Kecantikan, Perawatan Tubuh

Cara Menjaga Kecantikan Kulit Ketika Berpuasa

merawat kulit saat puasaSelama menjalankan Ibadah puasa, tubuh kita pastinya akan kurang mendapatkan asupan cairan sehingga tidak jarang Anda mengalami masalah kulit kering, kusam bahkan pecah-pecah. Cairan adalah suatu zat yang penting bagi tubuh sehingga harus terpenuhi kebutuhannya sepanjang hari. Selain dapat mengurangi kecantikan kulit, kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat menyebabkan pencernaan tidak normal, sakit pinggang dan juga kekentalan darah. Padahal ketika kita sedang berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan haus dan juga lapar.

Untuk menghindari segala kemungkinan buruk tersebut terjadi pada diri Anda dan puasa kita juga tetap dapat berjalan dengan baik. Maka, berikut ini adalah cara menjaga kecantikan kulit ketika berpuasa agar kelembaban dan kesegaran kulit tetap terjaga dengan baik.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Buah

Tubuh kita sangat membutuhkan air dan juga buah-buahan. Rasulullah juga menyarankan kepada kita semua untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sedikit mengurangi daging. Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan ketika berpuasa maka kita telah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit karena buah akan menyuplai air ke dalam tubuh kita saat sedang berpuasa.

2. Memenuhi Asupan Vitamin

Arti kata memenuhi asupan vitamin disini adalah masih dalam batas normal saja, jangan sampai kita mengkonsumsinya sampai berlebihan. Pastikan bahwa Anda cukup mengkonsumsi vitamin A, C dan juga E untuk menghaluskan kulit dan juga menjaga kecantikan kulit. Vitamin yang dihasilkan dari buah-buahan adalah vitamin terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit kita.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah air putih secukupnya pada saat sahur. Proporsi yang ideal adalah 5 gelas pada saat berbuka dan 3 gelas pada saat sahur. Jika tubuh cukup mendapatkan asupan air maka kelembabannya akan terjaga dan sangat efektif menghaluskan kulit.

4. Jangan Mandi Dengan Air Hangat

Air hangat memang baik untuk membersihkan serta mengangkat sel kulit yang mati. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa mandi menggunakan air hangat juga dapat menghilangkan lemak pada lapisan epidermis kulit sehingga bisa menyebabkan kulit kering dan kusam. Oleh sebab itu, selama Anda menjalankan Ibadah puasa sebaiknya Anda mandi menggunakan air dingin. Untuk mengangkat sel kulit mati, Anda dapat menggunakan bantuan scrub.

5. Menggunakan Pelembab Setiap Selesai Mandi

Kenapa harus menggunakan pelembab setelah mandi? Karena, pelembab dapat bermanfaat untuk menahan air yang ada pada kulit setiap sehabis mandi. Air pada kulit tidak akan mudah menguap sehingga dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Untuk menghindari masalah kulit kering saat berpuasa maka gunakan pelembab yang mengandung air (berbasis air).

6. Tetap Rajin Olahraga

Olahraga boleh dilakukan saat Anda sedang berpuasa, namun jika kondisi kesehatan tubuh Anda memungkinkan atau tidak terlalu lemas. Olahraga yang dilakukan disini adalah olahraga ringan, misalnya bersepeda sore sambil menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga baik untuk melancarkan peredaran darah serta melemaskan otot yang kaku. Jika peredaran darah pada saat berpuasa lancar maka oksigen mampu disalurkan ke sel-sel kulit sehingga kulit kering menjadi lebih sehat dan segar.

Itulah beberapa cara menjaga kecantikan kulit ketika sedang berpuasa, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://ww4.hdnux.com/photos/12/41/76/2760615/3/628x471.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Nano Spray I Beauty  Untuk Perawatan Kulit Wajah

Nano Spray I Beauty Untuk Perawatan Kulit Wajah

Nano spray i beauty atau biasa disebut juga dengan beauty nano mist adalah alat untuk ....
Body Scrub Bali Ratih, Untuk Perawatan Kulit

Body Scrub Bali Ratih, Untuk Perawatan Kulit

Bali Ratih Body Scrub merupakan produk perawatan kulit berbentuk lulur tradisional yang terbuat dari bahan ....