Bubur Salmon Bayam, Makanan Bergizi Untuk Bayi

bubur salmon bayam

bubur salmon bayam

Berdasarkan sebuah penelitian mengenai makanan bergizi untuk bayi, ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki gizi tinggi bagi bayi dan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bayi yang mendapatkan suplemen makanan bergizi dengan tingkat DHA dan ARA, termasuk Omega-3 serta Omega-6 dalam jumlah yang sesuai, telah terbukti lebih membantu bayi dalam berkonsentrasi bila dibandingkan dengan  balita yang tidak mendapatkan makanan bergizi tersebut.

Dengan terpenuhinya gizi bayi maka dapat membantu pertumbuhan bayi dengan baik, maka berikanlah bayi makanan bergizi seperti ikan salmon yang dapat membantu membangun kecerdasan otak. Selain itu, manfaat ikan salmon bagi bayi menurut para ahli adalah untuk menurunkan tingkat kemungkinan bayi terkena stres oksidatif. Berikut ini adalah salah satu menu sehat dari ikan salmon untuk bayi Anda. Bubur Salmon Bayam, Makanan Bergizi Untuk Bayi :

Bahan :

  • Beras merah atau beras putih
  • Air secukupnya
  • 30 Gram ikan salmon segar
  • 10 Lembar daun bayam segar
  • ½ Buah tomat merah
  • 1 Siung bawang putih
  • Bawang bombay secukupnya
  • 1 Ruas irisan jahe
  • 1 sendok makan minyak

Cara Membuat :

  1. Masak beras merah atau beras putih dengan air secukupnya hingga menjadi bubur.
  2. Rebus ikan salmon yang diberi irisan jahe dengan air secukupnya, kemudian cincang halus.
  3. Bersihkan buah tomat sampai bersih kemudian kupas dan buang kulitnya, lalu cincang.
  4. Daun bayam, bawang putih dan bawang Bombay yang sudah dicuci cincang halus.
  5. Panaskan minyak, kemudian tumis bawang purih dan bawang bombai yang telah dicincang halus sampai berbau harum dan berubah warna.
  6. Tambahkan buah tomat, daun bayam yang telah dicincang. Kemudian aduk-aduk hingga merata dan tambahkan 3 sendok makan air.
  7. Masukkan ikan salmon yang telah direbus dan dicincang halus.
  8. Campur dengan bubur yang telah matang.

Bubur salmon bayam, makanan bergizi untuk bayi siap untuk disajikan dan membantu mencerdaskan otak buah hati Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bunda.

sumber gambar : http://www.citizenjurnalism.com/uploads/2013/05/TIM-SARING-IKAN-300x225.jpg

4 Komentar

    1. Selamat pagi bunda. Untuk memenuhi gizi anak, memang paling tepat memberinya makanan bergizi yang dimasak sendiri di rumah. Salah satunya adalah bubur salmon bayam. Jika anak kurang suka dengan bayam, bunda bisa menggantinya dengan sayur-sayuran yang disukai anak seperti wortel, brokoli dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

  1. sis.. bubur salmon bayam untuk bayi usia berapa bulan ya? anak saya usia 5 bulan. bisa gag saya berikan makanan ni?

    1. Selamat sore bunda lina.
      Usia bayi untuk diberikan makanan pendamping ASI adalah 6 bulan. Jika usia bayi bunda masih 5 bulan sebaiknya masih diberikan ASI eksklusif.Dan untuk pemberian bubur salmon bayam sebaiknya setelah bayi berusia 9 bulan keatas. Terima kasih.

Komentar