Kesehatan

Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Herbal Masalah Ginjal Anda

daun kumis kucingSalah satu tanaman herbal asli Indonesia yang dikenal ampuh mengatasi batu ginjal yaitu tanaman herbal kumis kucing. Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) memiliki bentuk seperti kumis kucing dengan memiliki tinggi yang bisa mencapai 2 meter dan batang yang agak beralur serta daun yang berbentuk lonjong atau bundar.

Dibalik keunikan tanaman ini ternyata menyimpan khasiat yang sudah teruji mampu mengobati penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan jenis penyakit dalam yang berada pada saluran kemih. Terjadinya pengkristalan batu pada saluran kemih ini disebabkan oleh menumpuknya kadar kalsium, oksalat, dan urid acid dalam cairan urin.

Gaya hidup dewasa ini cenderung mengarah kepada gaya hidup yang tidak sehat. Tuntutan pekerjaan, duduk terlalu lama di depan komputer, jarang bergerak dan terlebih diikuti dengan kurang minum adalah salah satu penyebab batu ginjal. Kurangnya pasokan air bersih menjadikan ginjal kekurangan cairan sehingga ia menyerap air dari darah. Zat-zat yang seharusnya tidak diserap masuk kedalam ginjal dan membentuk pengendapan batu kristal yang menghalangi pembuangan racun dari dalam tubuh.

Tanaman kumis kucing memang telah lama dipakai sebagai peluruh batu ginjal. Daun kumis kucing bersifat anti radang dan memperlancar air seni. Kandungan ortosifonin dan garam kalium (terutama pada daunnya), merupakan komponen utama yang membantu larutnya asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh manusia, terutama dalam kandung kemih, empedu, serta ginjal, sehingga dapat mencegah dan mengatasi pengendapan batu ginjal. Kalium pada kumis kucing berkhasiat diuretik (memperlancar buang air kecil) dan pelarut batu saluran kencing, sedangkan sinensetin berkhasiat sebagai anti bakteri. Kandungan saponin dan tanin pada daun itu juga bisa mengobati keputihan.

Daun kumis kucing, baik yang basah maupun kering, biasanya digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari rematik, encok, sembelit, masuk angin, sipilis, albuminuria, menurunkan kadar gula darah, dan dapat mengobati penyakit batu ginjal.

Hasil penelitian yang dilakukan di berbagai negara Asia terhadap khasiat kumis kucing membuktikan bahwa 40% pasien dari 23 penderita batu ginjal, mengalami penyusutan ukuran batu ginjal hingga 0,5 cm setelah mengkonsumsi herbal ini secara rutin.kapsul Herba Kumis Kucing

Maka dari itu, mulai sekarang Anda patut mencoba ramuan kumis kucing sebagai obat herbal masalah ginjal Anda. Dengan pengobatan herbal yang murah, praktis dibuat serta tanpa menimbulkan efek samping. Anda cukup menyiapkan daun kumis kucing untuk direbus, kemudian minum air rebusannya secara berkala. Namun jangan lupa juga untuk tetap memeriksakan kondisi tubuh Anda untuk mengetahui apakah batu dalam ginjal sudah luruh atau belum.

Jika Anda belum mengalami sakit batu ginjal maka mulai dari sekarang sebaiknya Anda mulai membiasakan hidup sehat agar Anda terhindar dari penyakit batu ginjal. Meminum air yang cukup adalah keharusan untuk mengatasi kekurangan cairan yang habis karena aktifitas kita sehari-hari. Dengan sedikitnya 2,5 liter air perhari maka kinerja ginjal berjalan dengan normal dalam proses metabolisme dalam tubuh yang mengeluarkan racun melalui air seni. Selain itu, Anda bisa mengatasi masalah ginjal dengan daun kumis kucing. Herbal kumis kucing bisa Anda konsumsi dalam keadaan segar yang dibuat ramuan atau bisa juga Anda konsumsi dalam kemasan praktis seperti kapsul herba kumis kucing. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-gQ-aZqtIxfI/UclR1tU-BAI/AAAAAAAAACo/C9aYd36GS50/s320/Manfaat-kumis-kucing.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/05/Herba-Kapsul-Kumis-Kucing.jpg