Cara Cepat Mengatasi Gondongan

Cara mengatasi gondongan pada anakBeberapa hari yang lalu putri sulungku menderita gondongan, sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah. Virus ini mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar ludah yang terletak antara telinga dan rahang bawah. Kemungkinan tertular dari kawan-kawannya disekolah yang juga menderita gondongan.

Akhirnya saya mencoba mencari berbagai informasi mengenai gondongan, penyebab dan cara mengatasinya. Dengan informasi itu saya mencoba mengatasi dengan herbal-herbal yang tersedia dirumah. Ternyata Alhamdulillah dengan izin Allah terapi tersebut cukup Ampuh, hanya dalam 2 hari Nadzira sudah sangat membaik.

Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Tanda dan Gejala Penyakit Gondongan

1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.

Cara mengatasi gondongan

1. Istirahat yang cukup, kurangi aktivitas bermainnya. Untuk mengatasi kebosanan bisa dengan mengajaknya membaca buku-buku menarik yang bergambar atau bercerita (mendongeng).
2. Cukup asupan nutrisi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Untuk masalah ini bisa dengan memberi madu dan sari kurma.
3. Untuk melawan aktivitas virus saya mencoba memberinya propolis dan habbatussauda cair 3xsehari
4. Untuk menurunkan demam saya mencoba memberinya zaitun 1 sdm. Dan melumuri badannya dengan zaitun.
5. Untuk bagian yang bengkak  saya olesi dengan zaitun dan juga minyak habbatussauda cair.
6. Tidak lupa selalu berdoa setiap minum dan oles. Dan berdoa kapanpun untuk kesembuhannya.
7. Oh ya perbanyak minum air putih dingin atau hangat.

Alhamdulillah hari kedua demam sudah reda dan hari ketiga Nadzira sudah bisa kembali sekolah, meskipun pada hari kedua nadzira sudah meminta untuk pergi sekolah tapi saya pertimbangkan sebaiknya hari ketiga baru sekolah biar benar-benar pulih.

Pencegahan Penyakit Gondongan (Mumps/Parotitis)

Pemberian vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.
Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong.

Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek apanas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang saat ini sedang gondongan dan  semoga lekas sembuh.

BISA DICOBA :

Sirup Gurah
Obat Batuk Herbal Sirup Gurah Sangat Cocok Mengobati Influensa, Batuk, Demam
55.000
sumber gambar: http://s1.maminuklubs.lv/cache/da/f0/daf0638c796436420ecdd5e615dcd18e.jpg

37 Komentar

    1. Selamat pagi.
      Belawu adalah obat tradidional untuk mengatasi gondongan yang biasa disebut juga dengan kapur biru. Terima kasih.

    1. Selamat sore.
      Pencegahan agar gondongan tidak menular adalah dengan mengusahakan tidak berdekatan atau menghindar, menjaga stamina dan makanan yang bergizi, tempat tidur untuk sementara terpisah. Untuk lebih lengkapnya silahkan bunda membaca mencegah gondongan agar tidak menular. Terima kasih.

  1. saya sudah 3 hari terkena penyakit gondokan, semakan hari semakan besar,pasti saya akan mencobanya dan semoga berhasil, terimakasih infonya, semoga sukses selalu.

  2. Trimss banyak artikel nya sangat bmanfaat, semoga pondokibu slalu mdapat berkah Allah :). Amin.

  3. Saat ini saya terserang gondongan, sudah 4 hari, skrg sudah gak panas dan tdk bengkak di bwh telinga… Tapi di hari ke lima testis saya sakit dan bengkak… Buat jalan gak nyaman… Gmn cara mengatasi… Mohhon saran

  4. Usia sy 34th Seumur-umur sy ga pernah sakit yg beginian…
    Sy sudah skit slama 3 hari
    tpi knpa Demamnya koq tidak turun2
    padahal sy sudah minum Amoxilin & Asam Mefenamat..
    sy tunggu jwabannya Dok…
    trima kasih

    1. Terimakasih sudah mengunjungi www.pondokibu.com
      Bapak Dick untuk kondisi Bapak sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter, karena demam bisa saja mengindikasikan beberapa penyakit, tentunya setelah dilakukan pengecekan oleh tim medis.

      Semoga lekas sembuh Bapak Dick :)

  5. Ank sy br usia 3,7bln udh kena penyakit gondokan,apa kah kl penyakit gondokan itu berbahaya kl buat ank cwo yg beusia 3,7bln akan bs mandul kl udh dewasa,ank sy g bs diam d srh istrirahat d kmar.kl ank sy mau kencing apa buang air besar g bloh jln harus d gendong.cr minyak zaitun sm minyak habatusabah cair di mn,makasih

  6. Dok bgaimana cara mengecilkan badan trutama pada perut,ada gk obat yg sangat ampuh,mhon jawabanya thanks

  7. maaf bunda ganggu,
    sekarang saya terkena penyakit gondong, tapi usia sy skarang 23th..
    apa masih bisa di sembuhkan?
    biar cepat sembuh cara y gimna?
    trimaksh.

