tidur bayi,kualitas tidur bayiKualitas tidur bayi sangat berpengaruh pada pertumbuhan bayi.  Pada saat tidur bayi mengalami perbaikan sel otak dan produksi hormon pertumbuhan. Oleh karenanya, kualitas tidur bayi perlu dijaga. Kualitas tidur buah hati dapat dilihat dari cara tidurnya, kenyamanan tidur dan pola tidur.Jika Anda seringkali terbangun di malam hari karena bayi kurang nyenyak tidur, maka perlu dilakukan beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas tidur bayi, diantaranya adalah:

1. Berikan tempat tidur atau ruang tidur yang nyaman
Tempat tidur yang bersih, nyaman, tidak terlalu panas ataupun dingin serta tidak terlalu bising akan memberikan ketenangan pada bayi. Bayi akan mudah tertidur ketika waktu tidur tiba.

2. Penuhi kebutuhan bayi sebelum tidur
Berikan makanan atau minuman bayi Anda, jangan biarkan bayi merasa lapar ketika menuju ke tempat tidur. Kenakan baju yang nyaman, baju yang enak dikenakan akan membantu bayi lebih rileks dan tidak mudah terbangun dari tidurnyaCara menidurkan bayi juga penting memperhatikan kebersihan tubuh bayi, selain itu periksa bayi apakah telah buang air kecil atau buang air besar sebelum tidur, tukar dan bersihkan popok agar bayi merasa cukup nyaman beranjak ke tempat tidur.

3. Biasakan tidur dengan teratur
Sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh yang baik pada anak. Biasakan tidur tidak terlalu malam dan pada jam yang tetap. Sekitar jam delapan atau jam sembilan malam, merupakan saat yang tepat untuk memulai waktu tidur bayi. Jangan biasakan bayi begadang atau tidur larut malam, hal ini akan menyebabkan bayi mudah lelah dan gampang emosi.

4. Beri ciuman
Mungkin terkesan sepele dalam cara menidurkan bayi. Memberikan ciuman sebelum tidur pada bayi akan memberikan rasa nyaman dan kasih sayang. Bayi yang merasa nyaman akan mudah untuk terlelap.

6. Mengetahui waktu tidur bayi

Waktu tidur bayi tidaklah sama satu dengan yang lain, tergantung dari umur sang bayi. Untuk bayi yang berumur 0-2 bulan jumlah tidur yang diperlukan sekitar 11-18 jam/hari. Untuk anak yang berumur 2-12 bulan waktu tidur yang diperlukan sekitar 14-15 jam/hari. Anak dengan umur 1-3 tahun memerlukan waktu tidur sekitar 12-14 jam/hari. Dan untuk anak dengan usia 3-5 tahun waktu tidur yang diperlukan sekitar 11-13 jam.

 (Dari Berbagai Sumber)

http://seputaranak.com/wp-content/uploads/2010/10/meningkatkan-kualitas-tidur-bayi1.jpg