Buah Alpukat Bagus Dikonsumsi Saat Hamil

alpukatAnda tentu sudah tidak asing lagi dnegan buah alpukat. Buah alpukat selain enak dibuat jus, ternyata juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Banyak dokter kandungan yang menyarankan buah ini sebagai camilan bagi ibu hamil. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil diketahui cukup banyak dan telah teruji secara ilmiah. Buah alpukat bagus dikonsumsi saat hamil karena alpukat mengandung beberapa nutrisi penting seperti:

Asam folat

Kandungan asam folat pada buah alpukat terbilang tinggi. Mengkonsumsi 1 buah alpukat berukuran sedang memberikan 114 mg / 30 % dari kebutuhan harian tubuh akan asam folat. Asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat serta membantu perkembangan otak dan tulang belakang pada janin.

Kurangnya asam folat ini akan mempengaruhi pembentukan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan saraf sehingga mengakibatkan bayi lahir cacat. Jika pasokan asam folat tidak mencukupi kebutuhan janin, maka janin akan mengambil nutrisi dari cadangan sang ibu, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan sang ibu. Selain susah tidur, ibu juga akan mudah terkena anemia, keletihan, cepat lupa, mudah depresi bahkan berubahnya warna rambut. Selain itu ibu juga terancam bisa terkena kanker payudara, kanker usus besar serta kanker pankreas.

Vitamin B kompleks (B6)

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks (B6) dalam buah alpukat sangat baik untuk mengatur sistem saraf pada ibu hamil. Kecukupan akan vitamin ini dapat mencegah rasa mual-mual yang berlebihan saat kehamilan trimester pertama.

Kalium

Buah alpukat juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Setengah buah alpukat ukuran sedang menyumbang sekitar 540 mg kalium bagi tubuh atau 15 % lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Fungsi kalium adalah untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan debaran jantung yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Selain itu, kalium juga membantu pembentukan sistem saraf pada janin dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Lemak tak jenuh atau omega-9

Untuk ibu hamil yang membutuhkan banyak lemak sebagai penambah energi mungkin bisa mengkonsumsi buah alpukat ini. Alpukat termasuk buah dengan kandungan lemak yang tinggi yaitu 20 sampai 30 kali lipat dari buah-buahan lainnya. Namun lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau biasa disebut dengan omega-9. Omega-9 dapat membantu menurunkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) secara aktif dan menaikkan kolesterol baik.

Seratjus alpukat

Bersamaan dengan kandungan seratnya yang tinggi, kolesterol jahat akan diserap dan dibuang bersama kotoran. Untuk diketahui, 1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 10 gr serat / 40 % dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Jadi konsumsi buah alpukat juga dapat mengatasi masalah BAB yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Vitamin A, vitamin E, dan klorofil

Kombinasi dari ketiga senyawa ini sangat baik untuk menjaga kekenyalan kulit dan bisa mengurangi munculnya strechmark. Kandungan zat besi dan tembaga pada buah alpukat juga akan membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Kombinasi magnesium dan kalsium pada buah alpukat akan membuat tulang ibu hamil tetap kuat dan kondisi tetap fit sepanjang hari.

Demikian beberapa manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat. Jangan lupa untuk selalu sedia buah alpukat di rumah Anda sebagai camilan sehat saat hamil. Buah alpukat bisa Anda konsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat menjadi minuman enak yang menyehatkan. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://www.womenshealthmag.com/files/wh6_uploads/images/types-of-fat-2.jpg
2. http://edelyourstyle.com/uploads/2012/12/avocadojuice.jpg

Komentar