Cara Mengobati Sakit Mata Pada Anak

obati sakit gangguan mata pada anakSakit mata tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi bisa juga menyerang pada anak-anak. Mata anak-anak tergolong sangat mudah teriritasi. Sakit mata pada balita atau bayi sering kali dikhawatirkan para orang tua, Penyakit mata yang ditandai mata berair, merah-merah, dan ada kotorannya, dapat disertai gatal-gatal dan rasa silau. Sakit mata bisa pada satu bagian saja atau bahkan keduanya. Sakit mata yang sering menyerang pada anak-anak seperti penyakit konjungtivitis. Konjungtivitis adalah peradangan selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Penyakit mata ini sudah biasa terjadi dan biasanya tidak serius. Penyebab penyakit konjungtivitis pada anak yaitu:

  1. Adanya kontak dengan orang yang terinfeksi konjungtivitis baik melalui sentuhan, batuk dan bersin
  2. Memegang benda yang terkontaminasi
  3. Kontak dengan cairan yang keluar dari mata penderita konjungtivitis
  4. Saat musim panas, konjungtivitis dapat menyebar ketika anak-anak berenang di air yang terkontaminasi atau berbagi handuk yang terkontaminasi

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi (virus atau bakteri) atau oleh reaksi alergi. Namun tidak dapat dipastikan infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus, bakteri atau alergi, karena sama-sama menyebabkan mata merah dan terjadi pembengkakan pada konjungtiva. Gejala biasanya berkembang dalam waktu 24 hingga 72 jam menjadi terinfeksi dan biasanya sembuh antara dua hari sampai tiga minggu.

Ciri-ciri / gejala konjungtivitis :

  1. Ada kemerahan di balik kelopak mata dan menyebar sampai bagian putih mata
  2. Mata menjadi bengkak
  3. Keluar air mata yang berlebihan
  4. Keluarnya cairan pada mata yang mengering (‘belek’) yang menyebabkan terjadinya pengerasan kulit di sekitar kelopak mata
  5. Photopobia (tidak suka melihat lampu yang terang)

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Anak

Berikut ini adalah cara mengobati sakit mata pada anak antara lain:

• Sakit mata karena virus (Viral Conjunctivitis)

Tidak ada pengobatan khusus, itu akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Pembersihan lembut pada mata dengan bola kapas (1 bola kapas untuk 1 mata) yang dibasahi air hangat dapat membantu mereka merasa lebih baik. Bersihkan dalam satu arah saja (baik terhadap hidung dari luar ke dalam, atau menjauh dari hidung, mana yang lebih mudah) dan membuang bola kapas setiap selesai untuk mencegah kontaminasi ulang. Jangan membersihkan bagian dalam kelopak mata karena dapat menyebabkan kerusakan conjuctiva atas.

• Sakit mata karena bakteri (Bacterial Conjunctivitis)madu syifa kids mata sehat

Untuk mengobati sakit mata yang disebabkan oleh bakteri mungkin diperlukan salep antibiotik atau obat tetes mata dari dokter Anda. Pengobatan harus diterapkan pada kedua mata, bahkan jika hanya satu mata yang tampaknya terinfeksi.

• Sakit mata karena alergi (Allergic Conjuctivitis)

Mengobati sakit mata yang disebabkan alergi dapat dibantu dengan perawatan yang digunakan dalam kondisi seperti antihistamin misalnya demam.

Segera hubungi dokter jika anak Anda mengalami rasa sakit yang teramat pedih, terjadi masalah penglihatan, peningkatan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di kelopak mata dan sekitar mata, serta demam (panas melebihi 38 derajat celcius)

Yang perlu Anda ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan air sabun hangat sesering mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain. Jika anak Anda mengalami sakit  mata, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan suplemen untuk mata seperti syifa kids mata sehat.

sumber gambar:
1. http://media.viva.co.id/thumbs2/2009/02/20/65937_mata_anak_663_382.jpg
2. http://pondokibu.com/uploads/2012/04/maduherbalanakmata1.jpg

PENTING UNTUK DILIHAT :

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Herbal Syifa Kids Mata Sehat merupakan formula nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang ....
Rp 45.000 Beli

29 Komentar

  1. Siang dr, anak saya umur 4 thn matanya terkena percikan bubuk coklat untuk minuman coklat. Sudah saya cuci matanya sehingga tidak ada bubuk coklat. Bahayakah nantinya? Apa yg hrs saya lakukan?

