Cara Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

mendidik anak gemar membacaMemiliki anak sholeh, cerdas, tentu dambaan dan cita-cita orang tua. Bagaimana tidak, anak merupakan investasi terbesar di dalam keluarga. Untuk memperkenalkan kepada dunia, maka orang tua melakukan yang terbaik dengan cara memberi jawaban dengan jelas atas rasa ingin tahu kepada anak-anaknya, yaitu dengan mendidik anak untuk mengenal ayat-ayat Al-Qur’an dan buku bacaan. seperti dalam QS. Al-Alaq 1-5. (Iqra: bacalah) dengan nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari Alaq, (Iqra: Bacalah) dan Tuhanmu lah yang maha Akram), yang mengajar dengan perantara Qalam, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tida diketahuinya.

Iqra’, biasa diterjemahkan dengan “bacalah”, merupakan kata pertama dari wahyu yang disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Iqra’ merupakan kata yang sepintas terdengar biasa, namun memiliki kekuatan yang luar biasa pengaruhnya bagi peradaban manusia, termasuk bagian kecilnya adalah dalam hal mendidik anak. Ada sebuah pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia, mengapa demikian? Karena buku merupakan ilmu pengetahuan yang mengupas secara mendalam. Berikut ini adalah Cara Mendidik Anak agar Gemar Membaca:

  1. Mendidik anak agar ia gemar membaca hendaknya dimulai dari menarik perhatiannya dengan bercerita / berdongeng. Dengan seperti ini maka seorang anak akan terpancing dan rasa ingin tahunya akan muncul. Namun, dengan catatan isi dongeng / cerita menarik, sehingga tidak dirasa jenuh.
  2. Memperkenalkan buku. Sekiranya buku yang bisa menarik perhatian seorang anak, maka orang tua perlu menjelaskan untuk memperbolehkan membacanya. Yaitu tentu memberi kemanfaatan.
  3. Melatih membaca dengan baik. Untuk membaca, seorang anak perlu dilatih untuk memahami isi buku. Dengan metode memfokuskan anak untuk mengeja huruf, bahkan kalimat. memberi arahan dalam tanda baca, juga menyimpulkan isi yang terdapat dalam buku tersebut.
  4. Belajar merangkum dengan menulis. Biasanya setelah buku dibaca maka akan lebih baik jika isi tersebut diulas kembali di lembaran baru supaya tidak mudah untuk dilupakan.

Dengan melakukan tips yang sederhana seperti ini, maka anak akan semakin mengerti bahwasannya banyak sekali ilmu pengetahuan didapat dengan cara membaca dan mengingatnya dengan cara ditulis. Maka tersedianya bahan baca di rumah termasuk salah satu faktor mendorong semangat produktif pada anak.

Profil Penulis

Lulus Novita

Lulus Novita, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SuKa) Yogyakarta. Penulis adalah alumni Pondok Pesantren Roudhotul ‘Ulum Guyangan, Pati

sumber gambar : http://i.brta.in/images/2013-11/80de25eb4c813d878de320cfeee5607f.jpg

Komentar