Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Gejala dan Cara Mencegah Varises Pada Masa Kehamilan

varisesSeperti yang telah kita ketahui bersama bahwa wanita yang sedang menjalani masa kehamilan akan sangat rentan sekali dengan penyakit. Bagi ibu hamil, menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena jika ibu hamil tidak sehat maka bisa berdampak juga pada kesehatan janin yang ada dalam kandungannya.

Pada ibu hamil, varises tidak hanya bisa menyerang pada bagian kaki tetapi juga pada anus dan juga organ intimnya. Jika tidak diwaspadai oleh ibu hamil, penyakit varises bisa berbahaya karena varises dapat menghambat proses persalinan normal. Agar dapat mewaspadai penyakit varises, maka alangkah baiknya jika para ibu hamil mengetahui gejala dan bagaimana cara mencegah varises pada masa kehamilan.

Gejala Varises Pada Organ Intim Wanita

Cara mendeteksi adanya penyakit varises pada organ intim wanita biasanya dengan meraba daerah tersebut, jika terasa ada sebuah tonjolan maka dapat dipastikan bahwa ibu hamil tersebut mengalami penyakit varises pada organ intim wanita.

Pada umumnya ibu hamil mengalami varises pada daerah panggul dan juga anggota gerak pada bagian bawah. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah pada daerah tersebut berhubungan erat dengan rahim. Selain itu, masa kehamilan juga bisa menyebabkan seorang wanita mengalami perubahan hormonal terutama terjadinya peningkatan pada hormon progesteron. Perubahan inilah yang membuat elastisitas pada dinding pembuluh darah semakin bertambah sehingga dinding pembuluh darah makin lentur. Sebagai akibatnya, pembuluh darah menjadi semakin bertambah besar dan juga melebar.

Pelebaran pembuluh darah pada ibu hamil ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan janin agar volume darah dan aliran darah yang makin meningkat pada ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik dan pertumbuhan janin juga belangsung dengan normal. Ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan terjadinya varises selama masa kehamilan yaitu obesitas, keturunan, posisi tubuh yang salah misalnya terlalu lama berdiri atau duduk, kehamilan dengan usia di atas 40 tahun, pakaian hamil yang terlalu ketat dan lain sebagainya.

Pengaruh Varises Pada Proses Persalinan

Seorang ibu hamil yang menderita varises pada organ intim wanita masih bisa melewati persalinan normal. Namun jika penyakit varises pada organ intim wanita yang diderita oleh ibu hamil sudah cukup berat, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi Caesar demi meminimalisasikan resiko pecahnya dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh trauma pada saat bayi lahir.

Cara Mencegah Varises

Sampai dengan saat ini masih belum ada alat khusus yang bermanfaat untuk mencegah varises pada organ intim ibu hamil. Namun, jika ibu hamil rajin mengangkat kakinya dengan cara menaruhnya di atas bantal pada saat membaca buku, tidur-tiduran dan bersantai maka hal tersebut sedikit banyak bisa membantu melancarkan aliran darah. Cara yang mudah ini terbukti bisa mengurangi beban yang harus ditopang oleh kaki. Hindarilah penggunaan sepatu ber hak tinggi agar aliran darah tidak terhambat. Selain itu, usahakan posisi tidur jangan dalam satu posisi untuk menghindari tekanan pembuluh darah pada satu tempat.

Itulah sedikit informasi mengenai gejala dan cara mencegah varises pada masa kehamilan, semoga bisa memberikan manfaat bagi para wanita khususnya ibu hamil.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.mujerstyle.com/uploads/2011/10/Varices-e1319448806620.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....