mengatasi gondongan pada anakBeberapa hari yang lalu putri sulungku menderita gondongan, sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah. Virus ini mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar ludah yang terletak antara telinga dan rahang bawah. Kemungkinan tertular dari kawan-kawannya disekolah yang juga menderita gondongan.

Akhirnya saya mencoba mencari berbagai informasi mengenai gondongan, penyebab dan cara mengatasinya. Dengan informasi itu saya mencoba mengatasi dengan herbal-herbal yang tersedia dirumah. Ternyata Alhamdulillah dengan izin Allah terapi tersebut cukup Ampuh, hanya dalam 2 hari Nadzira sudah sangat membaik.

Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Tanda dan Gejala Penyakit Gondongan
1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.

Cara mengatasi gondongan

1. Istirahat yang cukup, kurangi aktivitas bermainnya. Untuk mengatasi kebosanan bisa dengan mengajaknya membaca buku-buku menarik yang bergambar atau bercerita (mendongeng).
2. Cukup asupan nutrisi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Untuk masalah ini bisa dengan memberi madu dan sari kurma.
3. Untuk melawan aktivitas virus saya mencoba memberinya propolis dan habbatussauda cair 3xsehari
4. Untuk menurunkan demam saya mencoba memberinya zaitun 1 sdm. Dan melumuri badannya dengan zaitun.
5. Untuk bagian yang bengkak  saya olesi dengan zaitun dan juga minyak habbatussauda cair.
6. Tidak lupa selalu berdoa setiap minum dan oles. Dan berdoa kapanpun untuk kesembuhannya.
7. Oh ya perbanyak minum air putih dingin atau hangat.

Alhamdulillah hari kedua demam sudah reda dan hari ketiga Nadzira sudah bisa kembali sekolah, meskipun pada hari kedua nadzira sudah meminta untuk pergi sekolah tapi saya pertimbangkan sebaiknya hari ketiga baru sekolah biar benar-benar pulih.

Pencegahan Penyakit Gondongan (Mumps/Parotitis)
Pemberian vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.
Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong.

Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek apanas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang saat ini sedang gondongan dan  semoga lekas sembuh.

sumber gambar: http://s1.maminuklubs.lv/cache/da/f0/daf0638c796436420ecdd5e615dcd18e.jpg