Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Anak

obati sakit gangguan mata pada anakSakit mata tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi bisa juga menyerang pada anak-anak. Mata anak-anak tergolong sangat mudah teriritasi. Sakit mata pada balita atau bayi sering kali dikhawatirkan para orang tua, Penyakit mata yang ditandai mata berair, merah-merah, dan ada kotorannya, dapat disertai gatal-gatal dan rasa silau. Sakit mata bisa pada satu bagian saja atau bahkan keduanya. Sakit mata yang sering menyerang pada anak-anak seperti penyakit konjungtivitis. Konjungtivitis adalah peradangan selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Penyakit mata ini sudah biasa terjadi dan biasanya tidak serius. Penyebab penyakit konjungtivitis pada anak yaitu:

  1. Adanya kontak dengan orang yang terinfeksi konjungtivitis baik melalui sentuhan, batuk dan bersin
  2. Memegang benda yang terkontaminasi
  3. Kontak dengan cairan yang keluar dari mata penderita konjungtivitis
  4. Saat musim panas, konjungtivitis dapat menyebar ketika anak-anak berenang di air yang terkontaminasi atau berbagi handuk yang terkontaminasi

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi (virus atau bakteri) atau oleh reaksi alergi. Namun tidak dapat dipastikan infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus, bakteri atau alergi, karena sama-sama menyebabkan mata merah dan terjadi pembengkakan pada konjungtiva. Gejala biasanya berkembang dalam waktu 24 hingga 72 jam menjadi terinfeksi dan biasanya sembuh antara dua hari sampai tiga minggu.

Ciri-ciri / gejala konjungtivitis :

  1. Ada kemerahan di balik kelopak mata dan menyebar sampai bagian putih mata
  2. Mata menjadi bengkak
  3. Keluar air mata yang berlebihan
  4. Keluarnya cairan pada mata yang mengering (‘belek’) yang menyebabkan terjadinya pengerasan kulit di sekitar kelopak mata
  5. Photopobia (tidak suka melihat lampu yang terang)

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Anak

Berikut ini adalah cara mengobati sakit mata pada anak antara lain:

• Sakit mata karena virus (Viral Conjunctivitis)

Tidak ada pengobatan khusus, itu akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Pembersihan lembut pada mata dengan bola kapas (1 bola kapas untuk 1 mata) yang dibasahi air hangat dapat membantu mereka merasa lebih baik. Bersihkan dalam satu arah saja (baik terhadap hidung dari luar ke dalam, atau menjauh dari hidung, mana yang lebih mudah) dan membuang bola kapas setiap selesai untuk mencegah kontaminasi ulang. Jangan membersihkan bagian dalam kelopak mata karena dapat menyebabkan kerusakan conjuctiva atas.

• Sakit mata karena bakteri (Bacterial Conjunctivitis)madu syifa kids mata sehat

Untuk mengobati sakit mata yang disebabkan oleh bakteri mungkin diperlukan salep antibiotik atau obat tetes mata dari dokter Anda. Pengobatan harus diterapkan pada kedua mata, bahkan jika hanya satu mata yang tampaknya terinfeksi.

• Sakit mata karena alergi (Allergic Conjuctivitis)

Mengobati sakit mata yang disebabkan alergi dapat dibantu dengan perawatan yang digunakan dalam kondisi seperti antihistamin misalnya demam.

Segera hubungi dokter jika anak Anda mengalami rasa sakit yang teramat pedih, terjadi masalah penglihatan, peningkatan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di kelopak mata dan sekitar mata, serta demam (panas melebihi 38 derajat celcius)

Yang perlu Anda ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan air sabun hangat sesering mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain. Jika anak Anda mengalami sakit  mata, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan suplemen untuk mata seperti syifa kids mata sehat.

sumber gambar:
1. http://media.viva.co.id/thumbs2/2009/02/20/65937_mata_anak_663_382.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2012/04/maduherbalanakmata1.jpg

PENTING UNTUK DILIHAT :

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Herbal Syifa Kids Mata Sehat merupakan formula nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang ....