gymnSesibuk apapun kita, misalnya disela-sela aktifitas rumah tangga kita sempatkanlah untuk sejenak meluangkan waktu berolahraga. Stress karena banyaknya pekerjaan rumah yang menumpuk atau bahkan karena kerewelan si buah hati tercinta bisa membuat tubuh terasa penat. Tapi tak perlu menyita banyak waktu, karena kita bisa lakukanlah latihan ini dalam tiga puluh menit bahkan sepuluh menit sekalipun disela-sela si buah hati saat sedang tidur. Lakukanlah dan pastilah kita akan merasakan kebugaran yang tercipta hanya dalam beberapa menit.
Latihan 1
Latihan ini menggunakan metoda Circuit Training yang mampu membuat tampilan lebih menarik. Alat yang digunakan cukuplah sebuah matras. Lakukan stretching sebelum dan sesudah latihan dan ulangi 10-15 kali atau sesuai kemampuan kita.
Lamanya latihan : 10 menit

•    Push Up
Lutut bersimpu pada matras. Tangan dibuka selebar bahu. Turunkan tubuh sambil menarik napas. Tahan, dan dorong ke atas sambil membuang napas

•    Back Up
Posisi tubuh tengkurap di lantai. Tangan bertumpu didepan dagu. Bahu diangkat sambil posisi kaki tetap rapat. Turun naikkan bahu.

•    Squat
Posisi berdiri tegak. Kaki dibuka selebar bahu. Lutut ditekuk tidak lebih dari jari atau 90 derajad. Kembalikan posisi tubuh.

•    Sit Up
Rebahkan tubuh. Kedua lutut ditekuk 90 derajad. kedua tangan ditekuk diatas dada. Angkat bahu hingga 30 derajad. Turun naikkan bahu.

Latihan 2

Tujuan latihan ini selain membuat bugar namun juga meningkatkan kesegaran jasmani terutama jantung. Alat yang digunakan, treadmill (kalau ada) dan alat semacam stepper. Namun bisa juga dilakukan tanpa alat.
Lamanya latihan : 20 menit

•    Jalan Cepat
Posisi tangan disamping tubuh ke depan. Posisi telapak tangan seperti memegang gelas. Lakukan gerakan disekeliling rumah atau lingkungan kita.

•    Turun Naik Tangga
Kedua tangan menempel di tubuh. Kedua kaki naik turun secara bergantian ke stepper

•    Cross Trainer
Kaki kanan naik ke stepper, naikkan kaki kiri dengan posisi lutut setinggi perut. Lakukan secara bergantian.

•    Stepper
Kaki kanan berada di stepper, tangan diangkat setinggi kepala. Pindahkan tubuh ke arah kanan dengan posisi kaki kanan dilempar ke arah kanan bergantian dengan kaki kiri yang berada di stepper. Saat bergerak, tangan terbuka dan tertutup di depan wajah.

Latihan 3

latihan ini cukup efektif untuk meningkatkan daya tahan jantung, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas hingga mendapatkan komposisi tubuh yang seimbang. Kombinasi antara latihan cardio dan weight training. Alat yang digunakan seperti tongkat, bola yang empuk (mediball), stepper dan matras.
Lamanya latihan : 30 menit

•    Latihan Pull Down
Posisi tegak. Kedua tangan dibuka selebar bahu. tangan mengangkat tongkat. Punggung lurus lalu tarik tongkat ke arah perut sambil membuang napas. Sasarannya adalah menguatkan punggung.

•    Chest Smith Press
Push up menggunakan stepper. kaki rapat, tubuh lurus. Tangan menopang tubuh, gerakan naik turun. Sasarannya adalah bahu, lengan dada.

•    Mediball Squat
Posisi berdiri tegak dengan punggung menyender pada bola (mediball) yang ada pada dinding. Tangan disamping tubuh. Turunkan tubuh sambil lutut ditekuk 90 derajad sambil menarik napas dan tangan ke arah depan. Balik ke atas sambil membuang napas.

•    Crunch
Posisi tubuh rebahan di bawah. Kedua kaki diangkat menekuk 90 derajat. Kepala diangkat sedikit dan tangan ke arah lutut 30 derajad. Bahu diangkat 30 derajad sambil membuang napas. Bagian perut dikunci lalu turun pelan sambil membuang napas.

Sumber : chic