Mompreneur, Profil Mompreneur

Bisnis Puding Cake, Hobi Tersalur Rezeki Mengucur

puding cake

puding cake

Hobi memasak yang dimiliki oleh Anita sejak masih gadis mendorongnya untuk berinovasi dan menciptakan suatu masakan yang belum pernah dibuat oleh orang. Sebagai salah satu orang yang gemar pudding, Anita merasa jenuh dengan rasa dan tekstur pudding yang begitu-begitu saja. Kemudian ia mencoba untuk menciptakan puding cake, sebagai alternatif yang berbeda dengan puding yang sudah ada pada umumnya. Awalnya Anita membuat pudding cake hanya untuk dikonsumsi sendiri tapi kini menjadi peluang usaha yang sangat baik.

Lantaran Anita merasa lelah membagi waktu antara pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah tangga, akhirnya Anita yang bekerja sebagai training manager di Jakarta ini memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi seorang mompreneur. Dan sejak itulah Anita mulai menekuni bisnis puding cake dirumahnya yang beralamatkan di Bogor.

Pada tahun 2008, Anita mulai bereksperimen. Ia mengalami beberapa kali kegagalan hingga akhirnya terciptalah resep perdananya yaitu Brownies Puding. Brownies puding buatannya 100% dibuat dengan bahan dasar pudding tanpa bahan tambahan brownies, hal itulah letak keunikan dari puding brownies buatannya yang dijadikan sebagai daya tarik untuk pelanggan. Tampilan dan rasanya tetap brownies tapi saat dipotong, barulah ketahuan jika itu adalah puding.

Pada bulan desember tahun 2009, outlet pertamanya dibuka di Saung Kuring, Jalan Baru, Bogor. Outlet pertamanya diberi nama Rumah Puding Cake (RPC) karena produk yang dibuat berupa pudding cake dan merupakan usaha rumahan. Seiring dengan berjalannya waktu, pesanan pudding cake pun semakin banyak. Dalam waktu 1 minggu RPC mampu menerima 10-20 pesanan, padahal Anita hanya memasarkan puding cake nya dengan via online. Dengan berdirinya RPC maka semakin mendorong Anita untuk membuat kreasi puding yang baru, hingga akhirnya dapat tercipta produk yang bervariasi seperti Zebra Cake Puding, Lapis Surabaya Puding, Black Forest Puding dan Tiramisu Puding.

Kelazatan puding cake RPC sangat sesuai dengan bentuknya yang unik dan cantik. Bahkan semakin berjalannya waktu semakin bertambah juga varian rasa seperti Cream Strawberry Charlotte, Fruits Mocca Charlotte, Cup Puding, Kid Puding, Truly Puding, Puding Siram Cokelat dan masih banyak lagi varian rasa. Harga puding cake RPC bervariasi mulai dari Rp 6.000 – Rp 90.000. Namun, khusus untuk pesanan seperti kue ulang tahun harganya bisa sampai Rp 175 ribu bahkan lebih.

Sebagai pelengkap puding buatannya, Anita juga menyediakan fla. Bahan yang digunakan pun cukup berkualitas, hal itu bertujuan agar rasanya tetap enak dan menghindari rasa eneg. Anita juga memilih susu murni tanpa SKM atau susu UHT agar pudding cake buatannya tidak cepat berair. Jika dihitung-hitung, dalam waktu sebulan kini omsetnya mampu mencapai Rp 69 juta. Dari penghasilan itu dipotong untuk beli bahan baku, biaya sewa outlet sebanyak 3 tempat, alat produksi, serta gaji 10 orang karyawan yang rata-rata Rp 800 ribu tiap bulannya.

Untuk mengenalkan bisnis pudding cake nya pada masyarakat, Anita tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan berpromosi secara online, dengan menyebarkan brosur ataupun dengan mengikuti bazaar diacara-acara tertentu. Anita semakin yakin dengan usaha yang ditekuninya. Bisnis puding cake, hobi tersalur rezeki mengucur itulah yang dirasakan Anita selama ini. Semoga profil mompreneur ini dapat menjadi inspirasi peluang usaha bagi pembacanya.

sumber gambar : http://www.rahasiakuliner.com/uploads/2013/04/Puding-Coklat-Biskuit.jpg