  2. dok anak saya berumur 2,5 thn matanya selalu berair dan belekan tiap pagi matanya rapet…gatal tpi matanya tidak merah..sudah coba obat tetes mata dari dokter anak tpi ga ada perubahan…bagaimana solusinya dok…terimakasih

  3. Dok, ank saya matanya sakit kena culek,
    Smpai memerah dan bengkak, ktnya terasa pedih dan sakit,
    Apakah obat yng ccok untuk anak saya

    1. Selamat pagi bunda, terimakasih sudah berkunjung ke web kami. Terkait dengan pertanyaan seputar sakit mata pada anak, ada banyak sekali faktor penyebabnya. Bunda tentu berharap yg terbaik untuk si kecil. Obat/ penanganan yang tepat, tentu berdasarkan diagnosa yang tepat. Diagnosa yang tepat hanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan secara langsung pada pasien, tidak bisa hanya dilakukan melalui fasilitas tanya-jawab semacam ini. Apa yang kami informasikan melalui website ini, ditujukan untuk bahan informasi awal bagi pembaca. Mohon maaf jika tidak semua pertanyaan dapat kami jawab seperti yang anda sekalian inginkan, terimakasih, semoga berkenan.

  4. Dok, mau nanya anak saya umur 20 bulan udaj 4 hari mata nya belekan terus dok bnyak, smpe kalo bangun tdr lengket, obat ap yg cocok buat anak saya umur 20 bulan ya dok.

  5. selamat Pagi Dok,
    mau konsultasi, anak saya usia 2 thn kurang seminggu, sudah 2 hari demam setiap sore sekitar jam 4 dan disertai tahi mata(belekan)keluar. untuk menurunkan demam saya berikan paracetamol anak.
    mohon solusi dan altenatif untuk pengobatan di rumah.

  6. dok saya mau tanya anak saya 10 bulan. matany bengkak saja tapi kalau tidur belekan juga..udah dkasih obat tetes tapi gimana ya dok.. tapi ngak merah matanya

  7. malam dok,anak saya umur 3th dri tadi pagi mata kanan nya berair & kluar belek,sebaik nya obat apa dok yg hrs saya kasih ke dokter.trimakasih..

  8. Sore dok. Anak saya sakit mata udah hampir seminggu gak sembuh* terus dari mata ngluarin bercakan darah. Ni hrua gmn y dok. Bayi saya mau sebulan. Mksih y dok .

  9. Dok saya mau tanya, belakangan ini anak saya sering mengucek2 matanya apalagi saat mau tidur dia seperti merasa risih dan gatal jika tidak di garuk dia akan menangis mungkin karna itu agak sakit.
    Lalu ada apa dengan mata anak saya dok rasa gatal itu lebih sering ketika dia hendak tidur .trimakasih

  10. Selamat sore Dok
    Ketika memang anak kita mengalami sakit mata, apakah sebaiknya kita ke dokter spesialis anak atau ke spesialis mata ?
    terima kasih :)

  11. Pagi dok saya mau tanya anak saya umur 2.2 tahun tiba” dia terkena sakit mata tapi di sekitar lingkungan tidak ada yang sakit mata udh 2 hari tapi dihari ke 2 anak saya kok jd demam y dok.mohon info nya terima kasih dok

    1. selamat pagi,
      sakit mata tidak hanya bisa disebabkan disekitarnya ada orang yang sakit mata atau tidak, banyak penyebabnya bisa jadi terkena debu, tangan saat pegang mata tidak steril atau yang lainnya bisa saja menyebabkan mata iritasi,bila anak panas berarti daya tahan tubuh anak sedang menurun dan gampang terkena virus atau bakteri,segera periksakan mata anak anda ke dokter mata terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimakasih

  12. Selamat pagi dok, anak saya laki-laki umur 5 tahun 22 hari, saya perhatikan anak saya kalo setiap kali batuk pilek mesti matanya ikut beleken dok,matanya merah , keluar banyak air sampe agak bengkak dan pagi hari mesti lengket ga bisa membuka mata. Apakah beleken ada hubungannya dengan batuk pilek dok?kalo melakukan pengompressan sebaiknya dengan air hangat apa dingin ya dok?mohon penjelasannya dan trimakasih dok

    1. Selamat pagi bunda. Kompres paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh anak adalah dengan air hangat. Karena, bila tubuh dikompres dengan air hangat, pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Tubuh pun akan menurunkan suhunya secara otomatis. Untuk kondisi mata yang selalu mengeluarkan belek setiap sedang batuk sebaiknya konsultasikan pada dokter agar dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan secara tepat. Terima kasih dan semoga lekas sembuh.

