Penyebab Sulit HamilBanyak pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tetapi belum juga di beri momongan. Mereka biasanya memiliki berbagai kendala untuk hamil dan memiliki momongan. Maka dari itu, sebaiknya pasangan suami istri yang sulit punya anak segera mencari solusi atas permasalahan sulit hamil tersebut.

Faktor-faktor penyebab terjadinya tertundanya kehamilan atau Penyebab sulit hamil diantaranya adalah :

  • A. Kelainan hormonal pada wanita.

Ada beberapa kelainan hormonal yang menjadi sebab seorang wanita sulit hamil, yaitu :

1) Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan terganggunya siklus haid seorang wanita.
Wanita yang mengalami masalah siklus haid cenderung memiliki kesuburan yang rendah. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas sel telur yang dihasilkan. Padahal sel telur yang kualitasnya rendah akan sulit untuk dibuahi akibatnya wanitapun menjadi sulit hamil karenanya. Wanita yang mengalami masalah ini, disarankan untuk konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan dan terapi penyembuhan.

2) Mengalami kelainan hormonal alergi pada sperma.
Wanita yang mengalami kelainan hormonal alergi sperma  disebabkan karena tubuh wanita tersebut membentuk antibodi setiap dimasuki oleh sperma sehingga terjadi penolakan terhadap sel sperma. Hal ini menyebabkan wanita sulit hamil dan sulit punya anak. Wanita dengan kelainan ini hendaklah melakukan terapi paternal leukocyte immunization yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kelainan hormonal alergi antisperma pada tubuh wanita tersebut.

3) Mengalami Sindroma Ovarium Polikistik.Sindroma Ovarium Polikistik merupakan kelainan hormonal pada pelepasan sel telur yang menyebabkan kacaunya siklus haid seorang wanita. Seorang wanita yang mengalami Sindroma Ovarium Polikistik, hendaknya melakukan terapi diet ketat apabila memiliki riwayat obesitas. Apabila tidak memiliki riwayat obesitas, lakukanlah pemeriksaan pada dokter ahli kandungan untuk mendapat obat yang sesuai dengan kondisi tubuhnya.

  • B. Kualitas sperma yang rendah.

Kualitas sperma yang rendah biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada pembentukan spermatozoa. Selain itu, baik buruknya pola hidup seorang pria bisa mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas sperma.

  • C. Kondisi Psikis

Penyebab susah hamil bisa juga dipengaruhi oleh kondisi psikis suami istri. Hubungan suami istri yang tidak harminis berpeluang menyebabkan terjadinya masalah sulit punya anak.

  • D. Kelainan Alat Kelamin

Kelainan alat kelamin bisa terjadi pada pria dan wanita. Alat kelamin yang tidak normal, tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan terjadinya masalah sulit hamil pada suatu pasangan.

Penyebab susah hamil bisa terjadi pada pria maupun wanita. Pemeriksaan yang intensif pada dokter ahli kandungan dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab sulit punya anak yang terjadi pada pasangan tersebut. Sehingga dapat dilakukan terapi dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

(Diambil dari berbagai sumber)