Cara Menangani Mata Belekan Pada Bayi

belekan pada bayiJika Anda seorang ibu yang mempunyai bayi yang matanya belekan, jangan terlalu panik! Karena mata belekan pada bayi yang baru lahir merupakan hal yang wajar. Hal ini terjadi karena kelenjar air mata yang kerjanya belum sempurna, dimana katup air mata pada bayi masih tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata di sekitar kelopak mata tidak dapat mengalir ke rongga hidung, sehingga menyebabkan genangan di saluran yang terhambat, dan kotoran mata atau belek akan menumpuk pada mata. Biasanya setelah dua bulan, kelenjar air mata bayi akan bekerja lebih sempurna, dan belekan akan berhenti dengan sendirinya.

Anda harus mewaspadai jika mata belekan pada bayi baru lahir diiringi dengan gejala lainnya seperti mata berwarna merah, bengkak, kedua kelopak mata lengket, atau belek berwarna kuning kehijauan, dan pada kasus serangan bakteri tertentu tidak hanya keluar belek, tetapi juga nanah. Jika ini yang terjadi, ada kemungkinan terjadi infeksi selaput mata bayi Anda, yang didapat saat bayi keluar dari jalan lahir. Penyebabnya dapat berupa iritasi kimia, bakteri, klamidia, virus herpes simplek, atau bakteri patogen lainnya.

Cara Menangani Mata Belekan Pada Bayi

Apa saja sih yang bisa Anda lakukan jika mengetahui bayi Anda mengalami mata belekan? Berikut ini kami informasikan cara menangani mata belekan pada bayi.

Memperhatikan kondisi mata bayi

Jangan panik dulu, Anda perlu memperhatikan apakah belekan yang terjadi masih normal atau tidak. Jika masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayi di pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Cukup dibersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata. Namun jika beleknya cukup banyak dan sampai menyebabkan matanya menjadi lengket, Anda bisa mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat.  Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Dan penting untuk Anda ketahui, jangan sekali-sekali menggunakan cairan pembersih mata atau obat mata tetes.

Jika belekan lebih dari 3 hari segera dibawa ke dokter

Selalu perhatikan perkembangan bayi Anda, apakah bagian putih matanya merah atau tidak.  Jika dalam jangka waktu 3 hari tetap tidak ada perubahan, maka sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter. Sampaikan perkembangan kondisi anak Anda dari hari ke hari.

Waspada terjadinya infeksimata merah

Salah satu tanda mata bayi Anda terkena infeksi yaitu jika matanya kemerahan. Dokter biasanya akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. Perhatikan cara memberikan obat mata pada bayi, jangan lupa untuk menanyakan dengan jelas cara pakainya.

Mengatasi tersumbatnya saluran air mata

Penyumbatan saluran air mata bisa Anda lakukan jika infeksi telah diatasi. Untuk membuka saluran yang tersumbat, Anda bisa melakukan pemijatan. Lakukan pemijatan secara halus di bagian dalam mata dekat dengan pangkal hidung bayi untuk membantu ‘membuka’ saluran air mata yang tersumbat, caranya sebagai berikut:

  1. Cuci tangan Anda sebelum memijat
  2. Pijat dengan halus seperti mengusap-ngusap, dan usahakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan. Dan jangan terlalu keras saat memijatnya karena otot bayi masih sangat tipis
  3. Lakukan pijatan lembut dengan melakukan gerakan putar-putar di pangkal hidung bayi Anda atau menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung  bayi (sudut mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah).  Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari.
sumber gambar:
1. http://www.bayisehat.net/images/artikel/02/001/001/447/T
2. http://3.bp.blogspot.com/--ZaukleNbC0/UTxDl-cXqyI/AAAAAAAARbA/lNIzRxtRTm0/s1600/gangguan-mata-pada-anak.jpg

MENARIK UNTUK ANANDA :


Hanaroo Nursing Cover, Apron Menyusui Yang Nyaman

Hanaroo Nursing Cover, Apron Menyusui Yang Nyaman

Nursing Cover Dark Grey merupakan salah satu perlengkapan bayi yang dapat membantu bunda pada saat menyusui ....
Rp 125.000 Beli
Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket adalah selimut bayi dengan motif berbulu yang praktis untuk di gunakan. Salah ....
Rp 220.000 Beli
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 250.000 Beli

7 Komentar

  1. Bayi saya baru umur 2 minggu matanya merah keluar nanah,sudah dikasih salep dari bidan tapi matanya tetep keluar belek.

  2. bayi saya baru 18hari tapi tiap hari matanya selalu keluar belek dan sekitar pipinya keluar bintik2 merah..gmana cara mengatasinya ya dok

  3. Anak sya dr umur 1bln smpek 3bln maih sperti ini udah sya bawa ke bidan tp msih ttep belek’an dan kluar air trus

    1. selamat siang bunda vivi,
      bila memang sudah di bawa ke bidan tidak ada perubahan mhn dicoba di bawa ke dokter ahli mata atau dokter anak,karena mata belekan itu harus perlu kita waspadai juga apa karena kuman,virus atau sebagainya..semoga informasi ini bisa membantu terimakasih

Komentar