Mompreneur, Tips & Trik Bisnis

Bisnis Rendang Kering, Untungnya Nendang

Rendang Kering, Untungnya NendangSelain Warung Tegal ( Warteg ), rumah makan yang sering Anda temui di banyak tempat di Indonesia adalah rumah makan padang. Membicarakan tentang masakan padang, menu andalan yang paling banyak dikenal sudah pasti adalah rendang. Daging sapi yang diolah dengan campuran santan dan bercita rasa pedas ini memiliki banyak penggemar. Bukan hanya dari daerah asalnya, rendang juga diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Biasanya rendang akan lebih nikmat jika dicicipi langsung saat anda memesan. Karena kuliner gurih ini tidak bisa tahan lama disimpan. Tapi sekarang ini rendang bisa diolah menjadi rendang kering dan dimasukkan dalam kemasan yang diklaim mampu bertahan lama. Daya tahan rendang kering dalam kemasan bisa mencapai lebih dari seminggu dalam suhu ruangan. Sementara jika disimpan di lemari es bisa tahan hingga lebih dari satu bulan. Atau dimasukkan dalam freezer, yang akan membuat rendang kering ini bertahan hingga 6 bulan.

Proses Pengolahan

Cara membuat rendang kering yang tahan lama pertama-tama adalah kita pilih daging untuk membuat rendang yaitu daging yang padat tanpa lemak dan tidak berair. Untuk mengolah 1 kilogram daging menjadi rendang kering memerlukan kelapa minimal 6 buah kelapa. Jangan lupa untuk menjaga kualitas rendang, Anda harus menggunakan santan kelapa asli.

Ketika semua rempah sudah dihaluskan dalam adonan, kemudian masukkan dalam santan yang telah mendidih. Sambil mengaduk santan dan bumbu, selanjutnya masukkan daging yang sudah dipotong-potong.aneka kemasan rendang kering Aduk daging dan santan secara terus menerus sampai santan mengering dan berubah warna menjadi coklat.

Untuk mendapatkan hasil rendang yang sempurna, Anda bisa mempertahankan cara memasak tradisional yaitu dengan tungku kayu sehingga dapat menghasilkan aroma rendang yang sedap. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rendang biasanya bisa sampai 6 jam lebih. Itulah tips dan trik pembuatan rendang kering yang tahan lama

Dan jangan sampai lupa, untuk membuat rendang bisa bertahan lama, selain proses memasaknya yang terpenting adalah kemasan hampa udara. Karena ketahanan rendang inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. Kemasan yang praktis dan cantik pasti akan semakin menarik perhatian konsumen.

Anda tertarik dengan bisnis ini, jangan ragu lagi. Yakinlah bahwa dengan niat yang kuat disertai dengan usaha dan do’a hasilnya akan seperti yang anda impikan. Jangan khawatir, Bisnis rendang kering, untungnya nendang…! 

sumber gambar: 
1. http://rendangindonesia.files.wordpress.com/2012/07/yorandangsuir.jpg
2. http://naningisme.files.wordpress.com/2012/04/rendang-uni-farah.jpg