Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami

olahraga untuk wanitaMenstruasi atau haid adalah sebuah proses fisiologis dalam tubuh seorang wanita mulai umur remaja hingga menopause. Haid terjadi secara berkala karena terpengaruh oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Secara umum proses menstruasi rata-rata akan terjadi sekitar 28 hari. Tetapi hal ini tidaklah selalu terjadi untuk setiap wanita. Ada kalanya bisa terjadi pada 21 hingga 30 hari, dan siklus menstruasi itu sendiri akan terjadi selama 5 sampai 7 hari berturut-turut.

Kadang kala terjadi proses menstruasi yang terjadi sangat lambat terhadap seseorang wanita. Memang salah satu hal yang paling umum hal yang menyebabkan terlambat datang bulan adalah karena kehamilan. Tetapi bagi seseorang, hal ini tidaklah mutlak terjadi. Ada kalanya terlambat haid disebabkan oleh berbagai hal yang menyangkut tentang faktor kesehatan dan juga kondisi fisik seseorang.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa misalnya, terlambatnya datang haid bisa diakibatkan oleh karena terlalu lelah, contoh misalnya belajar yang terlalu keras dan faktor lainnya bisa disebabkan oleh faktor olah raga yang sangat kuat. Selain itu pola makan yang tidak sehat, serta penggunaan obat-obatan tertentu juga cenderung dapat mengakibatkan terlambatnya datang bulan.

Bagi Anda yang mengalami telat datang bulan, maka ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses menstruasi secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Ada beberapa cara mempercepat menstruasi secara alami antara lain:

1. Olahraga secara teratur

Berolahraga ringan secara teratur adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat terjadinya proses menstruasi. Selain badan menjadi sehat, sirkulasi darah pun akan semakin lancar. Namun dalam hal ini Anda harus menghindari olahraga yang cukup berat, sebab salah satu faktor penyebab sering terlambatnya mendapatkan menstruasi bagi sebagian orang adalah karena faktor olahraga berat yang sering dilakukannya.

2. Minum air putih yang cukup

Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin mendapatkan menstruasi secara cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan periode menstruasi yang lama. Seorang wanita yang sehat, harus meminum air beberapa gelas setiap hari. Anda juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa semakin pendek.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan menstruasi secara teratur dan cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi lebih lama.

Pengobatan secara tradisional juga bisa Anda lakukan, dengan mengkonsumsi sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat.

PENTING UNTUK ANDA

Nes V
Nes V, Minuman Herbal untuk Merapatkan Miss V
250.000
Sumber gambar :
1. http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/11/14/114799/540x270/anak-butuh-olahraga-7-menit-setiap-hari.jpg
2. http://pondokibu.com/uploads/2009/01/sekarmalamd.jpg

156 Komentar

  1. Dok saya berumur 13 tahun tetapi juga haid,teman yeman saya sudah semua yolong kasih saran agar saya bis haid pertama secepatnua

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mempercepat menstruasi, Anda juga bisa mendukungnya dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Makanan bergizi yag dimaksud misalanya saja sayur-sayuran hijau dan juga buah-buahan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

  2. Dok’saya berumur 15 thun tapi saya belum jga mengalamin menstruasi pertama sya.tapi teman teman saya sudah mengalami menstruasi tapi sya belum.apa solusi dan obat alami yg cocok untuk sya??

    1. Bila kita enggak mendapatkan haid pada usia 18 tahun, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan besar kita mengalami amenore primer, atau adanya gangguan pada rahim kita. Masalah ini bisa dideteksi secara medis dan harus menjalani terapi kesehatan supaya enggak menjadi fatal dan berbahaya.

  3. Dok,umur saya 13 thun . saya mau tanya saya sudah mengalami haid pertama . Tapi bulan selanjunya saya tidak mengalami haid lagi sampai 8 bulan
    Apa penyababnya?
    Apa bisa saya haid lagi?

    1. Saat kita enggak mendapatkan haid secara normal atau siklus haid kita terganggu, bukan berarti enggak normal. Haid juga bisa mengalami masalah saat tubuh kita terganggu akibat stress. Bila kita mengalami atau siklus haid kita terlalu lama, periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  4. Dok knp saya umur 11tahun belum mens padahal umur 10 tahun sudah mens knp ya dokkkk….

