Cara Mendidik Anak agar Menghormati Orang Tua

menghormati orang tuaSahabat setia, ajarkanlah kepada anak-anak kita bagaimana menghormati orang tua dan etika sopan santun. Jika anda orang jawa, ada istilah dalam bahasa jawa sebagai budaya orang jawa. Budaya yang harus ditanamkan kepada seorang anak untuk menghargai orang tua. Yakni budaya “Unggah-ungguh” atau sopan santun. Budaya ini harus dilestarikan dan dijaga dengan baik.

Dalam adat jawa ada perbedaan “penggunaan bahasa” dari anak kecil kepada temannya, dari anak kepada yang lebih dewasa, dari anak kepada orang tua, bahkan dari anak-anak kepada seseorang yang sangat dihormati (Raja, ‘abdi ndalem, kyai, guru, syaikh, dan lain-lain).

Mengajarkan anak menghormati orang tua dapat dipraktikkan dengan mendidik anak berbahasa yang sopan terhadap orang tua. Harus dibedakan “penggunaan bahasa” terhadap orang tua dengan “penggunaan bahasa” terhadap teman bermainnya. Dengan menggunakan bahasa yang halus itu sudah menandakan ada salah satu usaha kita sebagai orang tua untuk memperbaiki akhlak mereka terhadap orang tua.

Tidak hanya berbahasa, bagi para sahabat yang bukan orang jawa, mendidik anak untuk bagaimana berperilaku yang baik terhadap orang tua, mendidik anak bagaimana bertindak terhadap orang tua, misalnya saja contoh kecilnya, jika berjalan di depan orang tua, sikap seorang anak perlu untuk menghormatinya, bila perlu bertanya dan meminta izin untuk berjalan dihadapannya. Hal ini berlaku untuk kita semua sebagai orang tua, baik orang jawa maupun orang selain suku jawa.

Orang tua akan merasa dihormati oleh perilaku seorang anak tadi dengan menyapa, bertanya, memohon izin berjalan dihadapannya, dan lain sebagainya. Hal itu dapat dipastikan bahwa kitalah yang akan memetik hasilnya. “anak siapakah itu, alangkah sopannya”. “anak siapa itu, alangkah ramahnya”. “anak siapkah itu , alangkah ….bla bla bla… alangkah , bla bla bla…”. Semua kata-kata baik akan terlontar kepada anak-anak kita karena perilaku dan tindakannya yang baik dalam menghormati orang tua. Dan kita sebagai orang tualah yang akan merasakan bagaimana indahnya dan senangnya mempunyai anak yang berakhlak mulia, sopan dan menghargai orang tua.

Demikianlah beberapa cara mendidik anak agar menghormati orang tua. Kita yang menganut kuat budaya timur yang terkenal dengan sopan santunnya, keramahannya, dan sikap saling menghargainya, patutlah untuk terus menjaga nilai-nilai yang juga menjadi jati diri umat muslim. Janganlah mencontoh barat secara membuta, yang kadang meninggalkan nilai-nilai kesopanan.

Profil Penulis

Syaifulloh Yusuf

Syaifulloh Yusuf, S.PdI adalah alumni Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta yang sedang menempuh studi S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-5_HFqLEh3Qc/TZlIOnCE43I/AAAAAAAAACw/BpGTfpudHgA/s1600/ibu.jpg

Komentar