Cerdas Menyiasati Jadwal Padat Anak Sekolah

menyiasati jadwal anak sekolahAnak-anak bukanlah sebuah mesin yang bisa diisi bahan bakar seenaknya untuk penggunaan yang non-stop pula. Kita sering melihat dan temui keadaan ini terjadi pada anak-anak saat ini, bahkan sejak SD, terutama di perkotaan. Mereka berangakat jam 6 pagi, baru pulang jam 6 malam. Orang kerja pun kalah. Pagi sampai siang mereka mengikuti seabrek pelajaran di rumah, setelah itu ternyata masih ada ekornya.

Les tambahan dari sekolah, les di bimbingan belajar, ekstrakurikuler, les bola, badminton dan seabrek kegiatan lain sudah menjadi makanan harian anak zaman sekarang. Waktu bermain pun semakin sedikit, apalagi untuk mengisi bahan bakar rohani misal dengan ikut Taman Pendidikan Al-Qur’an, menjadi tidak sempat. Apalagi untuk bersosialisasi dengan teman di lingkungan rumahnya.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak yang baik dengan orang tua cerdas menyiasati agar anak sekolah dapat seimbang antara belajar, bermain, mendalami ilmu agama, dan bersosialisasi dengan teman di lingkungan rumah? Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Buatkanlah jadwal untuknya.

Misalkan, pagi sampai siang sekolah, siang langsung pulang, sore ikut TPA, maghrib mengaji, malam belajar secukupnya. Sekolah memenuhi aspek kognisi, TPA memenuhi aspek sosialisasi, afektif dan belajar agama, mengaji aspek spritualitas, belajar malam bisa memenuhi aspek bermain. Lhoh, koq bisa? Silakan baca tulisan Belajar itu harus menyenangkan.

2. Aturlah jadwal lesnya jika Anda tetap menginginkan anak Anda les.

Misal Anda dia ikut les mata pelajaran dan les renang. Anda dapat menjadwalkan cukup 1-2 saja seminggu untuk les mata pelajaran. Untuk renang Anda cukup misalnya seminggu sekali setiap hari minggu. Sisa sore yang dia miliki, biarkan anak gunakan untuk TPA dan juga bermain. Pastikan kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan minat dan bakatnya, jangan paksakan dia untuk melakukan yang tidak disukainya.

3. Berilah ia asupan gizi yang cukup, bila perlu berikan ia suplemen untuk meningkatkan daya tubuh karena padatnya jadwal anak-anak pasti akan sangat menguras fisiknya.

4. Sesekali ajaklah ia untuk berekreasi untuk menghilangkan kepenatan aktivitas sehari-harinya.

5. Berilah dorongan dan motivasi kepadanya agar dia tidak cepat bosan dan jenuh dengan aktivitas kesehariannya. Untuk lebih lengkapnya silakan baca tulisan Hadiah Sebagai Motivasi Belajar Anak.

Demikianlah beberapa cara cerdas menyiasati jadwal padat anak sekolah. Jangan sampai anak kita biarkan layu sebelum berkembang dikarenakan manajemen waktu yang buruk dari orang tuanya. Diforsir saat kecil sehingga saat besar mereka berbuat sesukanya karena merasa tisdak ada tekanan lagi. Semoga kita diberikan kemudahan untuk mendidik anak dengan baik.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://www.pediatricblog.es/uploads/ninos-monopatin-500x333.png

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Puzzle huruf merupakan Mainan Edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tetang abjad. Bermain ....
Rp 90.000 Beli
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....
Rp 95.000 Beli

Komentar