Cara Membantu Mengurangi Sakit Flu Pada Bayi

cara mengatasi pilek pada bayiSaat bayi Anda tumbuh, dia mungkin akan banyak menjelajah dan menyentuh atau menjilati segala sesuatu, sehingga mudah baginya terkena virus di tangannya. Bayi juga meletakkan jari di mulut atau hidung atau menggosok matanya, dan virus akan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam tubuh si kecil.

Selain virus, flu juga bisa disebabkan oleh alergi dan bakteri. Untuk flu yang disebabkan oleh bakteri, biasanya ditandai dengan flu yang tidak membaik selama lebih dari tujuh hari. Sedangkan flu yang disebabkan oleh virus, Anda bisa mencegahnya dengan cara memberikan ASI pada si kecil dan asupan makanan yang sehat dan bergizi, serta memberikan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga kekebalan tubuhnya. Karena salah satu penyebab bayi sering flu adalah bahwa sistem kekebalan tubuh bayi belum matang, sehingga membuat si kecil lebih rentan terhadap penyakit. Karena kebanyakan anak tidak dapat menghindari flu sampai umur 4 tahun, Anda sebagai orangtua harus bisa membantu anak mencegah dan mengobati dengan cepat. Berikut kami informasikan cara membantu mengurangi sakit flu pada bayi.

Gunakan penyedot lendir

Anda bisa menggunakan penyedot lendir (nasal aspirator) untuk bayi yang berbentuk seperti botol karet kecil dengan ujung plastik untuk penyedot. Ibu bisa membelinya di apotek atau supermarket, gunakan merek khusus untuk bayi. Dan yang perlu diingat setelah selesai digunakan, segera dibersihkan agar alat ini tetap bersih dan higienis.

Gunakan garam

Selain penyedot lendir, Anda juga bisa gunakan obat tetes NaCl atau larutan garam. Caranya, larutkan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) untuk melembabkan saluran pernapasan bayi. Teteskan sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Bila tidak ada larutan NaCl, Anda bisa ganti dengan seperempat sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam setengah gelas air hangat. Air garam (NaCl) bisa membantu mencairkan ingus dan melancarkan hidung yang tersumbat. Masukkan larutan tadi ke hidung bayi, cukup teteskan dua kali pada kedua lubang bayi. Cobalah cara ini sekitar 15 menit sebelum menyusui. Kemudian bayi Anda akan dapat bernapas dan mengisap pada waktu yang sama.

Melembabkan udara

Gunakan humidifier atau vaporizer dingin untuk melembabkan udara di kamar bayi Anda. Atau membawa bayi Anda ke kamar mandi dengan Anda, nyalakan air panas/hangat, menutup pintu, dan duduk di ruang beruap selama sekitar 15 menit. Mandi hangat juga dapat mempunyai manfaat yang sama.

Menggunakan ramuan tradisional

minyak telon al-ghurobaRamuan tradisional bisa dengan menggunakan parutan bawang merah dicampur minyak telon. Ramuan ini bisa dioleskan di telapak tangan, telapak kai, perut sekitar pusar dan punggung bayi. Manfaat ramuan ini bisa mengeluarkan panas dan menurunkan demam sehingga suhu tubuh bayi kembali normal. Anda bisa juga menggunakan minyak telon dari bahan alami seperti minyak telon al ghuroba.

Membuat aromaterapi sendiri

Untuk membuat aromaterapi sendiri caranya cukup mudah dengan menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam ember berisi air panas. Simpan ember di pojok kamar yang tertutup dimana si kecil berada. Uap yang dihasilkan dari air panas yang telah bercampur dengan minyak kayu putih tersebut akan membantu melegakan hidung bayi yang mampet.

Menjemur bayi

Jemur bayi di bawah sinar matahari pagi sekitar 5 sampai 10 menit. Dengan menjemur bayi akan menghangat tubuhnya dan menyembuhkan flunya.

Demikian cara untuk membantu mengurangi flu yang diderita bayi Anda, semoga memberi manfaat untuk Anda. Perlu juga Anda perhatikan ketika ada salah satu keluarga di rumah atau tetangga yang terkena flu, sebaiknya jauhkan si kecil dari mereka untuk mengurangi resiko penularan, karena flu memang mudah menular.

PENTING UNTUK ANDA 

Sumber gambar : http://www.adorababyshop.com/img/cms/Cara%20Tepat%20Menghadapi%20Pilek%20pada%20Bayi.jpg

Sale!
Minyak Telon Al-Ghuroba’ untuk Menjaga Buah Hati Anda

Minyak Telon Al-Ghuroba’ untuk Menjaga Buah Hati Anda

Minyak Telon Al-Ghuroba’ merupakan salah satu minyak telon yang tanpa menggunakan bahan kimia dan bahan ....
Rp 20.000 Rp 12.000 Beli
Madu  Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Syifa Kids Fluba adalah Formula nutrisi yang menggabungkan, Madu Murni, habbatussauda dan herbal alami, ....
Rated 5.00 out of 5
Rp 45.000 Beli

Komentar