Efek Samping Imunisasi BCG

  • 3K
    Shares

Imunisasi BCGBCG adalah imunisasi untuk mencegah penyakit tuberkolosis. Suntikan BCG berisi kuman yang dilemahkan. Artinya, meskipun kuman yang diberikan masih hidup, tetapi tidak akan menimbulkan sakit, dan justru akan menciptakan sistem pertahanan terhadap penyakit tuberkolosis. Timbulnya benjolan di ketiak menandakan bahwa respon pertahanan tubuh sedang bekerja. Jadi, membesarnya kelenjar di ketiak masih merupakan proses normal. Apabila tidak terdapat tanda peradangan, seperti kemerahan, nanah, atau nyeri, maka nantinya benjolan akan mengecil dengan sendirinya. Bila ditemukan tanda peradangan, Anda dapat membawanya ke dokter.

Efek Samping Imunisasi BCG

 

1. Reaksi normal

Bakteri BCG ditubuh bekerja dengan sangat lambat. Setelah 2 minggu akan terjadi pembengkakan kecil merah di tempat penyuntikan dengan garis tengah 10 mm.
Setelah 2 – 3 minggu kemudian, pembengkakan menjadi abses kecil yang kemudian menjadi luka dengan garis tengah 10 mm, jangan berikan obat apapun pada luka dan biarkan terbuka atau bila akan ditutup gunakan kasa kering. Luka tersebut akan sembuh dan meninggalkan jaringan parut tengah 3-7 mm.

2. Reaksi berat

Kadang terjadi peradangan setempat yang agak berat atau abses yang lebih dalam, kadang juga terjadi pembengkakan di kelenjar limfe pada leher / ketiak, hal ini disebabkan kesalahan penyuntikan yang terlalu dalam dan dosis yang terlalu tinggi.

3. Reaksi yang lebih cepat

Jika anak sudah mempunyai kekebalan terhadap TBC, proses pembengkakan mungkin terjadi lebih cepat dari 2 minggu, ini berarti anak tersebut sudah mendapat imunisasi BCG atau kemungkinan anak tersebut telah terinfeksi BCG.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/--3CZPWbbL7I/UxXzOwnhoHI/AAAAAAAAZuQ/bJEQgJMqeEQ/s1600/kl.jpg

  • 3K
    Shares

9 Komentar

  1. Dok saya mau tnya nie…anak saya udh suntik bcg trus muncul benjolan dan bernanah setelah 2 bulan..dan nanahx sepertinya pecah trus anak saya kesakitan di sekitar benjolan…apakah itu normal dok???terima kasih..

    1. Selamat pagi bunda. Anak yang baru diberikan imunisasi BCG biasanya 3 minggu setelah penyuntikan, akan terbentuk luka pada tempat penyuntikan. Luka tersebut akan sembuh dalam 2-3 bulan dengan meninggalkan jaringan parut berdiameter 4-8mm. Terbentuknya luka ini akan menandakan sudah pernah di vaksin BCG dan vaksin berhasil. Namun jika bunda merasa khawatir dengan keadaan lupa anak, sebaiknya konsultasikan pada dokter sehingga bisa lebih jelas. Terima kasih.

  2. Sore dok, 2 hari yg lalu anak km di imunisasi, stlh saya baca2 di internet tdk akan terjadi demam pd anak, yg menjadi membuat sy takut knp anak sy jd demsm dok. Tankd

  3. Artikel yang menarik untuk disimak dan tentunya menambah wawasan akan efek dari imunisasi BCG, tapi efek diatas adalah efek yang normal kan, makasih infonya :)

  4. selamat pagi dokter sy mau tanya apabila terjadi pembengkakan besarnya sepeti gunduh(kelereng) vase 2 bulan setelah vaksinasi bcg apakah itu efek normal????
    dan apabila itu tidak normal tindakan apa yang harus sy lakukan selain konsultasi kedokter spesialis anak.

    Dan apa penyebabnya????

    1. Selama Pagi Bu Nita, Imunisasi BCG dikatakan berhasil bila timbul seperti bisul dan bernanah di tubuh bekas suntikan sekitar pekan ke 4- ke 6 setelah penyuntikan. itu bisa sembuh dengan sendirinya tidak perlu kuatir. Dan sebaiknya jangan diotak-atik nanahnya karena bisa jadi luka dan infeksi.

    1. Terimakasih tanggapannya. Semoga Pondokibu bisa terus memberikan informasi yang bermanfaat.

  5. maaf saya mau tanya kenapa anak saya paha,nya bengkak…setelah imunisasi dapat 10 harian baru kerasa bengkak??
    kenapa itu dok???apa sebab,nya

Komentar