    1. Bagi Anda yang mengalami menstruasi sebelum 10 tahun atau setelah 17 tahun, diharapkan tidak terlalu khawatir, Masih banyak faktor yang melatarinya seperti berat badan, genetik, hormonal dan gaya hidup terimakasih

    1. selamat siang,
      untuk umur 13 tahun belum mendapatkan haid itu masih tergolong normal,karena setiap wanita hormonnya berbeda2…bila sampai usia 17 tahun belum mendapatkan haid bisa langsung berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat biar dicek secara fisik oleh ahlinya secara langsung terimakasih

  5. dokk..nmaa syaa whanaa syaa berumur 15 tahun…saya mau tanya dok saya pernah mengalami menstruasi pertama pada umur 14 tahun.namun sampaii sekarang saya belum juga mengalami menstruasi…apakah i2 hal ynk wajar?? dan bgmnaa cara mengatasinyaa secara alamii????..makasih Dokk!.

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Jika terjadi suatu masalah atau gangguan pada proses ini maka dapat mempengaruhi terjadinya siklus haid yang tidak teratur. Konsultasikan pada dokter kandungan untuk mengetahui penyebab jelasnya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  6. Selamat siang dok,saya mau tanya ke dokter usia saya 29 tahu bulan juni tanggal 5 saya mans tapi sekrang sudah bulan juli tanggal 6 2015 saya belum dapat mens..apa saya terlambat datang bulan yah dok.soalnya saya kurang ngerti..maaf kalo kata kata saya kurang di mengerti

    1. Selamat pagi. Ada wanita yang memiliki siklus haid teratur, seperti “kalender hidup”, ada juga yang tidak teratur. Siklus yang paling umum adalah 28 hari, tetapi dapat bervariasi dari 21 sampai 35 hari. Awal siklus bisa maju atau mundur 1 sampai 3 hari dan itu semua adalah hal biasa. Perdarahan menstruasi pada umumnya berlangsung selama 5 hari, tetapi perdarahan hingga 7 hari masih dianggap normal. Jadi, terlambatnya menstruasi 1-3 hari itu adalah hal biasa, Anda tidak perlu khawatir atau cemas secara berlebihan. Namun, untuk lebih meyakinkan lagi dengan kondisi Anda sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan. Semoga bermanfaat.

  7. dok saya sudah umur 15 tahun tapi kok belum menstruasi untuk yang pertama kali ya ?

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  8. dok nama saya dening saya mau nanya dok, saya waktu awal datang bulan umur 17 tahun, dan setiap saya datang bulan itu tidak terlalu pas dengan tanggal, dan sekarang pun saya sudah 3 hari telat datang bulan, itu kenapa ya dok? apa karna emang faktor fisik saya yang terlalu kurus? apa emang karna saya sedang berpuasa?

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Jika terjadi suatu masalah atau gangguan pada proses ini maka dapat mempengaruhi terjadinya siklus haid yang tidak teratur. Badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga bisa berpengaruh. Untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan pada dokter. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  9. ass’ dok, umur saya 12 thn tpi blum juga mengalami haid prtama, bagaimana bsa cpt haid. kt guru saya cz makan kacang panjang n toge. apa itu bnar dok. tpi tmn2 sy sdah haid smua. tpi juga dok kt ortu zman dulu klo ada orang yg lgi haid kmu bsa menginjak jempol kaki org yg lgi haid itu apa benar tah dok.

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Kandungan vitamin E dalam kecambah bisa membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause. Terima kasih.

  10. Assalamualaikum dok
    Dok saya umur 14 jalan 15 tp saya juga belom haid tetapi saya tidak mengalami keputihan trus payudara saya sudah membesar dan sudah tumbuh bulu halus pada kemaluan dok, bagaimana agar saya cepat mengalami haid??

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  11. dok saya ratna umur saya 18th saya mau tanya kenapa disetiap bulan ramadhan saya tidak menstruasi ya? tlg jawabanya.

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering dialami oleh kaum remaja. Penyebabnya pun sangat bermacam-macam seperti olahraga yang terlalu berat, kelelahan dan juga stres. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok. Nah, sewaktu berpuasa pola makan pastinya juga berubah bukan? Mungkin hal itu yang mempengaruhi kenapa Anda tidak haid saat berpuasa. Namun, untuk lebih jelasnya silahkan periksakan ke dokter. Terima kasih.

