeroposan bisa terjadi karena kurangnya asupan fluor. Nah, untuk itu, pilihlah pasta gigi anak dengan fluoride atau air minum mineral, dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Selain itu, faktor keturunan pun dapat mengakibatkan kekeroposan. So, saat hamil, ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan mineral.  Saat bayi lahir, mereka juga baik diberikan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D untuk memperkuat tulangnya.