buku bayiMemperkenalkan buku pada anak bisa dimulai sedini mungkin bahkan saat anak masih bayi.  Namun orang tua perlu memperhatikan apakah pemberian buku tersebut aman bagi anaknya. Jika diberikan kepada anak yang masih terlalu kecil, maka anak bisa jadi melakukan hal-hal berbahaya seperti memakan kertas buku tersebut secara tidak sengaja.

Jenis buku yang diberikan untuk merangsang anak menjadi suka membaca adalah hal yang juga perlu untuk diperhatikan oleh orang tua. Memilih buku yang menarik bagi anak menjadi hal yang penting untuk dapat menarik anak mengetahui lebih lanjut mengenai isi buku yang diberikan tersebut.

Buku yang baik untuk bayi:

• Terbuat dari bahan lembut atau kain.

• Tidak memiliki bagian yang mudah terlepas.

• Untuk bayi baru lahir, pilihlah yang memiliki warna-warni kontras, serta menstimulasi beragam indera (visual, peraba dan auditori). Biasanya tiap halaman memiliki tekstur dan warna yang terbuat dari material berbeda.

• Untuk bayi yang berusia beberapa bulan, Anda juga bisa membelikan electronic book, yang apabila dipencet salah satu tombolnya akan mengeluarkan suara musik. Isi buku bahkan diungkapkan secara verbal. Juga ada board baby book, yang terbuat dari karton tebal.

Tipe buku bayi lainnya, merupakan gabungan dari dua jenis buku. Yaitu, board book yang juga memiliki tombol elektronik pada bagian tepi buku. Jadi bayi dapat membolak-balik halaman sambil memencet salah satu tombol . Jika anak anda senang maka perkembangan kecerdasannyapun berkembang.

Adapun pemilihan buku  yang baik  untuk anak balita antara lain :

1. Cover buku yang menarik

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mulai memilihkan buku bagi anaknya adalah memilih buku dengan cover yang menarik sehingga anak tertarik membuka buku tersebut. Cover dengan warna mencolok maupun gambar karakter yang disukai oleh anak bisa menjadi pilihan bagi para orang tua.

2. Buku yang tipis

Memulai dari buku yang tipis adalah hal tepat untuk menarik anak agar gemar membaca. Orang tua tidak perlu terlalu memaksakan anak dengan ensiklopedia yang tebal tetapi bisa memulainya dengan pemberian buku tipis yang hanya terdiri dari beberapa halaman saja.

Buku yang tidak terlalu tebal ini akan merangsang anak agar tidak malas membaca buku. Pada usia balita, anak cenderung suka membawa barang-barang yang baru didapatnya sehingga pemberian buku yang tebal akan menyulitkan anak melakukan hal tersebut.

3. Buku dengan banyak gambar

Memberikan buku dengan banyak tulisan akan membuat anak menjadi bosan dan dapat dipastikan dalam beberapa menit, anak akan langsung menutup buku tersebut. Buku dengan variasi gambar dan warna yang menarik akan membuat anak menjadi senang untuk kerap kali membuka buku tersebut.

Pada usia balita, anak lebih suka dengan buku yang memiliki banyak gambar dibandingkan dengan buku dengan dominasi gambar yang menarik.

4. Konten buku untuk balita

Selain hal-hal yang berkaitan dengan tampilan buku seperti diatas, isi dari buku untuk anak balita juga perlu diperhatikan. Memilih konten buku yang sesuai akan menentukkan karakter anak tersebut nantinya.

Pada usia balita, memilih buku yang merangsang anak untuk kreatif merupakan hal yang perlu dilakukan. Buku juga menjadi awal dari pembelajaran pendidikan formal anak. Orang tua bisa memilih buku yang mengenalkan huruf atau angka dengan tampilan yang menarik.

Memilih buku yang tepat bagi anak usia balita menjadi awal dari kegemaran anak dalam membaca buku. Langkah-langkah diatas bisa dipraktekkan oleh para orang tua agar bisa memilihkan buku yang tepat bagi anak balitanya.

http://mystore.hanarafi.com/wp-content/uploads/2008/08/1-2-3-4-5-detail-11.jpg