daun sirsak untuk obatDaun sirsak adalah salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit, salah satunya banyak dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kanker. Dalam daun sirsak banyak terkandung zat aktif dimana salah satunya bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker, menaikkan sistem imun tubuh serta mengurangi efek yang ditimbulkan dari penyakit kanker.

Cara penggunaannya pun secara sederhana yaitu merebus daun sirsak atau secara modern dengan mengambil ekstak dari daun sirsak. Tubuh akan mendapatkan manfaat dari air rebusan/ ektrak daun sirsak ini bila dikonsumsi secara rutin dan teratur. Bagaimana sebenarnya cara mengolah daun sirsak menjadi obat, khususnya untuk mengatasi penyakit kanker? Pengolahannya pun tidak terlalu sulit, berikut kami informasikan 3 cara mengolah daun sirsak menjadi obat yang bisa Anda coba dari rumah.

Cara pertama dengan memanfaatkan daun sirsak kering antara 10-15 lembar yang kemudian direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa menjadi 1 gelas rebusan. Adapun proses perebusan dilakukan dalam waktu 1 hingga 1,5 jam. Perlu juga diketahui bahwa proses pengeringan daun sirsak sebaiknya dilakukan bukan dibawah sinar terik matahari, karena hal ini dikhawatirkan akan merusak senyawa yang terdalam didalam daun sirsak.

Cara kedua dapat dilakukan dengan merebus 10-15 lembar daun sirsak basah dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Pada saat merebus sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Air rebusan diminum selagi masih hangat setiap hari,  pagi atau sore hari selama 3-4 pekan.

teh sirsakCara ketiga mengolah daun sirsak menjadi obat kanker dapat dilakukan dengan memblender 3-5 lembar daun sirsak basah dengan menambahkan 1/4 gelas air (50 cc) air hangat untuk membantu proses penghancuran. Sebelum diblender, daun sebaiknya dipotong menjadi 3-4 bagian agar lebih cepat hancur. Setelah hancur, masukkan daun ke wadah dengan penutup rapat, lalu tambahkan 1 gelas air panas ke dalamnya dan aduk sampai rata.Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu saring olahan untuk diambil airnya dan minum selagi hangat. Bila tidak ada blender, pengolahan daun sirsak bisa juga dengan cara digerus menggunakan cobek dengan teknik pengolahan yang sama dengan cara diblender.

Demikianlah berbagai cara mengolah daun sirsak menjadi obat, khususnya untuk pengobatan penyakit kanker. Anda bisa mencoba cara tersebut atau bagi Anda yang ingin praktis bisa langsung mengkonsumsi produk herbal yang berbahan dasar daun sirsak seperti Kapsul Minyak Daun Sirsak, Kapsul Daun Sirsak, Teh Sirsakti yang ampuh membunuh berbagai penyakit kanker. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar :
1. http://obattradisionalkankerhati.net/wp-content/uploads/2012/04/daun-sirsak.jpg
2. http://mahkotadewa.co.id/shop/wp-content/uploads/wpsc/product_images/sirsakti-2.jpg