Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium Pada Wanita

ciri-ciri kista ovariumPenyakit kista merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditemukan pada kaum wanita menjelang masa menopause dan pascamenopause. Penyakit kista ovarium juga beresiko pada mereka yang sedang menjalani terapi sulih hormon. Oleh sebab itu, para wanita yang memiliki faktor terkena resiko penyakit kanker ovarium ini sebaiknya melakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk mencegah munculnya serta tumbuhnya kista ovarium. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang diawetkan serta minuman yang mengandung alkohol.

Ciri-Ciri Kista Ovarium

Kista ovarium adalah sebuah tumor jinak yang berbentuk seperti kantung kecil berisi cairan yang dapat berkembang di dalam ovarium maupun indung telur wanita. Kebanyakan dari penyakit kista merupakan penyakit yang tidak berbahaya, namun dari beberapa obat yang dikonsumsi oleh penderita dapat menimbulkan masalah seperti kista yang pecah, nyeri haid, pendarahan sampai kepada penyakit yang serius seperti batang ovarium yang melilit, ketidaksuburan, gangguan kehamilan sampai dengan kista endometriosis. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit kista ovarium pada wanita yang perlu Anda ketahui.

  1. Keluhan rasa nyeri ketika menjelang masa haid atau pada saat haid. Beberapa penderita penyakit kista ovarium bahkan ada yang bisa sampai pingsan pada saat haid karena tidak tahan menahan rasa sakitnya.
  2. Nyeri perut, tepatnya pada bagian bawah.
  3. Darah haid yang keluar sangat banyak atau juga justru terlalu sedikit.
  4. Sering merasa ingin buang air besar atau buang air kecil karena jaringan kista yang terus membesar akan semakin menekan kandung kemih sehingga tidak bisa menampung banyak air seni.
  5. Pada keadaan yang semakin lanjut dapat teraba berupa benjolan di daerah perut.
  6. Perubahan pola haid, misalnya haid terlambat atau terjadi pendarahan di antara periode haid.
  7. Pendarahan pada organ intim wanita secara hebat dan tidak teratur.
  8. Nyeri perut yang hebat di sertai dengan rasa mual dan muntah-muntah.
  9. Pembesaran pada perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung menyebabkan tubuh makin besar.
  10. Rasa sakit seperti di gigit semut pada bagian bawah perut kanan dan kiri secara bergantian.
  11. Keluhan rasa sakit pada pinggang belakang.
  12. Sakit pada saat melakukan hubungan intim.
  13. Jika kista pecah misalnya pada saat berhubungan seksual maka penderita kista ovarium  akan merasakan nyeri yang bertambah jika melakukan aktivitas fisik.

Itulah beberapa ciri-ciri penyakit kista ovarium yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kanker ovarium dan kanker serviks, oleh sebab itu ketahuilah cirri-ciri penyakit kista dan obati sedari dini, karena akan sangat berbahaya bilamana kista sudah menjadi kanker. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/09/nyeri-haid-bisa-berujung-infertilitas.jpg

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Rp 200.000 Beli

Komentar