  12. dok, saya pertama kali haid umur 11 tahun setelah 8 kali haid saya tidak pernah haid lagi dok sampai sekarang (13 tahun) kurang lebih sudah 2 tahun saya tidak haid, saya sudah pernah pergi ke dokter dia hanya memberi saya obat haid tapi setelah minum obat itu saya tetap tidak haid terima kasih

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. JIka sudah hampir 2 tahun belum haid kembali, sebaiknya periksakan pada dokter spesialis kandungan lain sebagai perbandingan. Dengan begitu dapat diketahui penyebab jelasnya dan segera mendapatkan perawatan secara tepat. Terima kasih.

  13. Dok saya mau nanya .teman saya umur 12 tahun belum juga haid sampai skrng
    bagaimanakah cara agar cepat haid dan tipsnya
    wnglaikum zlm dok
    Thank you

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  14. Dok saya berumur 15 thn , saya mulai haid itu umur 10 thn tetapi sampai sekrng haid saya tidak teratur bahkan 1 thn 5x tapi kalau haid tidak pernah sakit atau mules, knapa ini dok ? Apa saya subur ? Apa saya bisa hamil kalau udh nikah nanti ?

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur.
      Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Jika terjadi suatu masalah atau gangguan pada proses ini maka dapat mempengaruhi terjadinya siklus haid yang tidak teratur. Terima kasih.

  15. assalamualaikum…..
    dok sya mau nanya…saya sekarang berumur 14 jalan mau ke umur 15 thn tapi sampai sekarang saya belum haid.gimana carannya agar cepat haid?

    1. Waalaikumsalam. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  16. Saya mau nanya,umur sya 14 tahun,tpi suka haid tidak teratur kadang 1bln skali kadang 4-5bln skali,apakah itu wajar?

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur.
      Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Jika terjadi suatu masalah atau gangguan pada proses ini maka dapat mempengaruhi terjadinya siklus haid yang tidak teratur. Terima kasih.

  17. Dok saya mau nanya nih, saya udah berumur 16 tahun ttp masih blom juga menstruasi.. trus, setiap harinya saya mengeluarkan cair putih/bening itu apakah normal” saja,, Mohon jawabannya dokter..
    Terimakasih

    1. Selamat pagi, usia awal yang normal mengalami haid pertama yaitu antara 11-15tahun. Jika Anda telah berusia 16th namun belum haid, Sebaiknya Anda langsung konsultasikan ke dokter. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan pada dokter dan dukung juga dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terimakasih.

  18. Dpk umir saya sdh 15 thn tpi sampai skrng saya blm menstruasi pertama,saya selalu mengalami keputihan.tolong sarannya ya dok

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Jagalah selalu kebersihan organ intim wanita Anda agar terhindar dari masalah keputihan. Jika keputihan yang dialami menimbulkan rasa gatal dan bau tak sedap maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Untuk mempercepat menstruasi, Anda juga bisa mendukungnya dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Makanan bergizi yag dimaksud misalanya saja sayur-sayuran hijau dan juga buah-buahan. Terima kasih.

  19. dok saya bingung kenapa saya sampai sekarang belum mengalami haid padahal umur saya sudah 15 thn .
    trus saya takut ke dokter.
    gimana ya dok dapat mempercepat haid secara alami. yang bisa di lakukan dirumah ..

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Jangan pernah takut untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter, karena itu semua demi kebaikan Anda. Terima kasih.

  20. umur saya udah 14 th dok tapi sya blm jg haid pdhal pyudara sya sudah besar 2 th lalu dn bulu di miss V saya pun sdh tumbuh lalu knapa dok sya kok blm haid jg …tolong berikan tips agar saya cepat haid ya dok ..

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda.Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  21. Dok aku mau nanya kenapa aku udah usia 13 tahun belum pernah haid , dan bagaimana caranya supaya cepat datang haaid ,dok?

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  22. dok saya sudah 17 thn tpi blum jga hait tpi saya sdah konsultasi sma dokter kata.nya kandungan ku kcil apa itu sebabnya hingga saya belum hait

    1. Selamat pagi. Haid memang menjadi salah satu indikator dari kesuburan. Bila tidak haid pada umur 17 tahun, Anda memang harus hati-hati. Untuk itu ada baiknya diperiksa lebih lanjut ke dokter. Anda bisa melakukan USG dari perut untuk mengukur rahim dan organ sekitarnya. Ikuti setiap anjuran dokter demi kebaikan Anda. Terima kasih.