    1. Terimakasih telah mengunjungi www.pondokibu.com

      Mas Iyo penyakit gondongan bisa disembuhkan, masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 14-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari.
      Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak.
      Untuk lebih mendapatkan pemulihan yang cepat, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter, agar mendapatkan resep untuk pereda panas dan nyeri, misalnya Parasetamol dan sejenisnya.

      Semoga lekas sembuh, Mas Iyo :)

  8. Bun, saat ini saya sedang sakit gondongan.yg mau sya tanyakan,
    Kalo lg sakit gondongan qta boleh mandi atau tidak?klo boleh mandinya pakai air panas atau dingin??
    Makasih bun.

  9. Saat ini saya sedang mengalami penyakit tsb, sudah 3 hari ini saya tidak bisa tidur kerana merasakan nyeri yg teramat sangat. Bagaimana cara meredakan nyeri pada gondongan ???

  10. Setahu saya, gondongan itu sangat menular dan pemulihannya cukup lama. Karena walaupun secara fisik anak sudah tidak sakit lagi di hari ke-3,. tapi masih sangat berpotensi untuk menularkan ke teman2nya, krn virusnya masih ada. Anak saya seminggu tidak masuk sekolah demi agar tidak menularkan ke teman2nya, walaupun pada hari ke-3 dia sudah sehat.

    Menempelkan nasi itu hanya mitos, sama sekali tidak masuk logika nasi yg ditempelkan di pipi dan diberikan ke anjing kok bisa menyembuhkan gondongan ? Pakai Blau juga hanya mitos, tidak masuk logika juga..

  11. mama kata nenek moyang q dlo gondongan bisa di sembuhin oleh nasi hangat !
    dan kalo ada anjing beri ke anjing itu biar tidak lama .. benarkah itu mama ?

  12. terima kasih infonya tentang penyakit gondong,saya akan mencoba melakukan apa yang tertulis diartikel tersebut untuk anak saya yg sedang gondongan.

  13. Makasih ya mam infonya,anakku Rasyad (7thn) skrg menderita penyakit tsb,awalnya saya bingung anak saya knapa?berkat info dr mama, saya cukup mengerti n sudah melakukan langkah pengobatan spt yg mama lakukan n Alhamdulillah sudah lbh baik walau masih terlihat lesu,apalg anak saya sdg menjalani UAS n tetap hrs ikut kecuali sakit yg teramat parah. Info mama berarti sekali buat saya :)

  14. hmmm…hari ini ada 3 siswa di kelas yg tidak masuk karena gondongan…artinya dalam seminggu ini sudah 6 orang bergantian tidak masuk…terima kasih infonya, mudah2an anak2 cepat sembuh

  15. Ass.wr.wb.
    Alhamdulillah, nemu info ini seneng sekali. bermanfaat sekali buat sya yg lagi nyari obat herbal anak saya yg lagi gondongan.
    makasih Ibu, semoga Allah berkenan memberikan kesembuhan pada anak saya dg cara tersebut. Amin..
    Wass.wr.wb

  16. Pak, saat ini saya juga sedang menderita gondongan atau bahasa ditempat saya disebut Begah, sudah 3 hari saya mengalami pembengkakan pada pipi kiri dan kanan saya sampai ke bagian leher, saya hanya makan obat yang diberikan oleh dokter dan memakai obat tradisional seperti Belau dan Cuka yang disapukan kebagian yang bengkak, sebenarnya saya sih kurang percaya tapi walhasil ianya dapat mengurangi pembengkakan, maka saya ingin bertanya apakah benar ramuan belau (untuk cuci baju) dicampur cuka dapat mengempeskan bengkak gondongan

  17. Makasih mb..infonya sngat bermanfaat skali.kebetulan saat ini sy & anak sy lg ketiban penyakit ini..

  18. tgl 1maret 2012 sy merasakan skt seperti yg disebutkan ciri2nya di atas,alias gondongan.malah tgl 3maret sy masuk rmh skt krn kejang.3hr kemudian sy kluar dr rmh skt,(gondongan sy mengempes)tp sampai skr(12mei) ko sy msh suka merasakan lemas,kepala sakit,mual,kurang nafsu makan? walo g sehebat saat2 pertama terkena gejalanya,mohon infonya knp sampai skr sy msh seperti ini.trima kasih.

Komentar