Cerdas Menyikapi Lingkungan Bermain Anak

cerdas menyikapi lingkungan bermainTetangga merupakan saudara terdekat kita di lingkungan tempat tinggal. Karenanya, lingkungan tetangga kita juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak kita. Jika lingkungan tetangga baik dan kondusif, maka anak kita berada di tempat yang tepat untuk melengkapi trilogi pendidikan, yakni sekolah, keluarga, dan lingkungan.

Pentingnya pendidikan dari lingkungan tempat kita tinggal menjadikan kita harus benar-benar cerdas dalam mencermati kondisi sekitar kita agar anak kita terjaga dari kemungkinan lingkungan yang buruk. Berikut ini ada beberapa cara menyikapi lingkungan sekitar tempat tinggal kita secara cerdas :

1. Suruhlah anak Anda untuk bergaul dengan teman-teman yang ada di sekitar rumahnya, jangan biarkan dia hanya di rumah terus, dengan catatan lingkungan temannya kondusif dan tidak dominan pengaruh buruknya.

Teladan kita Nabi Muhammad SAW bahkan sangat menekankan kita untuk bertetangga yang baik, bahkan memuliakannya. Bagaimana kita akan memuliakan tetangga, atau mendidik anak untuk memuliakan tetangga, jika kita tidak mengenal dan sering bergaul dengan mereka? Inilah yang sedang mulai luntur di daerah perkotaan. Bahkan tetangga sebelah tidak mengenal. Apakah ada ajaran Nabi Muhammad SAW untuk itu? Untuk itulah, sesibuk apapun kita sebaiknya kita harus aktif di lingkungan masyarakat kita. Bagaimana mungkin kita menghendaki anak kita mendapat lingkungan yang baik jika kita tidak berusaha untuk mengkondisikannya? Sedangkan mustahil mengkondisikan lingkungan tanpa kita ikut terlibat di dalamnya.

Jika lingkungan mendukung, maka kemungkinan anak kita untuk mendapat teman-teman yang akan membawanya semakin baik sangat terbuka. Misalnya, di lingkungan kita terkondisikan anak-anaknya rajin TPA dan rajin ke masjid. Maka jika kita anak kita sering bermain dengan mereka, dari yang sebelumnya sulit diajak ke masjid menjadi terbiasa ke masjid karena ikut-ikutan temannya.

2. Ajaklah sesekali teman-teman bermainnya untuk berkunjung ke rumah Anda. Berilah mereka makanan dan fasilitasi mereka untuk bermain. Lalu, apa tujuannya?

Yang pertama adalah Anda akan mengetahui bagaimana perilaku teman-temannya, apakah benar anak-anak yang baik atau ada yang sedikit sulit diatur sehingga Anda dapat menasehati anak Anda bagaimana sebaiknya bersikap kepada teman-temannya.

Yang kedua adalah sesekali Anda dapat memberi nasehat kepada mereka suatu kebaikan, misal dengan bercerita atau memperlihatkan video-video edukatif.

Yang ketiga adalah akan membina hubungan yang antara Anda dengan orang tua teman-teman anak Anda. Jika Anda memperlakukan baik anak maka pasti orang tuanya akan senang. Ini adalah salah satu bentuk memuliakan tetangga.

Itulah beberapa cara cerdas dalam menyikapi lingkungan sekitar tempat kita tinggal, terutama jika lingkungannya kondusif dan baik untuk mendidik anak agar bisa memuliakan tetangga. Lalu, bagaimana jika yang terjadi sebaliknya. Kita harus cerdas menyikapi lingkungan bermain anak. Untuk lebih lengkapnya tunggu di bagian kedua tulisan ini. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-5q_YhDXZSYY/UVMltfODRwI/AAAAAAAAACQ/QHaQ3CeEDgA/s1600/wisata%2Bmurah%2Bpulau%2Bseribu.jpg

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa miring adalah mainan edukatif anak yang bermanfaat sebagai alat bantu menghitung untuk anak. Sempoa ....
Rp 62.000 Beli
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....
Rp 95.000 Beli

Komentar