sembelit pada bayiKonstipasi atau sembelit adalah masalah yang tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tetapi dapat juga terjadi pada bayi Anda. Konstipasi atau sembelit memang keadaan yang sangat tidak menyenangkan. Apalagi untuk bayi hal ini pasti akan membuat badannya tidak enak. Jika bayi terus-menerus menangis dan belakangan ini jarang buang air besar, mungkin bayi Anda mengalami sembelit.Anda dapat meringankan sembelit pada bayi dengan memberikan pengobatan alami yang aman untuk bayi.

Berikut kami informasikan cara alami mengatasi sembelit pada bayi.

1. Obat pencahar alami

Untuk mengobati masalah sembelit pada bayi Anda, Anda bisa membuat obat pencahar yang aman untuk bayi yaitu dengan menggunakan apel yang dicincang. Buah apel, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam dikenal dapat mengobati sembelit secara alami pada bayi. Senyawa yang terkandung dalam makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit.

2. Pengobatan melalui ASI

Bayi dapat merasakan makanan apa yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga ibu perlu meningkatkan asupan air minumnya hingga 6 atau 7 gelas air mineral setiap hari. Ibu juga perlu mengambil obat pencahar alami seperti jus  apel atau buah plum. Selain itu Anda perlu menambah asupan makanan berserat seperti sayuran seperti pepaya dan buah-buahan agar pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit.

3. Hindari makanan tertentu untuk bayi

Sistem pencernaan bayi belum dapat mengolah makanan dengn optimal, sehingga makanan padat tertentu dapat menyebabkan sembelit. Misalnya pisang yang masih cukup mentah, merupakan penyebab umum terjadinya sembelit, pilih pisang yang telah benar-benar matang dan lunak. Telur juga memiliki efek mengikat dalam usus besar dan harus dihindari sampai bayi setidaknya berusia dua belas bulan.

4. Memijat perut bayimadu syifa sembelit

Pijatlah perut bayi dengan lembut searah jarum jam, kemudian mandikan bayi dengan air hangat. Hal ini dapat membuat tubuh bayi menjadi relaks dan panas dapat memperlancar kembali pencernaan dan pembuangan tinja yang terhambat.

5. Cobalah untuk mengganti jenis susu formula

Bayi yang mengkonsumsi susu formula seringkali mengalami berbagai masalah seperti diare ataupun sembelit. Jika susu formula yang dikonsumsi oleh bayi memang menjadi penyebab terjadinya sembelit pada bayi maka kita bisa mencoba untuk memberikan susu formula lain yang mungkin akan bisa meringankan sistem kerja pencernaan bayi.

6. Olahraga kaki

Bantu bayi untuk melakukan olahraga ringan dengan membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus dan baik untuk mengurangi gas.

Selain menggunakan cara seperti diatas, Anda juga bisa memberikan obat herbal yang aman untuk bayi Anda seperti madu syifa kids sembelit untuk melancarkan BAB dan mengatasi masalah sembelit.

Sumber gambar:

1.http://adorababyshop.com/blogs/kesehatan-bayi-dan-anak/tips-praktis-mengatasi-sembelit-pada-bayi-bagian-ke-2
2.http://pondokibu.com/produk/herbal-anak/madu-syifa-kids-sembelit-untuk-melancarkan-bab-dan-atasi-masalah-sembelit