Imunisasi BCGBCG adalah imunisasi untuk mencegah penyakit tuberkolosis. Suntikan BCG berisi kuman yang dilemahkan. Artinya, meskipun kuman yang diberikan masih hidup, tetapi tidak akan menimbulkan sakit, dan justru akan menciptakan sistem pertahanan terhadap penyakit tuberkolosis. Timbulnya benjolan di ketiak menandakan bahwa respon pertahanan tubuh sedang bekerja. Jadi, membesarnya kelenjar di ketiak masih merupakan proses normal. Apabila tidak terdapat tanda peradangan, seperti kemerahan, nanah, atau nyeri, maka nantinya benjolan akan mengecil dengan sendirinya. Bila ditemukan tanda peradangan, Anda dapat membawanya ke dokter.

Efek Samping Imunisasi BCG

1. Reaksi normal

Bakteri BCG ditubuh bekerja dengan sangat lambat. Setelah 2 minggu akan terjadi pembengkakan kecil merah di tempat penyuntikan dengan garis tengah 10 mm.
Setelah 2 – 3 minggu kemudian, pembengkakan menjadi abses kecil yang kemudian menjadi luka dengan garis tengah 10 mm, jangan berikan obat apapun pada luka dan biarkan terbuka atau bila akan ditutup gunakan kasa kering. Luka tersebut akan sembuh dan meninggalkan jaringan parut tengah 3-7 mm.

2. Reaksi berat

Kadang terjadi peradangan setempat yang agak berat atau abses yang lebih dalam, kadang juga terjadi pembengkakan di kelenjar limfe pada leher / ketiak, hal ini disebabkan kesalahan penyuntikan yang terlalu dalam dan dosis yang terlalu tinggi.

3. Reaksi yang lebih cepat

Jika anak sudah mempunyai kekebalan terhadap TBC, proses pembengkakan mungkin terjadi lebih cepat dari 2 minggu, ini berarti anak tersebut sudah mendapat imunisasi BCG atau kemungkinan anak tersebut telah terinfeksi BCG.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/--3CZPWbbL7I/UxXzOwnhoHI/AAAAAAAAZuQ/bJEQgJMqeEQ/s1600/kl.jpg