pemakaian stagen atau gurita pasca melahirkanSetelah melahirkan, anda pasti ingin tubuh anda kembali langsing seperti sebelum hamil. Banyak cara dilakukan, seperti diantaranya memakai stagen dan gurita.
Sejak dulu, bahkan sampai sekarang banyak wanita hamil yang memakai stagen setelah melahirkan. Tujuannya satu, yaitu agar perut kembali kencang dan langsing dan tentunya juga ingin terbebas dari segala masalah yang ada di perut seperti scretch mark yang menyebalkan. Namun, apakah hal tersebut dibenarkan?.
Pada dasarnya, dunia kedokteran tidak menganjurkan setiap pasien bersalin untuk memakai stagen. Pemakaian stagen setelah melahirkan tidak memberikan efek positif  dalam mengecilkan atau mengencangkan perut karena sifatnya yang pasif bahkan pada keadaan tertentu malah merugikan karena mengganggu peredaran darah. Pada saat memakai stagen, perut anda memang terasa kencang, namun setelah stagen dilepas, perut akan kembali kendurr seperti semula.


Ada lagi yang disebut gurita. Pemakaian gurita lebih dibolehkan daripada stagen, karena gurita tidak membalut perut ibu terlalu kencang seperti stagen. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk memakai gurita daripada stagen. Anda yang melahirkan melalui proses operasi, dan jahitan operasi berada di tengah perut, dibolehkan memakai gurita daripada stagen.

Namun hati-hati, pakailah gurita paling tidak satu minggu setelah persalinan. Ini untuk memberi waktu agar jahitan bekas operasi sudah lebih mengering. Jahitan yang masih baru atau basah jika langsung dipakaikan gurita, apalagi stagen, malah akan bertambah parah. Jahitan bisa terbuka kembali, atau bahkan bernanah.

Penggunan gurita setelah melahirkan merupakan suatu pilihan yang tidak harus dilakukan, karena tubuh mempunyai mekanisme sendiri dalam proses kembalinya bentuk dan fungsi alat kandungan stelah melahirkan tapa adanya gurita. Saat hamil, otot-otot tubuh anda menjadi kendur, khususnya otot dinding perut dan dasar panggul. Untuk mengatasinya, jalan paling baik dan sehat adalah dengan senam atau berolahraga.

Untuk mengencangkan kembali otot dinding perut, anda dapat melakukan latihan seperti sit up dan jogging, tapi jangan mengangkat beban yang berat. Untuk otot dasar panggul, anda bisa mengencangkannya dengan latihan senam kegel. Senam kegel adalah senam untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan saluran kemih, yang juga berguna untuk mencegah anda mengompol saat proses persalinan.

Namun ada juga yang disebut dengan senam nifas, yang dilakukan pada saat nifas atau setelah melahirkan, dengan menekankan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini jauh lebih bermanfaat dalam mengembalikan kekecangan perut anda setelah bersalin, dengan cara yang sehat pula dan tentu saja tidak menyiksa.

(Dari beberapa sumber)

< ?php on_wpec_related() ?>