  23. dok saya mau tanya , umur saya udah 13 thn ,tapi kenapa ya saya kok belum menstruasi?

    1. Selamat pagi. Penyebab belum datangnya haid pertama pada kaum remaja sangat beraneka ragam dan individual sehingga antara anak yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi. Terima kasih.

  24. dok usia saya 17 tahun saya masih pelajar,saya mau nanya, saya udah 2 bulan ini telat datang bulan,biasanya sebulan sekali saya datang bulan atau sebulan 2 kali saya datang bulan dok…..
    saya mau tau apa penyebabnya dok…………
    mohon di balasnya dok……..

    1. Selamat pagi. Jika Anda belum menikah maka keterlambatan haid salah satunya dipengaruhi oleh psikis, capek dan stress. Selain itu, keadaan tubuh yang sedang sakit juga berpengaruh terhadap siklus haid karena ada beberapa obat yang dapat mempengaruhi hormonal sehingga berpengaruh pada siklus haid. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Untuk lebih jelasnya silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Makanan bergizi yag dimaksud misalanya saja sayur-sayuran hijau dan juga buah-buahan. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Terima kasih.

  25. Dok,sudah banyak tanda-tanda haid yang aku alami belakangan ini.. tetapi belum datang haid nya dok. Usia aku 13 tahun.. aku juga mau tanya dok cara cepatt agar haid itu bagaimana ya?

    Terimakasih dok, aku minta balasan nya ya!

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Mohon maaf, kalau boleh tau usianya berapa? Jika Anda merasa ada keganjalan, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Terima kasih.

  26. Dok.kenapa yah. Saya belum juga menstruasi padahal umur saya sdah 14.tetapi teman saya yg seumuran saya dan yg di bawah saya juga sudh ment..apakah ada cara alami untuk cepat menstruasi untuk saya …

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

  27. Dok klo saya sudah dan sering sekali mengalami tanda2 haid itu akan datang kemungkinan siklus haid itu akan dtang kan … ?? Atau cma mengalami tanda2 nya doang ????? Umur saya 13th .. Terima kasih

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

  28. Dok. Saya sudah sering skali memgalami tanda2 haid akan datang umur saya 13th .. Semua teman2 saya sudah mengalami semua kecuali saya dok … Saya heran … Haid itu nggak dtang2 gmana ya dok???

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

  29. Dok gimana cara megatasi menstruasi yang udah terlambat ada 10harian. Apakah ada obat herbal yang bisa dibuat sendiri ?

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Anda bisa pelajari di penyebab siklus haid tidak teratur. Terima kasih

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Maaf, kalau boleh tau usianya berapa ya? Terima kasih.

  30. dok saya udh 1 bulan 7 harii belum datang bulan padahal sayaa beru umur 15 . Knpa ituu dok?
    Terimakasih

    1. Selamat pagi. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Untuk lebih jelasnya, silahkan periksakan ke dokter. Terima kasih.

  31. Dok saya sudah telat lebih dari 1 bulan . Itu kenapa ya? Padahal saya baru umur 14 tahun. Terimakasih

    1. Selamat siang. Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali seperti psikis, capek dan stress. Namun, yang paling berperan dalam hal ini adalah hormon. Terima kasih.

  32. dok usia saya sudah 15 tahun tapi kenapa saya blm pernah menstruasi, padahal tanda tanda sudah ada seperti tumbuh rambut dikemaluan dan diketiak, payudara saya juga tumbuh namun berbeda dengan ukuran gadis seusia sya. kenapa ya dok? padahal beberapa haru lalu saya mengalami hal sperti mau mens seperti keluar cairan coklat lalu keluar darah sperti haid namun hanya sedikit. lalu keesokannya tidak ada lagi dok, kenapa ya?tolong dijawab dok makasih:)

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca penyebab terlambatnya haid pertama. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya.

