Cara Mengatasi Heartburn Pada Ibu Hamil

heartburnSalah satu keluhan ibu hamil yang sering terjadi pada masa kehamilan adalah heartburn. Heartburn atau rasa panas di dada merupakan kondisi dimana ibu hamil merasakan panas terbakar di daerah dada. Kondisi seperti ini akan lebih intens lagi kemunculannya pada ibu hamil dengan usia kehamilan memasuki trimester ketiga.

Selain merasakan panas seperti terbakar di daerah dada, ibu hamil juga kerap merasakan rasa yang mengganggu seperti ditusuk-tusuk benda tajam tepat di daerah ulu hatinya. Namun para ibu hamil dilarang mencemaskan kondisi seperti ini karena keluhan ibu hamil ini tidak berhubungan dengan janin dan gangguan jantung.

Lalu bagaimana cara mengatasi heartburn pada ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat ibu hamil lakukan.

1. Menjaga pola makan

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan selama masa kehamilan sekitar 5 sampai 6 kali dengan porsi kecil daripada 3 kali dalam sehari dengan porsi yang besar. Tujuannya untuk mencegah perut kososng terlalu lama sehingga bisa mengurangi peningkatan asam lambung.

2. Hindari ngemil sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan atau ngemil sebelum waktu tidur dapat memicu terjadinya heartburn pada ibu hamil. Sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak langsung berbaring setelah makan, tunggulah 2 sampai 3 jam agar makanan yang baru saja dimakan bisa dicerna dengan sempurna. Posisi berbaring bisa memudahkan asam lambung meningkat dan naik hingga ke kerongkongan.

3. Makan secara perlahan

Kunyahlah makanan dengan benar dan perlahan dengan tidak terburu-buru karena hal itu bisa meringankan perut dalam mencerna makanan. Jika pola makan ibu hamilterburu-buru maka akan membuat kerja perut dalam mencerna makanan menjadi berat dan akhirnya ibu hamil akan merasakan begah.

4. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah

Untuk mengatasi heartburn pada masa kehamilan, ibu hamil juga dapat mengatasinya dengan banyak menkonsumsi sayur dan buah termasuk juga buah pepaya dan juga air kelapa muda. Usahakan untuk menghindari buah pepaya yang masih mengkal.

5. Mengunyah permen karet setelah makan

Mengunyah permen karet sehabis makan dapat membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa panas di dada atau heartburn karena mengunyah permen karet dapat menstimulasi kelenjar ludah yang berfungsi untuk menetralisir asam lambung.

6. Segera berbaring saat merasakan heartburn

Saat ibu hamil merasakan keluhan heartburn, maka dianjurkan pada mereka untuk segera berbaring dengan posisi kepala, dada dan tubuh bagian atas lebih tinggi dibandingkan dengan bagian perut. Hal ini bertujuan untuk mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan. Anda juga bisa mengganjal punggung Anda dengan menggunakan bantal.

7. Gunakan pakaian yang longgar atau tidak ketat

Gunakanlah pakaian yang longgar atau tidak ketat sehingga ibu hamil akan merasakan kenyamanan. Pakaian yang ketat hanya akan membuat ibu hamil semakin tersiksa saat heartburn terjadi.

Itulah beberapa cara mengatasi heartburn pada ibu hamil yang bisa Anda lakukan. Dengan informasi tersebut diharapkan ibu hamil dapat mengatasi heartburn dengan mudah tanpa harus melakukan pengobatan. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://docmoe.com/uploads/2013/12/shutterstock_81820591.jpg

Komentar