Gangguan Pada Tumbuh Kembang Anak

tumbuh kembang anak

tumbuh kembang anak

Tumbuh kembang anak penting untuk selalu mendapat perhatian khusus dari orang tua secara terus menerus. Dengan memperhatikan tumbuh kembang anak, setiap orang tua berharap bahwa anaknya akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kreatif. Dan tumbuh kembang anak yang paling cepat dan membutuhkan pengawasan lebih adalah pada usia tiga tahun pertama.

Pada masa tumbuh kembang anak tentu saja ada beberapa gangguan yang perlu di waspadai, selain dapat mengganggu tumbuh kembang anak juga dapat mengganggu kesehatan anak. Oleh sebab itu sangat penting mengenali gejala-gejala yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak sejak usia dini. Selain itu menangani gangguan pada tumbuh kembang anak secara tepat dapat menjadikan anak tumbuh dan berkembang secara maksimal dan kesehatan anak pun akan terjaga sesuai dengan harapan orang tua.

Berikut ini adalah beberapa macam gangguan pada tumbuh kembang anak :

1. Cerebral palsy

Merupakan suatu kelainan atau gangguan pada tumbuh kembang anak  berupa postur tubuh dan gerakan yang tidak progresif. Hal itu disebabkan karena adanya gangguan atau kerusakan pada sel-sel motorik susunan saraf pusat yang sedang dalam proses pertumbuhan.

2. Sindrom Down

Anak yang mengalami sindrom down  adalah dimana seorang anak atau individu mengalami kecerdasan yang terbatas. Hal itu terjadi akibat jumlah kromosom 21 yang lebih. Sehingga menyebabkan perkembangannya lebih lambat dibandingkan dengan anak normal pada umumnya dan menyebabkan keterlambatan pada perkembangan motorik.

3. Gangguan Bicara

Kemampuan anak dalam berbicara dan berbahasa merupakan indicator dari seluruh tumbuh kembang anak. Karena kemampuan berbicara dan berbahasa sangat sensitive terhadap keterlambatan system lainnya. Sebab, kemampuan tersebut melibatkan kemampuan psikologis, kognitif, motorik dan lingkungan sekitar. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan gangguan bicara maupun berbahasa, dan gangguan ini dapat bersifat menetap.

4. Perawakan Pendek

Perawakan pendek merupakan suatu terminology tentang tinggi badan yang disebabkan karena gangguan gizi, variasi normal penyakit sistematik, kelainan kromosom maupun karena kelainan endokrin.

5. Retardasi Mental

Merupakan sebuah kondisi yang ditandai oleh adanya intelegensia yang rendah sehingga dapat menyebabkan ketidakmampun anak untuk belajar dan beradaptsi pada tuntutan masyarakat terhadap kemampuan yang dianggap normal.

6. Gangguan Autisme

Autisme merupakan gangguan anak pada pekembangan pervasif, dimana gejalanya muncul sebelum anak berumur 3 tahun. Perkembangan pervasif meliputi seluruh aspek tumbuh kembang anak sehingga gangguan tersebut sangat luas dan mempengaruhi tumbuh kembang anak secara mendalam. Gangguan pada tumbuh kembang anak yang ditemukan pada anak penderita autisme meliputi bidang interaksi sosial, perilaku dan komunikasi.

7. Gangguan Perhatian dan Hiperaktif

Merupakan suatu gangguan dimana seorang anak mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian yang disertai dengan perilaku yang hiperaktif.

Oleh sebab itu, beberapa macam gangguan pada tumbuh kembang anak diatas membutuhkan perhatian yang serius dan perlu diatasi sejak dini. Tidak ada salahnya juga agar Anda berkonsultasi pada ahli yang terlatih untuk memastikan bahwa buah hati Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta kesehatan anak juga tetap terjaga.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.taranatureepa.co.id/uploads/2013/04/tumbuh-kembang-anak.jpg
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli

Komentar