Cara Mudah Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

menjaga metabolisme tubuhMetabolisme tubuh manusia akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pernyataan tersebut benar adanya. Meskipun demikian, penurunannya tidak sedrastis apa yang Anda pikirkan. Pada umumnya metabolisme tubuh akan mengalami penurunan sekitar 2 sampai 5 persen tiap dekade.

Sebagian besar orang diberkati dengan sistem metabolisme tubuh yang cukup baik sehingga mereka dapat mengkonsumsi apapun tanpa harus memiliki rasa takut akan mengalami mengalami kegemukan. Namun, sebagian orang lainnya yang memiliki sistem metabolisme tubuh kurang baik mereka membutuhkan diet khusus supaya berat badannya tetap stabil dan kesehatan tubuh tetap terjaga sehingga menjadi lebih bugar.

Untuk mengatasi penurunan metabolisme tubuh dan Anda tetap bisa menjalani rutinitas sehari-hari seperti biasanya, maka berikut ini ada beberapa cara mudah menjaga sistem metabolisme tubuh.

1. Menjaga Pola Makan

Makanlah secara teratur pada pagi, siang dan malam hari. Jika Anda tidak terbiasa dengan makan pagi atau sarapan. Anda bisa mengawali hari Anda dengan minum segelas susu saja atau satu gelas jus buah. Menu makan siang pun perlu Anda perhatikan dan jangan sembarangan. Terapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna dan sebisa mungkin Anda menghindari fast food. Tubuh Anda membutuhkan sumber tenaga, maka carilah sumber tenaga yang terbaik.

2. Penuhi kebutuhan tidur malam Anda

Kurang tidur pastinya akan membuat Anda mudah lelah, mudah marah dan tidak bisa berkonsentrasi. Usahakan untuk tidur malam minimal 7 jam. Jika porsi tidur ini belum dapat terpenuhi, maka cobalah mengganti waktu tidur malam Anda dengan istirahat siang.

3. Hindari stress

Stres dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan metabolisme tubuh Anda akan melemah. Stres juga bisa memudahkan penyakit masuk ke dalam tubuh Anda dan memperlambat proses penyembuhan. Oleh sebab itu luangkan sedikit waktu Anda untuk berbincang-bincang dengan sahabat atau hang out ke tempat-tempat favorit Anda. Jadilah sebagai seseorang yang selalu diliputi perasaan bahagia.

4. Olahraga teratur

Melakukan olahraga secara teratur tentu saja dapat meningkatkan kesegaran tubuh Anda. Lakukan olahrag ringan seperti jogging, bersepeda dan lain sebagainya bersama teman dan keluarga dengan penuh suka cita. Karena olahraga yang dilakukan dengan terpaksa tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik secara maksimal bagi kesehatan tubuh.

5. Banyak mengkonsumsi air putih

Tips ini mungkin sudah biasa Anda dengar yaitu minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. 2 liter atau 8 gelas air putih yang kita konsumsi setiap hari ternyata dapat mengatur suhu tubuh, aliran darah serta menyebarkan gizi ke seluruh bagian tubuh Anda. Jadi tidak ada ruginya jika Anda membiasakan diri dengan mengkonsumsi air putih setiap hari dengan takaran yang tepat.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.voguebeds.co.uk/assets/sports/_resampled/resizedimage600329-Fotolia43285504S.jpg
Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu asli al-shifa merupakan madu asli yang langsung diimpor dari Saudi Arabia. Madu asli al-shifa ....
Rp 100.000 Beli
Extra Food, Minuman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

Extra Food, Minuman Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

Extra food merupakan minuman herbal untuk kesehatan tubuh yang terbuat dari sinergi 21 macam buah ....
Rp 80.000 Beli

Komentar