Cara Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar

cara memotivasi anak untuk belajarBelajar kadang dianggap oleh sebagian besar anak sebagai momok atau hantu yang menakutkan. Meskipun secara langsung tidak berwujud hantu, namun belajar sering terlihat sebagai beban bagi anak yang harus dihindari. Itu adalah salah satu hal yang membuat orangtua kesal saat menasihati anaknya untuk belajar. Selain itu, anak lebih suka nonton TV dan main games daripada harus mengerjakan pekerjaan rumah dari guru.

Melihat kejadian seperti itu, orang tua sebaiknya mempunyai cara yang jitu agar anak tetap mau belajar dengan rajin. Namun, jangan sampai Anda memarahinya, apalagi memukulnya jika anak tidak mau belajar. Hal itu akan membuatnya stres dan lebih buruknya lagi akan menjadikan anak tersebut keras kepala dan suka membantah orangtua. Hadapi segala sesuatu yang dilakukan anak dengan sabar dan bijaksana.

Untuk masalah itu, Anda harus punya cara memotivasi anak agar semangat belajar. Tentunya tidak dengan cara memaksa anak, namun lebih pada memberi arahan dan dukungan sehingga anak merasa lebih nyaman melakukan segala kegiatan dan aktifitasnya. Berikut adalah caranya.

Cara memotivasi anak untuk belajar

1. Memberikan dukungan

Dukungan orangtua sangat diperlukan anak. Contohnya, saat anak mendapat nilai jelek waktu ulangan,Anda tidak boleh langsung memarahinya. Sebaiknya tanyakan pada anak kenapa bisa dapat nilai jelek, kemudian beri jalan keluar.

2. Belajar Sambil bermain

Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk belajar. Namun untuk anak,Anda yang harus menerapkan cara belajar yang efektif untuk anak. Misalnya saja belajar bahasa inggris, Anda bisa mengajarkannya melalui film kartun atau lagu anak-anak yang menggunakan bahasa inggris.

3. Tetapkan jam belajar

Anda harus membuat aturan yang disepakati oleh anak. Misalnya, belajar 1 jam pada sore hari sebelum bermain dan malam hari sebelum tidur. Tetap beri kebebasan pada anak untuk bermain, nonton TV, makan dan istirahat. Dengan sendirinya anak akan terbiasa dengan apa yang harus dia lakukan pada jam-jam tersebut.

4. Menjadi contoh yang baik bagi anak

memotivasi anak untuk belajarAgar anak rajin belajar, Anda harus memberinya contoh yang baik bagi anak. Saat anak sedang belajar sebaiknya Anda tetap disampingnya sambil membaca buku atau majalah. Jangan sampai anak sedang belajar justru Anda asyik nonton TV.

5. Komunikasi yang baik

Jangan terlalu sibuk dengan kerjaan kantor. Usahakan sebisa mungkin Anda berbincang-bincang dengan anak sambil santai. Misalny, ngobrol tentang sekolah atau tentang teman. Agar anak bisa menceritakan masalah yang sedang dihadapi dan Anda bisa memberikan solusi terbaik.

6. Merayakan keberhasilan

Saat anak mendapatkan prestasi disekolahnya jangan sungkan untuk memujinya. Sekecil apapun keberhasilan yang diraihnya itu. Jika perlu Anda juga bisa mengajaknya makan bersama makanan kesukaannya untuk merayakan keberhasilannya. Dari situ anak bisa termotivasi untuk terus belajar lagi dan lagi.

Demikian tadi cara memotivasi anak agar semangat belajar. Memotivasi anak harus dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat den tentunya menyenangkan. Buat anak merasa bahwa Anda sebagai orangtua selalu peduli dan memberi dukungan padanya. Dengan begitu, diharapkan supaya kelak jika anak sudah dewasa akan membuat Anda bangga dengan segala prestasi dan keberhasilannya. Semoga berhasil.

Sumber gambar :
1. https://lh3.googleusercontent.com/-AS2oNy5AsXU/UgO2JWOOk0I/AAAAAAAAAFg/c4zeK9h1C04/school+year.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-fj5If2-uNo0/UZZCEVrgG2I/AAAAAAAAAds/7wTwsM_4VVQ/s1600/pbsa.jpg

Komentar