Cara Mendidik Anak Rajin Dan Taat Beribadah

cara mendidik anak rajin beribadahSetiap orang tua tentu mengharapkan putra putrinya tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang rajin dan taat dalam menjalankan sholat tanpa harus memaksanya atau memberikan sanksi. Namun, dalam mewujudkan harapan tersebut bukanlah persoalan yang mudah. Telah terbukti bahwa tidak sedikit dari orang tua yang selalu mengeluhkan tentang kondisi buah hatinya yang  sulit jika disuruh untuk sholat atau beribadah.

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi seluruh umat Islam karena sholat adalah tiang agama. Pantaslah jika Rasullullah SAW memerintahkan kepada orang tua untuk mendidik anak agar mau rajin dan taat beribadah mulai sejak dini. Maka alangkah baiknya sebagai orang tua mendidik anak untuk rajin dan taat beribadah dimulai sejak dini.

Seorang anak, meskipun masih kecil juga terdiri dari jasad dan hati. Anak-anak dilahirkan dalam keadaan yang bersih dan suci sehingga masih memiliki hati yang lembut. Untuk itu, anak akan lebih mudah menerima nasihat dengan kata-kata yang penuh kelembutan. Anak-anak akan cenderung lebih mudah tersentuh denga pujian dan motivasi daripada sebuah ancaman.

Menyikapi problematika yang dialami oleh kebanyakan orang tua, berikut ini adalah cara mendidik anak rajin dan taat beribadah :

  • Mendidik anak dengan menjadi orang tua teladan

Sebagai orang tua sebaiknya memberikan contoh yang terbaik bagi anak-anaknya. Seorang anak pada umumnya akan meniru segala tingkah laku orangtua dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Jika orang tua, keluarga dan orang di lingkungan sekitarnya adalah orang yang sholeh, maka kemungkinan besar anak-anak juga akan terpengaruh menjadi anak yang sholeh.

  • Mendidik anak dengan membantunya menemukan Tuhan

Sejak kecil mulailah mengenalkan anak kepada Tuhannya yaitu Allah SWT beserta Nabinya, Muhammad SAW. Karena sangat berbahaya jika anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tidak mengenal siapa Tuhannya, bisa-bisa anak akan tersesat dan akan menghalalkan segala cara untuk mencapai apa yang menjadi tujuannya.

  • Mendidik anak dengan membawanya di lingkungan yang Islami

Tinggallah di tempat yang dikelilingi oleh orang-orang sholeh. Jauhkan anak-anak dari lingkungan yang buruk dan pergaulan yang menyesatkan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi anak-anak dalam perilaku yang tidak baik.

  • Mendidik anak dengan memberikan bimbingan

Jangan pernah menganggap bahwa anak kita tidak mengerti apa-apa. Berikan mereka  bimbingan dan motivasi dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Dengan begitu anak-anak akan mudah menerima dan mengingat pesan yang telah kita sampaikan sebagai bekal sampai tumbuh dewasa.

  • Mendidik anak dengan menyekolahkan di Sekolah Islam

Berikan anak pendidikan formal maupun informal dengan pengetahuan agama yang cukup baik. Dengan anak terbiasa belajar dilingkungan sekolah yang Islami, maka akan menumbuhkan kesadaran pada agamanya sehingga anak akan taat pada ajaran-ajaran Islam.

Semoga cita-cita orang tua untuk menjadikan anak-anaknya sebagai anak yang sholeh dapat terwujud dengan cara mendidik anak rajin dan taat beribadah seperti yang telah disampaikan diatas. Memang bukan hal mudah, karena membutuhkan kesabaran, kerja keras dan juga keikhlasan. Jangan lupa untuk selalu mendoakan anak agar tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang baik, Anda juga perlu memberinya nutrisi yang baik untuk tubuh dan otaknya seperti  madu syifa kids cerdas dan cendekia,  kapsul minyak ikan salmon dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA

sumber gambar: http://www.sahmy.com/uploaded/10647_10.jpg

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....
Rp 50.000 Beli

Komentar