  33. Slmt siang dok sy wanita usia 25th..sejak punya ank prtama sy suntik kb dok.stelah 5th sy lps kb.kini sudah 8bln sy lps kb ko sy blm haid jg.pd hal suami sy pngen sy cpt hamil lg.mhon solusinya y dok

    1. Selamat pagi bunda. Program KB dapat membuat pasangan suami istri kesulitan saat mereka berniat untuk memiliki anak. Mengapa? Karena setelah seseorang berhenti meminum pil KB atau menghentikan program KB nya, badan akan menjadi terlalu gemuk atau bisa juga terlalu kurus sehingga terjadi perubahan hormon. Perubahan hormon yang terjadi pada saat mengkonsumsi pil KB dan setelah melepasnya itulah yang membuat pasangat sulit memiliki anak. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan untuk melakukan program kehamilan. Terima kasih.

  34. Assalmmualaikum Dok?Diumur 13 tahun ini saya belum juga mendapat menstruasi pertama.Sdgkan temn saya yg berumur 11 thun sudah menatruasi.saya juga sering keputihan.Saya malu belom menstruasi sendiri di kls.Apa saja yg bisa untuk memprcepat menstruasi dok?Makasih
    Wasalam

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca penyebab terlambatnya haid pertama. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya. Terima kasih.

  35. Selat siang dok…
    Dokter kenapa ya saya sdah berusia 12 thn ,tpi knp saya kok blm jga datang bln ya..??
    Tolong beri tips agar saya bisa cepat haid yg pertama kalinya karena saya malu cuma saya yg belym haid sendiri di kls.
    Tlg beri tips secepatnya ya DOK
    Terima kasih dok……

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca penyebab terlambatnya haid pertama. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya.

  36. selamat pagi dok
    saya dewi umur saya 20 thn. knpa ya dok sYa telat, haid 1 thn lbih??
    apa karena hormon saya yng tidak seimbang karena saya haid pertama usia 15 thn at pengaruh dari penyakit gejala paru” yang pernah saya alami? atu gmna

    mkasih dok :)

    1. Selamat pagi. Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan disini adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Ketidakteraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja. Tapi umumnya hanya dalam hitungan 2 atau 3 bulan saja. Jika Anda sudah telat haid selama 1 tahun, segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab dari telat haid selama 1 tahun tersebut dan mendapatkan penanganan dengan tepat. Terima kasih.

  37. Sya umur 14 tahun blum jg mengalami haid,lgipula sya jg sering mnglami kputihan.,apkahh kdua hal itu brbahaya?? Apa bisa bkin mandul?? Cara mengatasi ny bgaimna ya?? Tlong pnjksn nya dok, trims

    1. Selamat pagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca penyebab terlambatnya haid pertama. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi setiap harinya.

  38. Mengapa saya belum haid padahal saya sudah keputihan dan hadir keikatan
    Umur saya 11 tahun

    1. Selamat siang mbak, usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Nanti jika sudah berusia 16th ke atas belum haid, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Atau untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terimakasih.

  39. Sore,,,
    Saya telat haid seminggu usia saya 23 thun
    Tiap bln na saya sering telat haid, tu knpa yh dok? Solusi na apa? Coz setiap sebelum haid sampai menjelang haid pinggang dan bawah perut sakit na luar biasa sampai2 gbsa beraktivitas
    Mohon solusi na

    1. Selamat pagi, maaf sis kejadian seperti itu sudah berapa lama ya. Sebaiknya jika sudah mengalami itu beberapa bulan langsung dikonsultasikan ke dokter langsung sis biar bisa skalian diperiksa kondisi fisik dari sis Lili sendiri.

  40. dok kenapa ya saya sudah umur 13 thn kok belum haid??
    padahal aku malu di kelas cuma saya saja yg belum
    jd gimana
    tolong balas cepat2 ya plizzz

    1. Selamat pagi, usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Nanti jika sudah berusia 16th ke atas belum haid, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Atau untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terimakasih.

    1. Selamat pagi, usia 11-20th itu biasanya ada beberapa wanita yang memang belum teratur mbak. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Atau untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terimakasih.

  41. umur sya 13 mau 14 thn tpi sya blom haid..
    pdahal tman 1 klas sya sdah haid knpa sya blom…
    mhon beri sya saran..

    1. Selamat pagi, usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Nanti jika sudah berusia 16th ke atas belum haid, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Atau untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terimakasih.

