Cara Menerapkan Pola Hidup Disiplin Pada Anak

mengajarkan disiplin pada anakAnak ibarat kertas kosong yang belum diisi tulisan apapun. Dan sebagai orang tua, kita yang membantu untuk mengisinya agar menjadi pribadi yang utama. Setiap anak yang lahir mempunyai sifat tersendiri. Saat anak menginjak dewasa, mereka selalu mencari tahu apa yang ingin mereka tahu. Selalu ingin melakukan sesuatu yang membuat mereka ingin mencobanya.

Sebagai orang tua terkadang kita sering melarang apa yang mereka mau. Sesungguhnya itu sangat berlebihan. Biarkan mereka mengekspresikan apa yang mereka ingin lakukan. Kita sebagai orang tua hanya mengawasi, jika dirasa sesuatu yang mereka lakukan menuju kearah positif, kita harus mendukung. Dan sebaliknya jika kearah negative harus kita beri peringatan.

Anak adalah kamera hidup yang selalu merekam apapun yang dilakukan kedua orang tuanya. Dari mulai kebiasaan-kebiasaan orang tua, hingga tutur kata orang tuanya. Oleh karena itu berilah contoh kebiasaan yang baik, yang rutin dilakukan dan tepat waktu. Atau dengan kata lain beri contoh kedisiplinan pada anak dalam rutinitas sehari-hari.

Misalnya:disiplin

Sholat tepat waktu. Saat waktunya menjalankan sholat lima waktu, ajaklah selalu buah hati kita untuk sholat. Walaupun belum bisa, paling tidak sudah terbiasa melihat kedua orang tuanya sholat. Saat mereka menginjak dewasa sudah tidak ragu lagi untuk menjalankan sholat.

Memberlakukan jam tidur, tepat waktu. Tetapkan jam berapa buah hati kita harus tidur. Ini sangat penting, selain agar anak tidak kurang tidur, hal ini juga untuk mempersiapkan anak jika suatu saat sudah mulai sekolah dia sudah terbiasa dengan rutinitas paginya.

Menyuruh mereka membereskan sendiri barang mainan mereka, atau barang apapun yang mereka pakai. Disini kita mengajari anak untuk bertanggung jawab dengan yang baru saja mereka lakukan. Jika sudah dari kecil terbiasa disiplin, maka sifat itu akan selalu tertanam di jiwa mereka.

Dengan cara menerapkan pola hidup disiplin pada anak tersebut diharapkan akan terbentuk pribadi anak yang lebih teratur, bertanggung jawab dan mandiri. Semoga bermanfaat.

sumber gambar:
1. http://mediaislamnet.com/uploads/2010/01/58567_disiplin_anak_300_225.jpg
2. http://www.kimwonsil.com/uploads/2013/07/discipline-b.jpg

Komentar