Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

cara melancarkan asiAir susu Ibu atau yang biasa disebut juga dengan ASI adalah berkah yang tidak ternilai harganya yang diberikan Tuhan kepada seorang Ibu. ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan karena ASI mengandung komponen gizi yang terbaik bagi bayi. Namun, tidak semua Ibu dikarunia oleh Tuhan ASI yang melimpah, ada beberapa ibu menyusui yang mempunyai masalah dengan ASI yang tidak lancar sehingga memilih untuk tidak menyusui buah hatinya.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya produksi ASI. Selain itu, produksi ASI didalam tubuh juga tergantung pada dua hormon yaitu oksitosin dan prolaktin. Hormon prolaktin sangat berpengaruh terhadap produksi ASI, sedangkan untuk hormon oksitosin mempengaruhi lancar atau tidaknya proses pengeluaran ASI. Semakin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu menyusui maka semakin banyak pula hormon prolaktin yang memproduksi ASI. Oleh sebab itu banyak hal yang harus diperhatikan ibu menyusui agar produksi ASI banyak dan proses menyusui juga lancar. Berikut ini adalah beberapa cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Memenuhi kebutuhan nutrisi.

Sangat penting memenuhi nutrisi yang seimbang bagi ibu menyusui dengan tujuan untuk melancarkan ASI dan menghasilkan ASI yang berkualitas. Caranya dengan ibu banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

Meningkatkan frekuensi menyusui atau memompa.

Cara ini bertujuan untuk menciptakan produksi ASI yang melimpah. Penting untuk diketahui bahwasannya semakin jarang ibu menyusui bayinya maka produksi ASI juga akan berkurang. Jika ibu menyusui sibuk bekerja, untuk menghindari berkurangnya produksi ASI maka ibu dapat menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk memompa payudara agar ASI yang diproduksi tetap banyak.

Meminimalisir tingkat gangguan psikologis.

Gangguan psikis seperti stres adalah salah satu faktor yang mempengaruhi lancar atau tidaknya produksi ASI dan stres juga bisa mengakibatkan produksi ASI berkurang. Mengapa? Karena ibu berada dalam keadaan yang tidak rileks, senang dan tenang.

Merawat payudara.

Cara melancarkan ASI salah satu caranya adalh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Namun, merawat payudara juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Oleh sebab itu, ibu menyusui perlu melakukan perawatan payudara dengan cara membersihkan payudara secara rutin dengan air dingin dan air hangat secara bergantian, memijat-mijat payudara dan lain sebagainya. Sehingga setelah masa menyusui selesai, payudara ibu juga akan tetap indah dan kencang.

Itulah cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Semoga dapat bermanfaat dan buah hati ibu dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://img.eramuslim.com/media/thumb/500x0/2013/04/download46.jpeg
Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....
Rp 40.000 Beli
Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Familly merupakan madu alami yang terbuat dari dari bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 35.000 Beli

Komentar