Pernak-pernik

Cempal Gambar Timbul

Untuk mengambil berbagai jenis masakan dari atas pemanas kita para ibu membutuhkan alas agar tangan kita tidak merasa panas saat melakukan hal tersebut. Alas ini biasa dikenal dengan sebutan cempal. Namun jika sudah terlalu tipis mungkin sudah waktunya cempal Anda diganti. Dengan bahan yang minimalis atau sisa potongan kain di rumah yang sudah tidak terpakai, kita bisa membuatnya sendiri dengan mengutak-atik sesuai kreasi kita. Selain bisa menghemat pengeluaran, tentu saja kita bisa mendapatkan sebuah cempal yang cantik dan fungsional.

Bahan :

  • 4 lembar kain bergambar, ukuran 14×14 cm
  • 8 lembar spon, ukuran 14x14x0,5 cm
  • 4 helai pita warna putih, ukuran 15×0,5 cm
  • 1 helai pita warna putih, ukuran 60×0,5 cm
  • jarum dan benang
  • gunting


Cara membuatnya :

1. Satu lembar kain bergambar tumpuk dengan 2 lembar spon. Lakukan hal yang sama dengan sisa kain dan spon.

2. Jahit mengikuiti bentuk gambar sambil benang ditarik sampai gambar pada kain menggembung atau timbul karena terisi spon. Gunting spon yang tidak rapi karena kain mengecil. lakukan hal yang sama pada sisa kain dan spon

3. Satukan kedua cempal setengah jadi dengan posisi spon saling berhadapan. Jahit sedikit bagian tengahnya supaya menyatu dan tidak bergeser. Lakukan hal yang sama pada sisa cempal setengah jadi.

4. Lipat dan jahit sekeliling tepi kain dan spon ke arah dalam. Selipkan 2 helai ujung pita 15×0,5 cm di kanan dan kiri, beri jarak 1 cm. Lakukan hal yang sama dengan sisa cempal.

5. Masukan pita 60×0,5 cm ke dalam lubang jarum dan satukan kedua buah cempal. Jahit bagian tepi atas saja dan sisakan pita untuk cantolan paku.

6. Cara menggunakannya, selipkan jari kedalam pita seperti memegang jepitan. Nah…akhirnya cempal Anda telah berganti dengan cempal yang cantik.

Sumber : saji