  42. Dok, saya sekarang kls 6 sd umur 11 thn
    Saya punya temen d rmh mereka semua hampir semua sdh mens
    Tp temen saya d sekolah malah banyak yang belum termasuk saya
    Knp ya dok?
    Padahal temen sy sdh banyak yg mengalami tanda sekunder

    1. Selamat pagi, usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Nanti jika sudah berusia 16th ke atas belum haid, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan. Atau untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan ke dokter. Terimakasih.

  43. Usia brp bisa haid, aku sekarang kls 5 aku ingin cpt haid. Soal nya aku pingin tahu rasanya haid itu gimana

    1. Untuk usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Nanti jika sudah berusia 16th ke atas belum haid, bisa langsung dikonsultasikan ke dokter.

  44. mengapa saya sudah berumur 12 tahun belum juga datang bulan? padahal saya sudah keputihan.. bagaimana cara agar cepat menstruasi seumur saya?
    padahal 97% teman2 saya sudah pada datang bulan.. plis balas ya,.. saya sangat membutuhkan informasi ini. Terima kasih

    1. Selamat pagi mbak Anastasya. Untuk usia awal yang normal itu antara 11-15tahun mbak, kalau usia dini itu biasanya di usia 9tahun. Kalau mbak msih 12tahun, ndak usah takut dulu karena itu masih normal. Tapi kalau besok sudah usia 16th lbih belum menstruasi bisa dikonsultasikan ke dokter langsung.

  45. kenapa dok sya kok blm haid padahal saya udah keluar lendir bewarna putih
    plisss cepat dibalas ya dok.trims

    1. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan.

  46. Dok saya sering telay haid tp saya merasa tidak ada gangguan yang saya alami d tubuh saya mhon d bls yah

    1. Terlambat haid bisa disebabkan karena gangguan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor fisik dan psikis seperti kelelahan ataupun stress. Kondisi tersebut masih bisa dikatakan normal jika berlangsung sementara dan tidak ada keluhan lain yang dirasakan.

  47. Saya blom mens mba padahal udah tanggal 1 lewat umur saya 18 thn ,itu gimana mba ada ubat atau tips biar cepat Mens nga mba

    1. Untuk menstruasi tidak teratur di usia seperti mba memang masih wajar. Faktor hormonal, seperti lelah dan stress dapat memicu maju mundurnya siklus haid. Coba untuk mengatur pola hidup sehat dan makan makanan yang sehat.
      Semoga dapat membantu. Terimakasih

  48. Sya blm menikah,umur saya 18th, tp jadwal menstruasi sya tidak teratur. Knpa ya? Hampir 2bln ini saya blm dapet? Mohon sarannya

    1. Selamat pagi, terimakasih Mbak Silvi telah mengunjungi www.pondokibu.com
      Menanggapi pertanyaan Mbak Silvi, pada usia tersebut ada kemungkinan hormon Mbak masih belum stabil atau bisa juga disebabkan faktor stress, terlalu lelah, kurang asupan makanan bergizi (spt: sayur dan buah), terlalu banyak makanan berminyak ataupun bisa karena terlalu gemuk.
      Jadi mulai ubahlah pola hidup yang sehat.
      Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu. Terimakasih

    1. Selamat pagi.
      Mohon maaf. Untuk obat manjakani, jika Anda masih remaja dan tidak memiliki keluhan atau hanya sekedar untuk perawatan kewanitaan saja, kami menganjurkan untuk tidak menggunakannya. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan binayu sabun kantil atau sabun cebokan “v” saja. Terima kasih atas responnya.

  49. . admin . kenapa yaa saya belum haid. seharusnya tanggal 2. tapi sampai sekarang belum. byasanya saya paling lama telat 1 minggu tapi ini lebihh. apakah aada solusinya ? teerimakasih sebelumnya

  50. saya mau nanya, dok,wajar ga sih tmn saya udh M dri kls 4 SD, banyak tmn saya yg sudah M, saya blm dpt, apa yg hrs sya lakukan umur saya 11 thn, trims

    1. Selamat pagi.
      Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja yang penting untuk diketahui. Silahkan baca penyebab terlambatnya haid pertama untuk lebih jelasnya. Terima kasih.

  51. sya udh umur 13 thn kok blm mens,malahan setiap kli sya buang air bsr slalu saja ada cairan putih yg keluar,knp y???

