Cara Alami Untuk Perawatan Rambut Berminyak

perawatan rambutMempunyai jenis rambut berminyak memang cukuplah mengganggu, rambut akan tampak menjadi lebih lepek dan tidak jarang kulit kepala akan merasa gatal. Minyak berlebih pada rambut juga dapat membuat kotoran dan debu semakin mudah menempel pada rambut sehingga menyebabkan rambut terlihat kusam, berketombe dan rontok.

Secara umum rambut berminyak disebabkan oleh produksi minyak tubuh atau sebum yang berlebihan oleh kelenjar-kelenjar minyak yang ada di bawah kulit kepala. Sebum bukan termasuk ke dalam zat yang berbahaya karena sebum berfungsi untuk melembabkan rambut serta kulit kepala agar tidak kering. Namun, jika produksi sebum berlebihan, sebum akan menimbulkan satu masalah pada rambut yang biasa disebut dengan rambut berminyak.

Selain karena produksi sebum yang berlebih, rambut berminyak juga bisa disebabkan oleh perawatan rambut dengan penggunaan shampoo yang tidak cocok atau bisa juga karena faktor makanan. Berikut ini adalah cara alami untuk perawatan rambut berminyak yang perlu diperhatikan.

1. Keramas secara rutin minimal 2 hari sekali

Jika Anda adalah orang yang sering melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat maka keramaslah 1 kali dalam sehari. Perhatikan jenis shampoo yang Anda gunakan. Jangan memilih shampoo karena banya yang harum atau harganya yang murah. Jika perlu, Anda dapat mengkonsultasikan dengan pakar rambut untuk mengetahui produk shampoo apa yang tepat untuk Anda gunakan demi kesehatan rambut. Pilihlah shampoo yang menggunakan bahan alami.

2. Makan makanan yang bergizi

Kesehatan rambut juga bisa dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan jenis makanan dan pola makan Anda. Kurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung minyak dengan tujuan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut.

3. Menggunakan jeruk nipis setelah keramas

Jeruk nipis adalah bahan alami yang baik untuk perawatan rambut karena dapat mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala. Caranya, gunakan air perasan jeruk nipis setiap habis keramas sebagai pemberi nutrisi atau untuk pengganti kondisioner.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh menyehatkan kulit kepala dan menyehatkan rambut. Caranya, Anda dapat menggosokkan lidah buaya secara rutin pada rambut dan kulit kepala untuk hasil yang maksimal karena lidah buaya banyak mengandung vitamin didalamnya seperti vitamin A, B, C dan E.

5. Minyak jojoba

Rambut berminyak dan terlalu lepek dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Minyak jojoba dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut yaitu melindungi rambut dari masalah kerontokan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-nSaM7oUMfdg/Upx3k7fBojI/AAAAAAAAAJs/n0cZ3VTk43o/s1600/masker-lidah-buaya-penyegar-wajah-alami.jpg

Shampoo Bayam Bilton, Mengatasi Rambut Rontok

Shampoo Bayam Bilton, Mengatasi Rambut Rontok

Shampoo bayam bilton adalah shampoo penyubur rambut yang dapat mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta ....
Rp 85.000 Beli
Shampo Herbal Propolis MARVA, Memelihara Kesehatan dan Keindahan Rambut

Shampo Herbal Propolis MARVA, Memelihara Kesehatan dan Keindahan Rambut

Shampo Herbal Propolis Marva merupakan shampo alami yang mengandung protein laktosa tinggi dan berkhasiat memelihara ....
Rp 45.000 Beli

Komentar