Cara Mendidik Anak Belajar Membaca Sejak Dini

belajar membacaAnak yang bisa membaca sejak usia dini mungkin menjadi sebuah kebanggaan bagi para orang tua. Namun, yang sering terlewatkan adalah bagaimana cara menjadikan anak-anak agar senang dengan buku dan aktivitas membaca. Jika pembentukan karakter pada anak tentang kebiasaan membaca kurang dibangun, maka tidak jarang ada anak yang sudah bisa membaca namun tidak tertarik dengan buku.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami dengan benar bagaimana cara mendidik anak agar mau belajar membaca sejak dini. Dengan cara mendidik anak yang tepat, anak pun akan mudah memahami apa yang orang tua sampaikan dan membuat minat baca anak semakin meningkat. Berikut ini adalah cara mendidik anak belajar membaca sejak dini.

1. Metode belajar membaca dengan buku cerita

Saat ingin mendidik anak belajar membaca, terkadang pengetahuan orang tua menjadi sangat frontal pada buah hatinya. Mendidik anak usia dini untuk belajar membaca dengan cara menghadapkan anak langsung pada huruf maupun angka merupakan gaya belajar yang salah. Cara pertama yang paling efektif untuk mendidik anak usia dini untuk belajar membaca yaitu dengan metode buku cerita atau dongeng. Membacakan anak buku cerita atau dongeng secara perlahan tidak hanya akan membuat anak belajar, tetapi keinginan anak untuk membacanya sendiri pun dapat terpicu dengan baik. Oleh sebab itu, dengan meluangkan sedikit waktu untuk membacakan buku cerita menjelang tidur akan mampu membuat anak menjadi lebih terangsang dengan bacaan dongeng yang didengarkannya.

2. Memberi buku bacaan yang disukai anak

Pada sebagian besar anak-anak, akan lebih tertarik dengan buku bacaan yang bergambar dan berwarna. Jadi dengan memberi anak buku bacaan yang disukai, maka secara tidak langsung Anda pun telah memotivasi dan memfasilitasi anak agar dapat belajar membaca dengan cepat dari buku favoritnya. Komunikasi yang terjalin antara anak dan orang tua tentunya dapat membawa Anda untuk mengenal jenis buku cerita apa yang diinginkan atau disukai anak. Dengan begitu, orang tua akan lebih mudah mendidik anak untuk pandai membca.

3. Mengajar anak secara rutin dan mengajak anak ke taman bacaan

Metode ketiga yang dapat orang tua gunakan untuk mendidik anak agar bisa membaca dan menumbuhkan minat bacanya adalah dengan mengajarkannya membaca secara rutin, mengajak anak ke toko buku atau taman bacaan. Toko buku dan taman bacaan adalah tempat yang paling tepat untuk mendidik anak belajar membaca dan gemar membaca. Dengan berbagai hal yang baru tentu saja akan bisa menarik minat anak untuk mengetahuinya. Saat Anda melihat anak Anda senang dengan buku cerita bersambung, maka berikanlah dia buku cerita bersambung. Dengan begitu anak akan lebih cepat belajar membaca.

Itulah tiga cara mendidik atau mengajarkan anak belajar membaca yang sangat efektif, semoga dapat memberikan manfaat bagi para orang tua.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://mufinkacafe.blox.pl/resource/Fotolia_830591_XS.jpg
Mainan Anak Edukatif Angka Digital, Media Belajar Untuk Mengenalkan Angka pada Anak

Mainan Anak Edukatif Angka Digital, Media Belajar Untuk Mengenalkan Angka pada Anak

Angka Digital merupakan mainan edukasi anak yang bermanfaat untuk memperkenalkan angka pada anak. Mengenalkan angka ....
Rp 41.000 Beli
Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa miring adalah mainan edukatif anak yang bermanfaat sebagai alat bantu menghitung untuk anak. Sempoa ....
Rp 62.000 Beli
Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan berbentuk trailer merupakan mainan edukatif anak yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk balita yang ....
Rp 66.000 Beli

Komentar