    1. Selamat siang.
      Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja yang penting untuk diketahui. Silahkan baca penyebab terlambatnya haid pertama untuk lebih jelasnya. Terima kasih.

    1. Selamat pagi.
      Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja yang penting untuk diketahui. Silahkan baca penyebab terlambatnya haid pertama untuk lebih jelasnya. Terima kasih.

  52. saya umurnya saat ini 12th, tapi saya blm haid/mens yaa???
    Kenapa???
    Tolong balas, Pleaseee……

    1. Selamat Sore.
      Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja yang penting untuk diketahui. Silahkan baca penyebab terlambatnya haid pertama untuk lebih jelasnya. Terima kasih.

    1. Selamat sore.
      Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja. Anda bisa membaca penyebab terlambatnya haid pertama untuk mengetahui lebih lengkap dan jelasnya. Terima kasih.

  53. SªƔª kwatir dengan kondisi SªƔª saat I̶n̶i̶.. Чªήб semakin parah yaitu sering terlambat datang bulan… Pdhl SªƔª belum perna melakukan hubngn … Karna SªƔª belum menikah… tolong balas donk cara mengatasi x bagaimna..

    1. Selamat pagi.
      Maaf sebelumnya, kalau boleh tau usianya berapa? Trimakasih

    1. Selamat pagi.
      Usia 12 tahun belum mengalami haid pertama dapat disebabkan karena faktor hormonal ataupun faktor makanan. Apakah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah tercukupi dengan baik atau belum. Untuk lebih jelasnya kami pernah mengangkat konsultasi seperti ini. Berikut kami lampirkan. Penyebab Terlambatnya Haid Pertama

  54. Selamat pagi….
    umur saya 13 tahun.tp knp sy blm mens jga y….tlng dijawab y dok…..plisss

  55. umur saya 15 tahun sekarang saya kelas 3 SMP, saya sudah menstruasi sejak kelas 5 SD. Tapi kenapa siklus menstruasi saya sangat lambat?? dari dulu saya hanya mengalami menstruasi setiap 3-4 bulan seklai. Terakhir saya menstruasi sudah tahun lalu, mungkin sudah sekitar 3 bulan saya telat. sebetulnya kenapa siklus menstruasi saya sangat lama?? bagaimana cara mebuat siklus menstruasi saya menjadi normal seperti orang kebanyakan?? terimakasih

  56. Saya telat mens 2 bulan ini.?
    tapi saya tidak pernah merasa melakukah hub seperti suami istri karna saya blum menikah.

  57. Sya blum haid,sdah tlat hmpir 2mgg in,pdhal sya mllkukan hub suami istri bkn saat msa sbur dan seharus’ny sya haid tgl 2 awl bl in,tp bl lalu haid sya berbah jdwal s’hrus’ny tgl 27 brbah jdi tgl 2,nah smpai skrg sya lom dpt tnda2 haid,tlg d jwb y,trims

    1. Selamat pagi..

      Mohon Maaf Kalau boleh tau usianya berapa ya? sudah menikah atau belum? . Terimkasih

    1. Selamat Siang
      Mohon Maaf kalu boleh tau umurnya berapa? sejak tanggal berapa belum mensnya? Sudah menikah apa belum? . Terimakasih

  58. gimana dengan menstruasi yang tidak lancar . darahnya kadang keluar kadang tidak , itu bagaimana ?

    1. Selamat sore bunda Felda.
      Mentruasi yang teratur adalah jika siklusnya terjadi 28 hari sekali selama 6-7 hari. Dan mentruasi yang tidak lancar disebabkan karena kurangnya hormon estrogen dan hormon progesteron atau bisa juga karena penyakit anemia. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Silahkan bunda membaca cara mengatasi menstruasi tidak lancar untuk lebih lengkapnya.

  59. saya telat datang bulan kurang lebih 4 hari,, yg terahir tgl 3 desember sampai 7 jan belum juga ada tanda2 menstruasi.. Dtunggu solusinya trims

    1. Selamat sore.
      Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, Anda dapat membaca penyebab siklus haid tidak teratur untuk lebih jelasnya. terima kasih.

  60. sya blm mens untk x ne,,,trakhir sya mens tggal 28,,,kra2 knp dgn sya,,,al@ slma ini mens sya tdk prnh tratur

Komentar