  13. selamat malam dok. anak saya sudah 1 minggu matanya bengkak,tapi skarang sudah mendingan. tapi malah banyak belek nya. trus berair sma merah jga. sya bingung hrus ngobatin gmna. mohon solusinya ya dok.

    1. Selamat pagi. Jika kondisi mata anak sudah lebih dari 3 hari atau bahkan sudah satu minggu mengalami bengkak dan juga mengeluarkan kotoran mata atau belek, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata karena ada kemungkinan mata anak mengalami infeksi. Dengan melakukan pemeriksakan ke dokter spesialis mata maka dapat diketahui penyebabnya dan akan mendapatkan pengobatan secara tepat. Semoga lekas sembuh.

  14. malem dok , mau tanya anakku udah seminggu sakit mata.. sudah ke dokter dan dikasih obat tetes mata tapi sampe skrang blum smbuh juga dok.. sampai skrg sy cek matanya ada merah2 di mata anak sya yg warna putih.. mhon bantuannya dok..

    1. Selamat pagi bunda, sebaiknya anak dibawa kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi sehingga mendapatkan perawatan lebih tepat tentunya dibawah pengawasan dokter. Terima kasih.

  15. dok saya mau tanya.. kenapa ya mata anak saya baru kemarin sembuh di operasi kecil ada bintil kecil di bawah kelopak mata kanan.. ech sekarang ada lagii dii atas dalam kelopak mata kanan juga.. awalnya gejala kelopak mata anak saya merah truss di sertai luka seperti sariawan pada bibir.. lama lama mateng seperti bisul ada nanah kecil.. tapi matengnya ke dalem kelopak bukan di luar kelopak.. itu cara pengobatannya gimana yaa dok.. apakah bahaya. saya kasih obat tetes mata resep dokter.. sya ingin kelopak mata anak saya kembali putih bersih.. anak saya berumur 3,7 thn. trimakasih

    1. Selamat pagi. Dengan kondisi anak yang seperti itu sebaiknya segera periksakan ke dokter mata untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan secara tepat. Untuk bisa menentukan bahaya atau tidaknya suatu penyakit harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Terima kasih.

  16. bun saya mau Tanya bahaya gk kalo sakit mata d tutup pakek kapas Dan d hansaplas,?? Krna tkt tmbah iritasi kalo trkena debu,

    1. Selamat pagi. Sebaiknya setiap tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata dilakukan atas persetujuan dokter. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mata sehingga tidak akan ada kesalahan dalam perawatan. Terima kasih.

  17. Anak saya usia 3,8 thn ,td sore pas mau ngaji matany keluar kotoran putih, tidak biasa nya dan itu agak banyak,,saya pikir lap aja , sampai abis pulang ngaji pun masih keluar kotoran putih, terus sya kasih obat tetes cendro xitrol ,ko blm sembuh juga,, sampai skrg tidur pun keluar kotoran, tp tidak merah, jadi ny keluar ingus juga , bagaimana solusinyA? Apa besok perlu bawa ke dokter anak jika blm ada perubahan juga?

    1. Selamat pagi. Jika kondisi mata anak masih mengeluarkan kotoran putih setelah lebih dari 24 jam, sebaiknya segera bawa anak ke dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan. Dengan begitu akan diketahui apa yang menjadi penyebab keluarnya kotoran mata secara berlebihan dan mendapatkan pengobatan secara tepat. Terima kasih.

    2. dok mau anak saya usia nya skrang 8bulan, dari bayi sudah matanya belekan sampai sekarang. sudah diperiksakan dibidan dokter umum spesialis anak, n dapat obat tetes tapi tak kujung sembuh juga, mohon pencerahannya terimakasih

Komentar