Cara Menghadapi Anak Suka Merebut Barang

cara-menghadapi-anak-suka-merebut-barang

Anak – anak biasanya memang senang bermain bersama teman sebaya. Apalagi jika anak biasanya memiliki mainan atau barang kesayangan mereka sendiri mereka gunakan untuk bermain dan kadangkala anak lain juga menyukai mainan tersebut. Dan bisanya anak akan merebut mainan atau barang tersebut tanpa meminjamnya. Nah bagaimana jika anda menghadapi situasi teresbut? berikut ini ada beberapa cara menghadapi anak suka merebut barang.

1. Segera bertindak

Segeralah mengambil tindakan jika anak anda merebut barang temannya. Jangan sampai anak yang memiliki mainan tersebut menangis. Beri pengertian pada anak anda bahwa merebut mainan milik teman nya itu tidak boleh dan merupakan perbuatan yang buruk. Anda bisa mengambil mainan yang sudah diambil anak anda dengan mainan lainnya agar anak anda juga tidak menangis.

2. Meminta maaf

Katakan pada anda bahwa harus mengembalikan mainan milik temannya dan segera meminta maaf.  Beri pengertian pada anak anda bahwa merebut mainan milik orang lain itu merupakan hal yang salah. Dan dengan meminta maaf pada orang lain maka pertemanan mereka akan kembali lagi seperti sedia kala.

3. Puji perilaku baik anak

Anak – anak pada dasarnya masih belum mengerti mengenai kesalahan apa yang telah ia buat. Oleh karena itu anda sebagai orang tua selayak nya jangan menyalahkan anak. Ada baiknya anda memuji anak anda karena telah melakukan permintaan maaf kepada temannya. Anda juga bisa mengatakan bahwa anda sangat bangga pada anak anda karena memiliki sifat yang mengakui kesalahan dan mau meminta maaf.

4. Biasakan meminta ijin

Sejak dini anda bisa mengajarkan anak anda tentang bagaimana harus meminta ijin terlebih dahulu pada orang lain yang bersangkutan. Misalnya saja meminta ijin menggunakan tas kakaknya, hal tersebut juga bisa di terapkan kepada anggota keluarga yang lain. Sehingga anak akan menjadi terbiasa meminta ijin dulu sebelum menggunakan.

5. Jadilah contoh yang baik

Anak – anak pada dasarnya hanya meniru apa yang dilakukan oleh orangtua. Oleh karena itu anda bisa memberikan contoh pada anak anda, misalnya saja ketika anda ingin menggunakan pensil warna milik anak anda. Anda bisa meminta ijin dulu pada anak anda, hal tersebut bisa anda lakukan agar anak anda kelak mengikutinya. Meskipun hanya hal sepele yang akan di pinjam.

 

Oleh karena itu anda para orangtua wajib mendampingi anak – anak anda ketika sedang bermain bersama teman sepermainannya. Karena jika hal tersebut terjadi anda bisa mengatasi nya dengan segera.

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 285.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Rp 110.000 Beli
Misse V, Herbal Untuk Mengencangkan Organ Intim Wanita

Misse V, Herbal Untuk Mengencangkan Organ Intim Wanita

Misse V merupakan obat herbal alami yang bermanfaat untuk merapatkan, mengencangkan organ intim wanita dan ....
Rp 100.000 Beli
Paket Susu Domba, Kulit Halus Dan Putih

Paket Susu Domba, Kulit Halus Dan Putih

Paket susu domba merupakan lotion pemutuh badan aman karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dan ....
Rp 150.000 Beli

Komentar