Buah Alpukat, Nutrisi Yang Baik Untuk Anak

manfaat alpukat untuk anakSeorang anak masih sangat membutuhkan perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Pada masa anak-anak, mereka akan mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan dimana sel akan tumbuh dan berkembang sangat pesat sehingga banyak dibutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menunjangnya.

Untuk mendukung pertumbuhan anak, selain ASI dibutuhkan juga makanan dan buah-buahan bernutrisi tinggi seperti salah satunya buah alpukat. Buah alpukat sering disebut sebagai jenis buah yang baik dari alam.

Kandungan lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat sangat berguna bagi perkembangan syaraf pusat, otak dan fisik anak. Alpukat dapat dikenalkan pada anak mulai di usia 6 bulan karena di usia 6 bulan sampai 2 tahun, anak memerlukan banyak karbohidrat, lemak dan protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya.

Bagi para bunda, tak ada salahnya bila Anda memberikan buah alpukat sebagai buah pertama bagi bayi dibandingkan buah hati Anda harus berkenalan dengan sereal instan. Mengapa demikian? Karena buah alpukat, nutrisi yang baik untuk anak dimana nutrisi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, mineral dan zat-zat lainnya yang mampu memenuhi kebutuhan anak untuk mendukung pertumbuhannya.

Manfaat buah alpukat bagi anak

  • Alpukat baik bagi kesehatan anak

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah sehingga baik bagi jantung.

  • Alpukat membantu tumbuh kembang anak

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, lutein, magnesium dan zat besi. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan bagi anak. Terutama vitamin B komplek yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan jaringan dan kesehatan pada sel-sel tubuh.

  • Alpukat membantu perkembangan otak anak

alpukat untuk bayiOtak merupakan salah satu organ terpenting yang bekerja secara aktif. Bahkan disaat manusia tidur, otak masih melakukan aktifitas yang penting. Maka dari itu, diperlukan banyak nutrisi bagi otak dengan tujuan agar proses kerja otak menjadi lebih maksimal.

Jika Anda menginginkan anak selalu siap belajar, maka jangan ragu lagi untuk memberinya buah alpukat. Buah alpukat selain mengandung nutrisi yang telah disebutkan diatas tadi ternyata juga mengandung zat omega 3 yang dikenal sebagi zat yang sangat baik bagi otak. Maka biasakan anak mengkonsumsi buah alpukat. Agar tidak bosan, olah menjadi berbagai variasi makanan. Selamat mencoba.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-EfDV7UTGiL0/UcQAKW-sA4I/AAAAAAAADeM/JY_rtKQz3yY/s1600/pure-alpukat.jpg
2. http://diariazaria.files.wordpress.com/2011/08/alpukat.jpg

9 Komentar

    1. selamat pagi,
      banyak kondisi anak susah nafsu makan saat usia-usia pertumbuhan dari usia 6bln-6tahun, dari tumbuhnya gigi, proses berjalannya anak, tambah pinternya berbicara, tidak enak badan, sariawan, faktor pola menyajikan makanan, dan pola makan itu sendiri anak-anak mempunyai kondisi yang berbeda-beda setiap pertumbuhannya sehingga kita sebagai orangtua harus memahami betul kenapa anak tidak mau makan, biasanya orangtua baru akan khawatir hal ini, kami sarankan apabila kita sudah memahami penyebab-penyebab tidak mau nafsu makan misalkan makan nasi di muntahkan coba lah kita dalam penyajian atau memasak di variasi nasi bisa di olah jadi nasi dadar telur,dll sehingga nasi tidak terlihat dan ada rasanya anak pun tidak merasa bosan atau di muntahkan.begtu juga bila si anak susah makan karena sariawan bisa diobati sariawan dengan perbanyak makan sayur atau berikan jus buah yang bisa mengurangi sariawan.
      tetapi di pondokibu.com ada produk untuk penambah nafsu makan min usia konsumsi 6 bulan produknya madu syifa nafsu makan untuk info harga dan pemesanan bisa hub no cs kami di no telp/sms/wa 0813.2887.3888
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

    1. sama-sama semoga bermanfaat terimakasih sudah mengunjungi web kami

    1. Selamat pagi bunda. Anak yang sedang mengalami diare sebaiknya menghindari makanan berserat tinggi seperti buah alpukat. Sebaiknya anak mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur dam tim. Berikan sedikit-sedikit tetapi sering. Terima kasih.

  1. komsumsi makanan bernutrizi sebaiknya pada waktu atau jam berapa? makasih atas ilmunya..

  2. komsumsi makanan bernutrizi sebaiknya pada waktu atau jam berapa? makasih atas ilmunya..semoga Allah S.W.A memurahkan rezkynya.. amin..

Komentar